Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, November 1, 2014 14:24

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Apa yang menyebabkan biji jagung menjadi popcorn?

Ditulis oleh Zaenal Awaludin pada 23-07-2009

rahasia-popcornKita mungkin pernah membeli atau bahkan memasak popcorn untuk camilan. Popcorn terbuat dari jenis jagung tertentu yang bila dimasak dengan sedikit minyak dapat meletup dan mengembang. Ternyata pada proses memasaknya ada rahasia yang bisa dijelaskan dengan sains.

Rahasia terbentuknya popcorn ini terdapat pada tepung jagung dan kandungan air didalamnya juga kulit jagung yang keras menutupinya. Pada saat kita menaruh biji jagung tersebut ke dalam minyak dengan panas di atas 1000C, air dalam biji jagung tersebut akan bereaksi dengan tepung jagungnya sehingga terbentuk jel.  Pada saat suhu minyak mencapai 1800C jel ini memiliki tekanan yang sangat besar karena pada temperature tersebut air sudah terbentuk gas dengan tekanan yang besar. Walapun kulit jagung ini mampu menahan tekanan hingga 10 atm tapi tekanan yang besar dari uap gas pada suhu ini, mampu memecahkan kulit tersebut. Pecahnya kulit jagung tersebut juga diikuti keluarnya tepung jagung yang berbentuk jel di dalam biji. Saat jel ini keluar akan melepaskan air dalam jeli tersebut karena temperatur yang tinggi. Hal ini menyebabkan  tepung jagung ini tetap dapat mempertahankan bentuknya pada saat sudah dingin karena kering.

Penjelasan ini dapat dibuktikan ketika kita merusak biji jagungnya sehingga terbentuk lubang pada biji jagung tersebut. Bila kita rusak, biji jagung ini mengembang sedikit atau bahkan tidak mengembang karena tekanan uap air dalam biji jagung ini tidak sebesar dengan biji jagung yang kulitnya utuh karena banyak uap air yang keluar lewat celah tersebut.

Sumber: www.thenakedscientist.com

Kata Pencarian Artikel ini:

jagung popcorn, cara membuat jagung popcorn, cara membuat jagung menjadi popcorn, bibit jagung popcorn, cara membuat biji jagung popcorn, cara membuat popcorn dari jagung biasa, jagung untuk popcorn, Jagung yang dibuat pop cron, jenis jagung pop corn, jenis jagung popcorn
Artikel ini termasuk kategori: Tanya Pakar dan memiliki 10 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

10 Komentar untuk “Apa yang menyebabkan biji jagung menjadi popcorn?”

  • h2s . . . says:

    O. . . djadi rahasiannja tepoeng djagoeng dan air to! Tapi air dan tepoeng djagoengnja oedah ada sendiri ataoe di tjampoer ke bidji djagoeng sebeloem di masak? Teroes, penambahan mentega pada saat memasaknja menimboelkan efek khusus pada stroektoer pop cornnja sendiri ga’ ja? Apa djangan2 tjoema berpengaroeh pada rasanja adja!? ^_^

    • Zaenal Awaludin says:

      Kalo menurut saya tepung jagung atau maizena pastinya sudah terdapat dalam biji jagung tersebut. Dan tentunya pasti ada kadar air yang terkandung dalam biji jagung. Penambahan mentega pada saat memasak fungsinya adalah sebagai media panas yg dapat menghasilkan suhu sekitar 180 derajat di atas api. Selain media pemanas, mentega ini juga berfungsi sebagai penambah rasa papa popcornya. Trima kasih saudara H2S.

  • chiessa says:

    science is everywhere, every time, for ever n ever

  • margono says:

    membaca artikel di atas, nampaknya padipun bisa dibuat poppadi ya ? dengan catatan suhu dan tekanannya tepat dapat membuka kulit padi …….

  • Rohmawati says:

    oh begitu tho. wach, subhanallah… masih banyak ilmu yang da alam nie.

  • Yanti says:

    Pembuatan popcorn tanpa dicampur mentega apakah bisa ?
    kmrn saya beli popcorn maker princess type 292989 dan sampai sekarang tdk brani menggunakan nya, krn di buku ptnjuknya tertls jng masukan mentega ke dlm mesin..

  • zacky says:

    yang saya tanyakan apakah ada jenis jagung tertentu yg memiliki spsifikasi yg telah di bicarakan di atas untuk pembuatan popcornya
    atau semua jaenis jagung bisa.
    terimakasih

  • zacky says:

    or apakah ADA proses khusus sehingga jagung bisa di gunakan untuk popcorn

  • anis says:

    pada suhu normal atau ruang, tekanan di dalam jagung brapa ya?? bagaimana cara mendapatkan nilai 10 atm.

  • syamsz says:

    ya tu,,,,saya jg pngen tw pa smua jagung bisa dibikin popkorn..lok gk bisaalasannya ap….thx

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>