Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, November 1, 2014 2:16

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Mengapa Kita Menguap ?

Kata Kunci: ,
Ditulis oleh Redaksi chem-is-try.org pada 15-05-2009

menguapBelum ada jawaban pasti mengapa manusia atau binatang menguap. Selama ini yang kita ketahui adalah bahwa manusia atau binatang menguap karena lelah atau bosan. Tapi tidak ada bukti kuat yang mendukung anggapan ini.

Tapi ada penjelasan yang lebih masuk akal tentang hal ini. Kita menguap karena kandungan oksigen dalam paru-paru kita sudah berkurang. Penelitian menunjukkan bahwa pada saat kita bernafas normal, kita tidak menggunakan paru-paru pada secara penuh.

Di dalam paru-paru ada organ yang bernama alveoli, atau kantung udara. Alveoli ini berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke dalam darah dan menyedot karbondioksida untuk kemudian dikeluarkan.

Jika alveoli tidak mendapatkan udara segar, dia akan kempis dan paru-paru agak mengeras. Otak kemudian segera bereaksi untuk memerintahkan mulut menguap dan menarik udara (oksigen).

Tetapi aspek-aspek tertentu dari menguap tetap merupakan misteri. Janin di dalam rahim, misalnya, juga menguap. Namum belum diketahui apakah memang janin menarik oksigen melalui paru-parunya. Menguap juga tampaknya merupakan gejala sklerosis ganda dengan sebab-sebab yang belum diketahui.

Kata Pencarian Artikel ini:

mulut menguap, penyebab ngantuk nguap
Artikel ini termasuk kategori: Tanya Pakar dan memiliki 13 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

13 Komentar untuk “Mengapa Kita Menguap ?”

  • ierone says:

    masih penuh misteri.

    semoga cepat ditemukan alasannya

  • Yosep Sulindra says:

    Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan, menguap adalah usaha tubuh, khususnya alat pernapasan untuk mengambil oksigen jika kadar oksigen di dalam darah rendah. Oleh sebab itu, sepanjang hidupnya semua makhluk hidup senantiasa memasukkan oksigen ke dalam tubuhnya secara terus menerus dan tidak boleh terhenti. Sel-sel tubuh akan rusak atau mati bila tidak mendapatkan oksigen untuk jangka waktu tertentu. Sel otak akan mati atau rusak bila tidak mendapatkan oksigen selama 3-4 menit.

  • duin says:

    menguap itu disebabkan karena ngantuk.. buktinya kalo gw mau tidur paling tidak menguap sekali…. :)

  • ZKRT says:

    iya… mungkin salah satu alasan menguap ntu karna kita udah lelah atau bosan, makanya kita nguap deh!!!

  • chiessa says:

    buat yang muslim..
    saya pernah denger kalo seorang muslim ga boleh menguap, sebisa mungkin malah menurut yang saya dengar harus ditahan..
    setiap laranganNya memang slalu tepat da penjelasan secara medis,.
    semoga alasan mengapa kita menguap bisa segera diketahui secara pasti,..

  • jeny pasaribu says:

    menguap itu tandnya saraf kta da lelah untk mlkskn aktfts jd dbthkn udara segar

  • jeny pasaribu says:

    menguap itu tandnya saraf kta da lelah untk mlkskn aktfts jd dbthkn udara segar,blzz

  • andy says:

    Bagus jga tu..
    buat nambah wawasan!!
    kalu larutan Flash Almin ada gak aRtikel nya bang???

  • Ismal says:

    Dari buku yg pernah saya baca “menguap” pada manusia itu merupakan sebuah penyakit yang “menular” dan itu terbukti! untuk membuktikannya, cobalah perhatikan dengan serius orang lain di sekitar anda yang sedang menguap, secara otomatis beberapa detik kemudian Anda pun mulai membuka mulut dan akan di akhiri dengan peristiwa “menguap”, kalo ngga percaya coba aja sendiri..!!! ^_^

  • eva says:

    alasan tubuh membutuhkan oksigen sudah bisa i terima….

  • lisa arsita says:

    aku mw tanya memangnya kenapa sih menguap itu bisa menular?

  • revolutionist says:

    baru-baru ni, sy ade dengar yang orang yamg menguap ni tandanya tak sehat. Dan sy sndiri plak, dalam seminggu jugak la, TAK MENGUAP, masa tu sy rs keadaan tubuh sy sngat bagus, pada sy lah, kalo teori dari yang kata menguap ni bagus, sebenarnya, kita kene pikir 2 kali, sbb nya, bagi yang muslim, kita menguap tu tandanya, syaitan nk masuk. Cb kite sama2 try untuk tidak menguap. Anda pasti akan nampak perbezaannya. BTW, seminggu lepas tu, sy kembali ke keadaan asal (menguap) n condition otak rasa tak brape bagus. Untuk elak dari menguap, salah satu cara ialah, dengan zikir bersungguh-sungguh. Betul ni, tak tipu. Menguap boleh dikaitkan dengan perkembangan otak jugak. Ini penelitian sy. Untuk buktikan secara saintik, maseh dalam perancangan.

  • puspa says:

    q rsa mnguap adlh suatu hl yg naluriah pd stiap mhluk hdup krna 2 swtu pngambilan nfas scra bsar”an

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>