Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, August 2, 2014 2:23

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Mengapa buah nanas dapat membuat mulut kita luka?

Kata Kunci: ,
Ditulis oleh Zaenal Awaludin pada 11-11-2009

buah-nanasMungkin kita semua pernah dan suka memakan buah nanas yang memang rasanya enak dan menyegarkan. Tapi diantara kita mungkin pernah merasakan luka setelah kita memakan buah nanas yang berlebihan. Ternyata ada komponen yang terdapat dalam buah nanas tersebut yang dapat menyebabkan luka pada mulut kita.

Buah nanas merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Salah satu komponen yang terdapat dalam nanas adalah enzim bromelain. Enzim ini merupakan salah satu enzim protease yang dapat menghidrolisa protein. Walaupun hampir semua buah-buahan mengandung enzim protease tetapi kadar enzim ini dalam buah nanas lebih tinggi dibandingkan buah lain sehingga dapat memberikan pengaruh pada yang mengkonsumsinya. Sehingga, ikatan protein pada mulut kita juga dapat rusak oleh enzim ini.

Salah satu bukti yang mungkin dapat kita lihat adanya pengaruh enzim ini adalah pada proses pembentukan jelly. Pada proses pembentukan jelly dari gelatin, kita dapat masukkan potongan buah nanas segar pada proses pendinginan. Setelah beberapa lama, yang seharusnya jelly terbentuk dengan adanya buah nanas ini, ternyata jelly tidak akan kenyal atau terbentuk sempurna melainkan akan hancur. Hal ini karena pada jelly terdapat ikatan protein dari gelatin dan ikatan ini terdekomposisi oleh adanya enzim bromelain dalam nanas.

Contoh yang menarik juga kita lihat pada buah nanas itu sendiri. Kita sering melihat ulat pada buah jambu, jeruk atau buah lain. Apakah diantara kita yang pernah melihat ulat atau serangga yang masuk pada buah nanas?.

Sumber: www.thenakedscientist.com

Kata Pencarian Artikel ini:

kenapa saat makan buah nanas banyak mulut terasa
Artikel ini termasuk kategori: Tanya Pakar dan memiliki 15 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

15 Komentar untuk “Mengapa buah nanas dapat membuat mulut kita luka?”

  • Adi Darmawan says:

    hmm…..!!! apakah ada hubungannya nanas biasanya di gunakan untuk melunakkan daging?????

  • Budi Swityastuti says:

    Sepertinya memang benar sy jg blm pernah menemukan ulat dlm buah nanas…

  • Wahyu says:

    Ada yang tahu tidak ya, apa sih sebenarnya perbedaan buah dengan sayur? Sebuah pertanyaan konyol sih sebenarnya tapi memang sulit untuk dijawab.
    Terima kasih

    • Zaenal Awaludin says:

      Terima kasih. Salah satu penyebab mengapa ulat tidak dapat hidup dalam buah nanas adalah kandungan enzim bromelain ini dapat merusak jaringan protein ulat tersebut. Dan memang, salah satu cara pelunakan daging selain dengan daun pepaya adalah buah nanas karena keduanya mengandung enzim protease yang tinggi.

  • lee_chemy says:

    jadi, ada batasan nggk bwt menggkonsumsi buah nanas? bagaimana cara menetralisir hal tersebut?? reaksi antara enzim protease dg ikatan protein yg ada d tubuh kita apa terjadi secara spontan(langsung) atau membutuhkan sedikit waktu??
    terimakasih sebelumnya,,
    best regards,
    lee chung hee

    • Zaenal Awaludin says:

      Saya belum dapat info batasan kita mengkonsumsi buah nanas,tp menurut saya kalo mulut dah terasa agak perih sebaik berhenti dan bersihkan mulut mungkin itu saran terbaik. Seperti halnya semua enzim,dengan pemanasan akan terdegradasi sehingga tidak aktif. Selai nanas tidak akan membuat mulut kita luka karna telah dipanaskan. Dan seperti semua sifat enzim,faktor lingkungan seperti pH dan temperatur sangat mempengaruhi kerja enzim. Selama ada ikatan protein dengan kondisi lingkungan yang optimum, enzim protease akan menghidrolisanya sehingga ini terjadi spontan.

  • kuliner says:

    wah info menarik ini.. izin copas yah..

  • Ivan Aryo says:

    Jika pada mulut kita bisa terluka dkrnkn enzim tersbut.
    Bgimna di dlm lmbng dan usus kta?
    Apakah akan sma akbtnya?

  • Zaenal Awaludin says:

    Tentu tidak. Enzim protease pada buah nanas tidak akan aktif pada kondisi lambung kita yang asam karena enzim sangat tergantung pada pH. Selain itu didalam sistem pencernaan kita terdapat enzim protease yang juga yang dapat menghidrolisa ikatan protein termasuk enzim protease pada buah nanas tersebut karena enzim juga terbentuk dari protein. Dalam sistem tubuh kita terdapat inhibitor mechanism yang dapat mencegah lysis oleh enzim protease. Jadi jangan khawatir karena makan buah nanas tidak dapat mengakibatkan kerusakan lambung.
    Terima kasih.

  • Ivan Aryo says:

    owh begitu.

    tks ya atas infonya.

  • Hendy Indrajaya says:

    makasih infonya..
    saya boleh minta uraian mengapa nanas koq bisa untuk melunakkan daging tidak???
    sekalian, kandungan kimia (entah zat-zat mineral, vitamin, atau enzim ) yang ada dalam nanas tidak?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya..

  • Yani says:

    biasanya saya melihat orang menaruh sebentar nenas d dlm air garam utk menghilankn rasa pekat,, ap ad akibat yg d timbulkn…?

  • and_dry_a says:

    ada yang bisa jlasin g gmn enzim dalam nanas bisa membantu dalam proses pembuatan VCO?,
    thank’ZZZZZ….

  • gumi says:

    Ada ga sih buah yang mengadung enzim cellulase terbesar ?

    blsan via email saya tunggu…..tq

  • fitritesna says:

    bagaimana dengn larangan bagi wanita yang sedang mengandung agar tidak memakan buah nanas, apa ada kaitannya?

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>