Daftar Lupa kata kunci?
Friday, April 18, 2014 5:00

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Mengapa langit berwarna biru?

Ditulis oleh Zaenal Awaludin pada 25-09-2009

langit-biruSaat cuaca cerah di siang hari, kita akan lihat langit berwarna biru. Namun pada sore hari, langit akan berwarna kuning kemerahan. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui penyebabnya.

Penyebab warna langit ternyata tidak lepas dari pengaruh atmosfir bumi kita ini. Molekul-molekul gas seperti  nitrogen, oksigen, argon dan uap air menyebabkan cahaya matahari yang terdiri dari variasi panjang geleombang terabsorbsi. Cahaya yang terabsorbsi ini akan teradiasikan sehingga menghasilkan spektrum warna. Walaupun seluruh panjang gelombang dari cahaya matahari ini terabsorsi, namun warna biru yang memiliki panjang gelombang yang rendah akan terabsorsi lebih banyak dibandingkan warna merah sehingga warna biru ini dominan terlihat oleh mata. Proses ini dinamakan Rayleigh scattering.

Rayleigh menjelaskan bahwa cahaya yang memiliki panjang gelombang lebih kecil akan memiliki intensitas perpendaran yang lebih besar. Karena warna biru memiliki penjang gelombang yang kecil sehingga warna biru akan dominan di langit. Selain itu, perpendaran warna ini juga dipengaruhi oleh jarak sumber cahaya dengan pengamat sehingga pada saat sunset, jarak sumber cahaya akan lebih jauh dan menyebabkan perpendaran efek Rayleigh scattering oleh warna biru ini berkurang. Proses ini dapat terlihat jelas saat matahari terbenam, dimana warna merah akan dominan di garis horizon.

Kata Pencarian Artikel ini:

mengapa langit berwarna biru, mengapa langit biru, mengapa warna langit biru, kenapa langit berwarna biru, apa yang menyebabkan bumi berwarna biru jika dilihat dari angkasa, mengapa langit itu biru, proses yang menyebabkan langit berwarna biru, kenapa warna langit biru, warna langit biru, penyebab langit berwarna biru
Artikel ini termasuk kategori: Tanya Pakar dan memiliki 25 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

25 Komentar untuk “Mengapa langit berwarna biru?”

  • tika says:

    saya pernah membaca di sebuah literatur. warna yang terlihat di langit merupakan warna komplemen dari gelombang yang diserap. jadi menurut saya warna biru yang terlihat bukan berarti warna biru yang lebih banyak diserap tapi warna komplemennya yaitu warna kuning-keorenan. apabila pendapat saya salah, mohon dikoreksi. terimakasih

    • Zaenal Awaludin says:

      Trima kasih mba Tika, warna yg dihasilkan suatu benda karena adanya proses absorsi energi oleh panjang gelombang tertentu. Energi terefleksi dari suatu benda itulah yg memang terlihat sebagai warna. Pada kasus birunya langit mungkin disini sy ingin menjelaskan teori Rayleigh scattering. Teori ini bisa menjelaskan mengapa warna langit pada siang hari berwarna biru dan pada sore hari bisa berwarna kemerahan di horizon. Jd literatur yg mba Tika baca tidak salah. Untuk teori Rayleigh scattering ini secara detail saya tidak bisa jelaskan disni karena agak rumit, tp mba Tika bisa cb lihat di wikipedia.org. Trima kasih.

  • syafi'i says:

    cuma mau tx klw awan tu tersusun oleh atom2 apa?

    • Zaenal Awaludin says:

      Kalo awan itu tersusun oleh molekul-molekul air yang terbentuk karena uap air yang naik dan mencapai titik embun di atmosfir.

  • uu rooney says:

    kerennnnn abizzzzzz……………

  • Giena says:

    Maaf, tapi saya belum terlalu paham. Apakah hl itu hnya dapat djlaskan berdasarkn spektrum warna? Apkah wrna langit semata2 karna dpngaruhi unsur gas2 saja?

    • Zaenal Awaludin says:

      Warna langit kita atau atmosfer kita berwarna biru karna keberadaan gas-gas yg ada di atmosfer. Tanpa adanya gas-gas seperti nitrogen, oksigen, argon dll langit atau atmosfer kita tidak akan berwarna biru. Refleksi dari molekul-molekul gas inilah yang menyebabkan warna langit seperti yang kita lihat sekarang ini.

  • titin riani sitorus says:

    so,,,klau ngtu npa air laut itu warnanya biru bila kita melihat dari jauh or dekat, tetapi bila air laut kita pindahkan dalam satu wadah or ke dalam gelas maka air laut itu akan berubah warna menjadi bening (tidak berwarna). mengapa demikian??? jelaskan

  • Zaenal Awaludin says:

    Menurut pendapat saya air itu dapat membiaskan dan jg dapat memantulkan cahaya. Sehingga air juga dapat memantulkan warna biru dari langit. Coba anda lihat waktu senja hari, air laut tidak akan berwarna biru bukan?jadi saat jauh dimana kita melihat sudut pantul cahaya dari air laut kita akan melihat warna atmosfer yang berwarna biru.

  • puji nurhadi says:

    memang warna langit dipengaruhi oleh beberapa gas-gas di atsmosfer bumi.bila dilihat di angkasa langit bumi berwarna biru meskipun di malam hari pada waktunya.kenapa?

    • Zaenal Awaludin says:

      Terima kasih mas Puji. Warna bisa terlihat bila ada cahaya yang dipantulkan oleh benda tersebut. Tanpa adanya cahaya yang dipantulkan oleh suatu benda maka benda itu tidak akan berwarna, gelap, atau hitam. Jika dilihat diluar angkasa saya tidak yakin bila sisi bumi yang tidak terkena cahaya matahari akan dapat menghasilkan warna karna tanpa cahaya benda tidak akan kelihatan berwarna. Warna biru dari bumi menurut saya karena warna biru air laut. Sedangkan pulau dan benua tidak akan terlihat biru.

  • Herman S says:

    di inbox email sy sering masuk ilmu dr Chem-is-try, cuma sy sekedar baca aja tuh, seandainya sy mo discuss mengenai bbrp hal (akan disertai foto kali)….gimana caranya?,mohon bantuan,thx

  • arrrrrgh says:

    kenapa warnanya nggak ungu? kan panjang gelombang paling pendek dimiliki warna ungu? sehingga energinya paling besar…. kok malah biru sih…

    • Zaenal Awaludin says:

      Pertanyaan yang bagus..
      Warna ungu memiliki panjang gelombang 400 nm sedangkan warna biru 475 nm sehingga warna ungu atau violet memiliki panjang gelombang yang lebih pendek daripada warna biru dan lebih terpendarkan dibandingkan warna biru. Sebenarnya warna biru dan ungu keduanya terpendarkan di atmosfer, namun dari literatur yang saya dapat ternyata mata kita lebih sensitif terhadap warna biru dari pada ungu dan matahari juga lebih banyak melepaskan energi pada panjang gelombang warna biru dibandingkan warna ungu sehingga warna biru lebih dominan kita lihat di atmosfer.

  • yanis says:

    bagaimana fenomena perpendaran warna biru ini dijelaskan pada sore dan malam hari?

  • erna says:

    aq mau t? Ni kalw misalnya atsm0sfir tdk ada apakah langt tetap berwarna biru?

  • Susy says:

    Gmn pengaruh warna ganggang laut thd warna air laut dan jg warna langit?

  • ida martuty says:

    jadi warna biru langit itu merupakan peristiwa hamburan akibat dari pengaruh panjang gelombang yang berbeda2 yang paling banyak di serap adalah warna biru sehingga langit kelihatan di mata warna biru

  • jessi febria says:

    aduh,jawaban yang gak pake ngeringkas kok susah ya carinya,padahal aku butuh yang sejelas jelasnya lho>tapi,gak papa.yg jelas sdh berusaha menjadi yg terbaik khan???>>

  • Indah smart g!rls says:

    Ktanya awan tersusun atas atom” uap air truz kenapa uap,y bisa seperti menggumpal gitu truz misal,y naik pesawat lw terkena awan kenpa di dalam,y terasa ada guncangan ?

  • yudha satrio oktavandi says:

    sepengetahuan saya ada bbrpa teori penyebab langit biru, yang mungkin bisa ditarik kesimpulan dari bbrpa teori teori trsbut:

    Udara di bumi terdiri dari gas-gas, nitrogen, oksigen, argon, dan lain-lain,bercampur dengan uap air dan Kristal es. Juga ada debu dan polutan kimia, dan jauh di atas ada lapisan ozon. Semua bagian ini bisa jdi penyebab langit biru. Menurut para ilmuwan, air dan ozon cenderung menyerap cahaya kemerahan, dan membiarkan cahaya yang lebih biru untuk lewat. Tetapi ternyata tidak terdapat cukup air dan ozon untuk menyerap jumlah cahaya merah untuk membuat langit biru.

    Menurut John Tyndall, ahli fisika Iggris, debu dan partikel-partikel lain di udara mengurai cahaya, dan biru keluar paling kuat. Menurutnya, jika langit diisi dengan udara yang bersih sempurna, cahaya putih akan lewat tanpa terurai. Udara murni seharusnya menghasilkan cahaya putih cemerlang.

    Menurut Rayleigh, penyebab langit biru yaitu : Sejumlah sinar matahari melewati ruang kosong antara molekul-molekul gas di atmosfir, tiba di tanah sebagai cahaya putih seperti awalnya. Tetapi sinar matahari yang bertabrakan dengan molekul-molekul gas, seperti oksigen, terserap, kemudian disebarkan ke segala arah.
    Atom-atom dalam molekul gas menjadi bergejolak oleh cahaya yang diserap, dan mengeluarkan kembali foton-foton cahaya dalam segala panjang gelombang, dari merah sampai ungu, ke depan, belakang, dan sisi-sisi molekul. Jadi sebagian cahaya langsung ke tanah, sebagian lagi dikirimkan ke angkasa, dan sebagian meluncur kembali ke arah Matahari.
    Menurutnya, Delapan foton cahaya biru muncul untuk setiap satu merah. Jadi cahaya biru yang memancar keluar dari molekul delapan kali lebih terang daripada cahaya merah.
    Sehingga cahaya biru yang pekat mengalir pada kita dari semua arah di langit, dari trilyunan molekul gas. Langit tidak murni biru, karena warna-warna lain juga mencapai mata kita. Tetapi sangat samar, ditenggelamkan oleh biru yang sangat cerah.

    terimakasih, by: yudha

  • andi says:

    good informasi yg sangat bermanfaat sekali

  • nurul says:

    aqw mw t.?
    zring kali q memandang langit q lihat awan thu seperti brjalan, apkah memang benar awan bisa brjalan kta_x kn bumi yg brputar bkan xg laen,

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>