Daftar Lupa kata kunci?
Tuesday, September 16, 2014 19:26

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Mengapa Stainless Steel Tidak Berkarat ?

Ditulis oleh Redaksi chem-is-try.org pada 13-04-2005

Stainless steel dapat bertahan dari serangan karat berkat interaksi bahan-bahan campurannya dengan alam. Stainless steel terdiri dari besi, krom, mangan, silikon, karbon dan seringkali nikel and molibdenum dalam jumlah yang cukup banyak.

Elemen-elemen ini bereaksi dengan oksigen yang ada di air dan udara membentuk sebuah lapisan yang sangat tipis dan stabil yang mengandung produk dari proses karat/korosi yaitu metal oksida dan hidroksida. Krom, bereaksi dengan oksigen, memegang peranan penting dalam pembentukan lapisan korosi ini. Pada kenyataannya, semua stainless steel mengandung paling sedikit 10% krom.

Keberadaan lapisan korosi yang tipis ini mencegah proses korosi berikutnya dengan berlaku sebagai tembok yang menghalangi oksigen dan air bersentuhan dengan permukaan logam. Hanya beberapa lapisan atom saja cukup untuk mengurangi kecepatan proses karat selambat mungkin karena lapisan korosi tersebut terbentuk dengan sangat rapat. Lapisan korosi ini lebih tipis dari panjang gelombang cahaya sehingga tidak mungkin untuk melihatnya tanpa bantuan instrumen moderen.

Besi biasa, berbeda dengan stainless steel, permukaannya tidak dilindungi apapun sehingga mudah bereaksi dengan oksigen dan membentuk lapisan Fe2O3 atau hidroksida yang terus menerus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Lapisan korosi ini makin lama makin menebal dan kita kenal sebagai ‘karat’.

Stainless steel, dapat bertahan ‘stainless’ atau ‘tidak bernoda’ justru karena dilindungi oleh lapisan karat dalam skala atomik. (SI)

Diterjemahkan dan disadur bebas dari: Scientific American’s ASK THE EXPERT

Kata Pencarian Artikel ini:

stainless steel, bahan stainless steel, Stainless, pengertian stainless steel, stainles, stainless steel adalah, bahan pembuat stainless steel, campuran stainless steel, besi stainless, campuran logam stainless steel
Artikel ini termasuk kategori: Tanya Pakar dan memiliki 18 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

18 Komentar untuk “Mengapa Stainless Steel Tidak Berkarat ?”

  • RURI FIRMAN WASISTO says:

    apakah stainless steel termasuk logam magnetik?

    • Soetrisno says:

      Stainless steels merupakan campuran dari berbagai jenis logam. Nama Stainless steels didefinisikan secara teknikal sebagai logam alloy dengan minimal 10.5% chromium. Secara umum, sebagain banyak komposisi logam chromium, semakin kuat besi itu tahan terhadap korosi. Berkaitan apakah Stainless stell itu magnetik, jawabannya bergantung terhadap kompisisi logam tersebut. Stainless steel dasar memiliki struktur ‘ferritic’ dan bersifat magnetik. Namun ketika ditambahakan Nikel (untuk penguat struktur) akan mengubah sifat struktur besi dan menjadi tidak magnetik. Stainless stell yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari memiliki kompisis nikel dalam cukup besar sehingga bersifat tidak magnetik

  • RYAN says:

    mengapa stainless dapat berkarat?

  • Herman S says:

    apa kepanjangan dr SUS dan bisa dpt info lebih mengenai SUS,contoh ada yg SUS 303 ada lg SUS 304, nah klasifikasi spt ini yg sy butuhkan.
    terima kasih

  • Octophus says:

    Ya nih, Ak masih bingung sus itu apa..
    Thanks 4 d answer…

  • andy says:

    Bisa gak bang buat larutan biar besi juga bisa mengkilap kayak stainles???
    bantuin dogk???
    makasiii….

  • supardan says:

    Di perusahaan kami ada satu produck komponen terbuat dari stainless steel yaitu Roof Curb, terbuat dari stainless plate 4mm. ada proses pengelasan disitu. pertanyaan saya, terdapat bercak coklat disisi pengelasan sebaliknya akibat masukan panas, apakah warna coklat tersebut bisa kembali seperti sebelumnya , bagaimana caranya.
    Kedua : apabila ada arat yang menempel di stainless karena serbuk besi akibat penggerindaan besi bukan stainless bagaimana cara membersihkanya?
    Ketiga : spesifikasi batu gerinda dan stainless brush apa?
    Terimakasih atas perhatianya.

    • sultansuhendra says:

      saya mohon bantuannya gmn caranya menyatukan stainlees yg benda kerjanya tipis.dan apa saja nama larutan untuk meng crom besi biasa saya mohon sekali atas jawabanya.sebelumnya saya ucapkan makasih

  • ridho says:

    apa pengertian stainles steel dan apakah stainles steel itu sama dengan besi putih ?

  • yulianto k.w says:

    mau tanya bahan apa saja yang di butuhkan untuk membuat krom terima kasih pak semoga ilmu yang diberikan pada saya bermanfaat.

  • nurhadianto says:

    mau tanya gan cairan kimia utk pengetesan stanlis . terima kasih

  • wandy says:

    saya beli sus304, saya test dengan cairan, warna mendekati 301 dan 304, tetapi kenapa yg di beri cairan tersebut sekarang kok karatan???? tolong info ke email saya, terima kasih

  • wandy says:

    cairan test sus ada di toko surya logam, lt. semi besement c no 6-7 telpnya 6288879

  • sandik apriyanto says:

    selamat pagi,,,,, ada yang mau saya tanyakan tentang stainless steel, apakah stainless bisa di painting ?? dan pernah saya temukan stainless steel berkarat,,disebabkan oleh apa???? trims

  • jika bahan steinless dijadikan perhiasan yang dipakai di badan (sebagai kalung, gelang tangan, gelang kaki, anting dll), apakah tidak berpengaruh buruk bagi anggota tubuh ?

  • riansa says:

    Pak saya mau tanya.
    saat ini saya ingin membuat cooling table pada permen.kemudian saya tidak tahu jenis stainless steel yang seharusnya di gunakan dan jenis bahan untuk rool penipis adonan agar bentuknya seperti lembaran.karakteristiknya produk adalah suhu 18 derajat celcius.

    Regards

    Riansa Panji P

  • Menjawab pertanyaan diatas mengenai SUS, SUS merupakan kode stainless steel untuk standard jepang JIS (Japanese Industrial Standard), kadang pemain stainless juga bilang AISI atau SS. 

    Jika Anda ingin melihat produk-produk dari bahan stainless steel terlengkap bisa berkunjung di lapak kami. Trims

  • maria yustina says:

    sifat kimia n fisika stainless steel tolng d cantumkan pak.
    tx

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>