Daftar Lupa kata kunci?
Tuesday, September 2, 2014 6:15

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Apa penyebab orang menderita kanker ?

Ditulis oleh Redaksi chem-is-try.org pada 26-05-2009

cancer-cellsKanker termasuk penyakit yang menakutkan dan merupakan momok bagi banyak orang setelah penyakit jantung. Bagaimana tidak, sudah banyak nyawa lepas akibat penyakit yang dapat menyerang siapa saja ini. Apa sih kanker itu? Bagaimana penyakit ini bisa tumbuh dan berkembang di dalam tubuh kita? Dan, apa pula penyebabnya? Bisakah kita menghindarinya? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini.

Gen akan bekerja dengan baik jika tubuh dalam keadaan sehat. Gen ini bertugas mengatur pembelahan sel di dalam tubuh dan memastikan bahwa setiap sel baru adalah replikasi induknya. Sel baru akan menggantikan sel yang mati atau rusak. Jika terjadi ketidaknormalan pada waktu proses pembelahan dan pembaharuan sel, maka akan terbentuk sel abnormal berupa benjolan yang disebut tumor. Pada waktu sel abnormal ini tumbuh, pembuluh darah dengan sendirinya akan memberikan pasokan gizi kepada tumor. Akibatnya, tumor tumbuh makin subur. Lama kelamaan tumor akan merajalela dengan cara menyerang jaringan yang sehat dan menyebar yang disebut tumor ganas atau kanker.Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan sel abnormal di dalam tubuh, diantaranya adalah:

Faktor genetik : Seseorang yang memiliki riwayat (keturunan) penyakit kanker mempunyai risiko lebih besar terkena penyakit ini, dibanding seseorang yang tidak memiliki riwayat.

Faktor kekebalan (imunistas) : Di dalam tubuh yang sehat sistem kekebalannya mampu mengenali sel asing dan memusnahkannya. Tetapi jika sistem imunitas di dalam tubuh memiliki masalah, maka akan mempengaruhi pengenalan terhadap sel asing, sehingga sel tumor akan berkembang dan tumbuh dengan bebas.

Faktor makanan : Menurut penelitian, 80-90% penyebab berbagai kanker berkaitan dengan makanan. Beberapa makanan jika dikonsumsi secara berlebih dapat menjadi pencetus munculnya sel kanker. Misalnya, makanan yang diasap, makanan yang diasinkan atau diacar, makanan yang diawetkan, dan makanan yang banyak mengandung bahan-bahan kimia lainnya (zat pewarna dan perasa buatan).

 

Agar lebih rinci lagi, lihat tabel di bawah ini:

 

Jenis Kanker

Faktor Penyebab

Proteksi

Kanker lambung

Terlalu banyak merokok, banyak menyantap makanan yang diasinkan dan kurang mengkonsumsi sayuran dan buah.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah segar, rajin minum teh hijau, kurangi konsumsi garam.

Kanker payudara

Terlalu banyak mengkon-sumsi makanan tinggi kalori, alkohol, dan daging yang diasap.Perbanyak mengkon-sumsi sayuran dan buah segar khususnya yang berwarna hijau dan kuning.

Kanker kandung kemih

Terlalu banyak mengkon-sumsi alkohol, pemanis buatan, dan merokok.Perbanyak mengkon-sumsi sayuran dan buah segar khususnya yang berwarna hijau dan kuning.

Kanker prostat

Terlalu banyak meng-konsumsi makanan berlemak, terutama lemak jenuh dari daging.Perbanyak mengkon-sumsi sayuran dan buah segar khususnya yang berwarna hijau dan kuning.

Kanker hati

Diakibatkan oleh infeksi hepatitis B atau aflatoxin, terlalu banyak minum minuman beralkohol.Menghindari makanan yang mengandung aflatoxin, mis: kacang tanah yang telah berjamur dan hasil olahannya, keju yang kadaluarsa, batasi konsumsi makanan berprotein tinggi dan garam.

Kanker tenggorokan (esofagus)

Tingginya konsumsi alkohol dan makanan yang diawetkan. Kebiasaan merokok.Hindari makanan berpotensial penyebab kanker dan perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Kanker mulut rahim (servic)

Rendahnya konsumsi sayuran dan buah. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat yang terdapat pada sayuran hijau, biji-bijian, kacang polong dan buncis.
 

Jadi, kunci menghindari kanker adalah dengan cara sedapat mungkin menjauhi 
makanan pemicu kanker dan memperbanyak konsumsi bahan pangan segar. 

Sumber : Clickwok

Kata Pencarian Artikel ini:

penyebab kanker, Penyebab kangker, penyebab tumor dan kanker, Penyebab kanker dan tumor, penyebab orang terkena kanker rahim, penyebab penyakit kangker, penyebap kangker ganas, sebab sel kanker tumbuh, www penyebab kanker, apa boleh orang punya penyakit tumor ganas makan kacang tanah?
Artikel ini termasuk kategori: Tanya Pakar dan memiliki 21 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

21 Komentar untuk “Apa penyebab orang menderita kanker ?”

  • dinar says:

    salam,

    salut buat artikelnya yang coba menjawab dengan cukup mendasar dan secara simpel.
    tapi kalau boleh saya ingin menambahkan beberapa koreksi.
    1. “..Jika terjadi ketidaknormalan pada waktu proses pembelahan dan pembaharuan sel, maka akan terbentuk sel abnormal berupa benjolan yang disebut tumor” –> sel abnormalnya sih gak berbentuk benjol, tapi karena pembelahan tanpa henti dan aturan, jadi cenderung berkumpul dan dalam agregatnya bila cukup besar membentuk benjolan.

    2 masalah imunitas : “jika sistem imunitas di dalam tubuh memiliki masalah, maka akan mempengaruhi pengenalan terhadap sel asing, sehingga sel tumor akan berkembang dan tumbuh dengan bebas.” –> justru sebaliknya, dan inilah penyebab sulitnya membasmi kanker, karena kanker adalah sel tubuh sendiri yang mengalami kerusakan di tingkat gen sehingga tidak memiliki pengaturan siklus hidup sebagai sel. setiap sel memiliki gen yang mengatur siklus hidupnya, untuk jenis sel berbeda siklusnya juga berbeda, misalnya sel kulit dan sel darah memiliki umur yang berbeda. tetapi sama2 akan “membongkar dirinya” atau merubah pola perkembangannya, ketika masa satu siklusnya berakhir. nah gen ini yang rusak sehingga bukannya membongkar diri, sel kanker akan terus membelah diri.
    jadi, sel kanker tidak dianggap zat/sel asing yang harus diserang. oleh karenanya akan selalu luput dari imunitas. pada proses kemoterapi, justru sistem imunitas diturunkan dulu, untuk membunuh sel kanker yang dipercaya lebih rentan terhadap senyawa kemo yang kemudian digelontor ke dalam badan. proses pembunuhan kanker juga mengorbankan beberapa jenis sel sehat non-kanker lainnya, seperti rambut dan kulit yang cenderung menghitam misalnya.

    demikian masukannya…

  • Afat says:

    Thanks bt artikel hepatitis nya,saran gw tlg di muat lbh lengkap lgi ttg artikel ne!gbu

  • ramadhan dipzenk says:

    wah.. artikel yg bgus nih, proteksi di masa muda demi kesehatan. thanks bgt

  • yana says:

    artikel yang bermanfaat….
    salam kenal..
    izin mengkopi artikelnya ya… semoga bermanfaat bagi orang lain…

  • anisa says:

    artikel yg bagus…
    di rahim sy ada kista, di dinding dada dan perut ada beberapa tumor, dan skr di payudara.
    walaupun sdh menjalankan operasi, ternyata tumbuh lg, dan lbh byk.
    sy org awam di masalah ini. tapi skr setidaknya sy tahu penyebab atau asal mula tumor yg ada pd sy skr ini.
    dokter2 mengatakan faktor gen, tp kemudian sy juga merasa mungkin pola makan atau pola hidup sy yg salah.
    saya adalah pecinta ikan asin, dari kecil sy merasa tdk enak makan tanpa ikan asin. mungkin itu jg slh satu penyebab nya.
    smg artikel ini bermanfaat, menambah wawasan, bagi org2 yg awam, seperti sy ini.
    terima kasih.

  • gustinoes says:

    Tuhan menciptakan penyakit, tentunya juga menciptakan obatnya. Seperti kanker, tumor, ataupu yang lainnya, ……
    Bagi saudara-saudara yang mempunyai penyakit apapun juga bisa menggunakan PROPOLIS sebagai obatnya. Siapa tahu bisa membantu kesembuhan. Atau hubungi saya di gustinus@gmail.com, juga akan lebih bagus jika digabung dengan meditasi.
    Semoga membantu…..

  • vee says:

    memang benar ya kalo kanker itu kebanyakan di derita oleh wanita ??

  • yusnita says:

    Artikelnya sangat bermanfaat,trtm yg awam……smg kita lbh baik lagi dlm menjaga kesehatan, pola makan yg tdnya jelek’ skrng bs waspada..””ternyata back to nature is verry good(subhanallah)dr sayur n buah2n mengandung vitamin yg berguna bngt,jg penetralisir racun dr mkanan yg tdk baik,,,,,,,,mks tas infonya.

  • jasmine says:

    artikelnya bagus ka,aku jadi tau tentang kanker,maksh iah

  • desy says:

    artikel’a bgus beud aku bnyak bljar dri sni…..

    aku berharap tngkat pnyakit sprti ini smkin brkrang dan bgi pndrita pnykit ini smoga di tbahkan htinya,,,,,

  • iing says:

    menrt sy, sel kanker itu akan mati apabila dipanaskan dgn suhu 45 drajajt celcius,ada anti kanker yg namanya interferon,itu bs mencegah sel kanker

  • dearson says:

    Kakak $y $ayapunyapnyakitkankerservicll lamanya sdh 6 bln sdh pake obat herbal nah tp benjoannya yg dmulut vagina blm ada prubahan,kira kira obatya yg hrs sy komsumsi trimakasih buat perhatiannya assalamualaikum

    • psyghotic says:

      pake daun sirsak gan. . ?map ea gan klo nt udah tau ea wa mnta map. . !cra bwt ramuannya cri daun yg gak tua jga gak muda(sdang2 saja)10lembar truz nt siapin 3gelas air 600ml truz direbus smpai menjadi 1 gelas inget gan klo rebus pake kuali atau periuk tanah dripda dri bhan logam krna untuk menghindari oksidasi. . . !dosis minum 3kali sehari!

  • psyghotic says:

    oke gan wan mau nambah aja klo nt udah tau ea map wa ni mash newbie. . . . !begini gan daun sirsak trnyata ampuh bwt bzmi kanker yg ktanya ribuan kali lebih kuat dri kemoterapi and juga bsa di kombinasi herbal lainnya seperti keladi tikus atau kunyit putih dan jintan hitam ato lainnya tergntung kndisi pasien gan. . . . . !

  • Inten says:

    apakah kangker bisa menular? bagaimana cara menularnya?

  • septianie says:

    apa penyebab kanker dan mengapa kanker itu banyak jenisnya 

  • gelisah says:

    foktor paling banyak penyebab kanker adalah makanan, sekarang di era serba instan sangat susah sekali menghindari makanan yang meningkatkan resiko terkena kanker, duh…

  • rovika says:

    terimakasih atas pengetahuan tentang kanker dan apa aja makana yang menyebabkan terjadianya penyakit kanker ini ?………..

  • hellena says:

    apa si penyebab tumor ginjal! N berbahakah itu?

  • faldo says:

    apa obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker ??

  • cheng su says:

    Makanan enak zaman sekarang banyak mengandung lemak jenuh dan protein tinggi. Dan menggoda lagi. Mesti gmn donk ?

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>