Daftar Lupa kata kunci?
Monday, September 1, 2014 13:20

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Mengapa daun berubah warna saat musim gugur?

Ditulis oleh Masdin Mursaha pada 03-04-2009

face_00010Daun pepohonan dan tanaman-tanaman lain mengandung tiga pigmen utama yakni: karoten, antosianin, dan pigmen fotosintetik (klorofil), yang menangkap energi matahari untuk membuat makanan bagi tanaman. Sebagai pigmen yang paling melimpah, klorofil merupakan zat yang memberikan warna hijau bagi daun di musim semi dan musim panas.

Zat kimia lain pada daun, auksin, mengontrol sekelompok sel tertentu pada dasar masing-masing batang daun, yang disebut lapisan absisi. Selama musim pertumbuhan, auksin mencegah lapisan ini terbentuk sempurna dan memblokir tabung-tabung internal kecil yang menghubungkan masing-masing daun dengan bagian sistem sirkulasi lainnya pada pepohonan.

Akan tetapi, pada musim gugur, hari-hari yang lebih dingin dan lebih singkat memicu terhentinya produksi auksin, sehingga memungkinkan lapisan absisi tumbuh dan menghambat sirkulasi air, nutrien dan gula ke daun. Ketika ini terjadi, klorofil mengalami disintegrasi dengan cepat, sehingga membiarkan karoten menampakkan warnanya seperti warna kuning pada daun maple, pohon yang berdaun ringan (aspen), dan daun pohon birch. Sementara itu, antosianin memberikan warna oranye dan merah bagi pohon maple, pohon sumacs dan pohon ek. Jika sinar matahari kurang, antosianin tidak begitu aktif secara kimiawi dan daun lebih berwarna oranye atau kuning dibanding berwarna merah.

Disadur dari: sciencedaily.com

Kata Pencarian Artikel ini:

dapatkah daun berubah warna, Mengapa daun dan buah yang sudah tua akan bewarna kuning dan gugur ! Jelaskan ?, perubahan warna daun, penyebab warna kuning pada daun tua, penyebab warna coklat pada daun, penyebab daun berubah warna kuning, Mengapa timbul warna kekuningan pada daun yang akan gugur, Mengapa daun yang akan gugur akan timbul atau berubah warna menjadi kekuningan jelaskan, Mengapa daun dan buah yang sudah tua akan berwarna kuning dan gugur? Jelaskan ?, Mengapa daun dan buah yang sudah tua akan berwarna kuning dan gugur!jelaskan?
Artikel ini termasuk kategori: Tanya Pakar dan memiliki 9 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

9 Komentar untuk “Mengapa daun berubah warna saat musim gugur?”

  • moh. iqbal says:

    Saya rasa terjadinya perubahan warna daun disebab oleh unsur/pigmen dari daun itu sendiri dalam hal ini CLOROPHIL yang merupakan zat warna hijau daun. disamping itu faktor penggunaan pupuk juga sangat berpengaruh terhadap keadaan suatu tanaman serta suhu dan penyinaran dari sinar matahari.
    Pemanasan global juga juga mengambil alih dari fungsi tanaman dan hutan tropis.

  • Ale says:

    Karena pengaruh cuaca yg sgt drastis,sehingga klorofilnya brubah warna

  • Muhammad Iqbal says:

    menurut saya proses berubahnya warna hijau pada daun-daun tanaman saat musim gugur karena daun kekurangan zat air, nutrien dan gula (semuanya nutrisi penting/vital) dan menyebabkan daun menampakkan warna lain yang memang telah ada di dalamnya (antosianin dan karoten) yang menunjukkan pada kita bahwa ternyata tanaman juga sama seperti binatang yang melakukan hibernasi (tidur di musim dingin dan menyimpan lemak di tubuhnya), hanya saja karena binatang bersembunyi di dalam tanah/gua, tidak seperti tanaman yang tidak bisa bersembunyi sehingga mau tidak mau harus melakukan puasa (diet ketat). pengaruh diet itulah yang menyebabkan fenomena berubahnya warna daun, gimana? tolong direply agar kita bisa sharing ilmu. trims.

  • Muhammad Iqbal says:

    jadi reaksi perubahan warna itu juga sama seperti rangsangan menutupnya daun putri malu saat disentuh (reaksinya terjadi secara otomatis). senyawa kimia yang dikandung dalam daun akan otomatis merubah warna daun saat daun kekurangan nutrisi. warna karoten (kuning atau oranye) akan tampak saat tahap kekurangan nutrisi ini sedikit turun. kita tau kalau warna kuning dan jingga ini stu tahap dibawah warna hijau. dan kalau sinar matahari kurang (sangat sedikit fotosintesis yang bisa dilakukan, sehingga nutrisi tanaman sangat miskin) maka warnanya akan turun ke satu tingkat di bawahnya lagi, yaitu merah, warna antosianin. hal ini menunjukkan bahwa proses fotosintesis sedang krisis.

  • joko samudro says:

    gimana hubungan panjang gelombang pada warna dari daun, membentuk garis lurus atau gimana? contoh dari warna daun hijau muda kuncup, hijau tua, kuning, coklat. tlg donk ksh tahu tanks.

  • etiex says:

    emmmm…boleh bertanya tidak?????..
    begini saya kan dapat tugas IPA suruh buat makalah ttg PELURUHAN DAUN…saya cari d internet itu tidak ketemu”…
    saya mau tanya sebenar nya apa arti peluruhan daun itu sih???…

  • sary says:

    apa yang menyebabkan warna daun berda-beda pada hal mereka berada dalam satu kawasan yang sama?? tlng donk bantuannya

  • ekky kuswardhini says:

    MASYAALLAH

  • thanty says:

    mengapa daun dalam satu pohon panjangya berbeda-beda?

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>