Daftar Lupa kata kunci?
Thursday, April 17, 2014 11:35

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Mengapa Protein begitu penting bagi hidup kita ?

Ditulis oleh Redaksi chem-is-try.org pada 28-04-2009

proteinKecukupan akan protein yang dianjurkan untuk seseorang, umumnya berbeda-beda. Ini tergantung pada berat badan, umur, dan jenis kelamin serta banyaknya jaringan tubuh yang masih aktif, seperti otot-otot dan kelenjar. Makin besar dan berat orang itu, semakin banyaklah jaringan aktifnya, sehingga makin banyak pula protein yang diperlukan untuk mempertahankan atau memelihara jaringan-jaringan tersebut.

Tahukah Anda? Bahwa sebenarnya protein merupakan komponen terbesar dari tubuh manusia setelah air. Jumlahnya 1/6 dari berat tubuh manusia (1/3 dari jumlah tersebut terdapat di dalam otot, 1/5 terdapat pada tulang, 1/10 terdapat pada kulit, lalu sisanya terdapat pada berbagai cairan tubuh).

Kebutuhan protein bisa diperoleh dari 2 sumber bahan pangan yaitu protein hewani dan protein nabati. Sumber terbaik protein hewani adalah daging dari mamalia, unggas, dan ikan laut. Sedangkan sumber terbaik dari protein nabati adalah dari kacang-kacangan. Bahkan dengan kemajuan teknologi, kini banyak dikembangkan sumber protein baru yang dikenal dengan protein non-konvensional seperti protein daun, protein konsentrat dan protein sel tunggal.

Protein tersusun dari sejumlah asam amino. Asam amino yang membentuk protein pada dasarnya dapat digolongkan menjadi 2 golongan yaitu asam amino esensial (diperlukan oleh tubuh tetapi tidak dapat dibentuk oleh tubuh) dan asam amino nonesensial (diperlukan oleh tubuh dan dapat terbentuk tubuh bila bahannya tersedia).

Secara garis besar protein diperlukan oleh tubuh sebagai zat pembangun, zat pengatur dan sebagai bahan bakar. Zat pembangun, protein merupakan bahan untuk membentuk jaringan baru didalam tubuh. Zat pengatur, protein ikut berperan serta dalam mengatur berbagai proses di dalam tubuh baik secara langsung maupun tidak langsung. Bahan bakar, protein akan dibakar manakala keperluan tubuh akan energi tidak terpenuhi oleh hidrat arang dan lemak.

Sumber : Clickwok

Kata Pencarian Artikel ini:

guna protein, apa guna protein, protein zat pengatur, mengapa protein, mengapa protein sangat di perlukan bagi pertumbuhan anak-anak, Guwna protein bagi tubuh, protein merupakan zat yang sangat di perlukan oleh tubuh karena, protein sangat di perlukan oleh tubuh untuk, protein sangat diperlukan tubuh karena?, Mengapa protein sangat diperlukan bagi pertumbuhan anak-anak?
Artikel ini termasuk kategori: Tanya Pakar dan memiliki 19 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

19 Komentar untuk “Mengapa Protein begitu penting bagi hidup kita ?”

  • ierone says:

    owh, *manggut-manggut* terus gimana dengan virus yang bisa ngerusak dan mematikan?

  • komang selamat ardinata says:

    kalau kelebihan protein dalam tubuh, apa yang akan terjadi pada tubuh manusia…….tubuh dengan berat badan 50kg keatas berapa protein yang diperlukan….

  • adinxtm says:

    kan jenis protein banyak banget tuh dengan rumus2nya yang rumit2, kalau yang paling berguna yang jenis apa ya?

  • Iwan says:

    Minta ijin copas buat tugas praktek

    Trimakasih,
    iwan k ( Lembarkreatif dot blogspot.com )

  • teddy says:

    emm,, mau nanya!! apa sih yang terjadi jika protein di uji dengan bioret NaOH??

  • Yanti says:

    kalau ada tips untuk menghilangkan lemak diperut kirim ke email aku yach…!!! thank’s

  • Galih says:

    enzim kan dibuat dri protein..truz.. gimana klo smpe kita kkurangan protein??
    yg pzti nggak bgus kan.. klebihan jga nggak bgus kan..
    jadi gmana donk, biar protein dlam tubuh ne nggak kurang n nggak lebih??

  • juliana says:

    1.setiap hari atur pola makan sehat n makan boleh 5 kali dlm 1 hr tp dengan porsi cukup. Contoh: 3 kali mkn nasi dan lauk lalu yg 2 kalinya di selingin dg su2 dan buah. 2.pakai body definer firming gel dan olah raga secara rutin dan berkala. Bisa senam lalu fitnes dan diselingi renang. Setiap mau olah raga minum gla 500.

  • famela says:

    He’em, emang kbutuhan protein tiap2 orang tu berbeda-beda. tapi, jika qt kelebihan ato kekurangan protein apakah tidak baik bagi tubuh qt? truz gmn caranya agar te2p seimbang?

  • saadboy says:

    apa penyebab badan kurus za,
    n gmana agar bisa lebih gemuk?

    • mocil says:

      intinya badan bisa kurus, bisa gemuk menurut saya adalah karena metabolisme dalam tubuh kurang berjalan dgn baik, kalo kegemukan byk kalori yg dimakan tidak terbakar dgn sempurna akhirnya tersimpan, kalo kekurusan justru kurang makanan berkalori tinggi, sehingga pas terbakar lgs habis blm sempat membentuk otot

  • mocil says:

    Saya coba Jawab pertanyaan diatas :P rotein yg berlebihan didalam tubuh harus diuraikan dan disingkirkan melaui urine dan menimbulkan beban yang sangat berat bagi hati dan ginjal. Akibat dari kelebihan protein antara lain :
    -Protein Menyebabkan Reaksi Alergi.
    -Protein yang berlebihan Menyebabkan Defisiensi Kalsium dan Osteporosis.

    nah lo…. susah jg ya, makanya segala sesuatu itu kalo kurang akan jd jelek, kalo lebih juga akan jelek

  • momon says:

    pdahal udah olah raga beban scr teratur tpi kok ototnya gak besar-besar ya?

  • wisnucipto says:

    asam anmino yg ada dlm tb, tp apakah bisa di proses melalui produsi manual selain di produksi oleh tubuh itu sendiri.maksud saya nutrisi yg di konsumsi, dalam bentuk kapsul/tablet. tapi dari tulisan anda saya jadi paham akan manfaat asam amino. trimakasih.

  • lita says:

    mau tanya sedikit ttg manfaat protein bagi pertumbuhan anak, anak sy pertumbuhannya kurang jika dibanding dgn anak seusia dia? apa karena kekurangan protein? btw anak sy memang sulit makan sebelum kena sydrom nefrotik sehari hanya makan 2-3 suap saja + minum susu +/- 2 gelas sehari. skrg umur 6th, sdh mulai bisa makan setelah konsumsi obat prednison krn sakit NS itu. Protein jenis apa dari makanan apa yg paling penting? protein albumin itu apa bermanfaat juga buat pertumbuhan anak? minta dibalas ya. thanks berat

  • Fitria says:

    Protein tu brmAnfaat…
    PA biza mnjAdi mAlapetaka???

    KRna pa???

  • Maman al faris says:

    Bagaimana dgn kita yg Vegetarian.?Apakah cukup mmbutuhkn protein dr kacang2an z.,!?`mohon solusinya yach.?

  • ani says:

    terimakasih..atas info yang di berikan ..saya jadi lebih paham tentang protein

  • bermanfaat banget nih infonya…soalnya ane lagi nyari2 info tentang gizi..dan mknan yang sehat soalnya mau naikin berat badan nih!

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>