Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, November 1, 2014 10:09

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Timbal

Ditulis oleh Yulianto Mohsin pada 21-10-2006

Sejarah
(Anglo-saxon: lead, Latin: plumbum). Unsur ini telah lama diketahui dan disebutkan di kitab Exodus. Para alkemi mempercayai bahwa timbal merupakan unsur tertua dan diasosiasikan dengan planet Saturn. Timbal alami, walau ada jarang ditemukan di bumi.

Sumber
Timbal didapatkan dari galena (PbS) dengan proses pemanggangan. Anglesite, cerussite, dan minim adalah mineral-mineral timbal yang lazim ditemukan.

Sifat-sifat
Timbal merupakan logam putih kebiru-biruan dengan pancaran yang terang. Ia sangat lunak, mudah dibentuk, ductile, dan bukan konduktor listrik yang baik. Ia memiliki resistasi tinggi terhadap korosi. Pipa-pipa timbal dari jaman Romawi masih digunakan sampai sekarang. Unsur ini juga digunakan dalam kontainer yang mengandung cairan korosif seperti asam sulfur dan dapat dibuat lebih kuat dengan cara mencampurnya dengan antimoni atau logam lainnya.

Bentuk
Timbal alami adalah campuran 4 isotop: 204Pb (1.48%), 206Pb (23.6%), 207Pb (22.6%) dan 208Pb (52.3%). Isotop-isotop timbal merupakan produk akhir dari tiga seri unsur radioaktif alami: 206Pb untuk seri uranium, 207Pb untuk seri aktinium, dan 208Pb untuk seri torium. Dua puluh tujuh isotop timbal lainnya merupakan radioaktif.

Campuran logam timbal termasuk solder dan berbagai logam antifriksi. Jumlah timbal yang banyak digunakan sebagai logam dan dioksida dalam baterai. Logam ini juga digunakan sebagai selimut kabel, pipa, amunisi dan pembuatan timbal tetraetil.

Kegunaan
Logam ini sangat efektif sebagai penyerap suara. Ia digunakan sebagai tameng radiasi di sekeliling peralatan sinar-x dan reaktor nuklir. Juga digunakan sebagai penyerap getaran. Senyawa-senyawa timbal seperti timbal putih, karbonat, timbal putih yang tersublimasi, chrome yellow (krom kuning) digunakan secara ekstensif dalam cat. Tetapi beberapa tahun terakhir, penggunaan timbal dalam cat telah diperketat untuk mencegah bahaya bagi manusia.

Penanganan
Timbal yang tertimbun dalam tubuh dapat menjadi racun. Program nasional di AS telah melarang penggunaan timbal dalam campuran bensin karena berbahaya bagi lingkungan.

Kata Pencarian Artikel ini:

kegunaan timbal, sifat timbal, logam timbal, unsur timbal, sejarah ditemukannya timbal, penemu unsur timbal, sejarah penemuan timbal, sejarah penemuan unsur timbal, keunikan unsur Pb (timbal), titik didih pb
Artikel ini termasuk kategori: Tabel Periodik dan memiliki 3 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

3 Komentar untuk “Timbal”

  • zain says:

    Metode apa yang digunakan untuk pengolahan Pb

  • Ir. Edi Herianto says:

    Bijih galena dapat diproses menjadi logam timah hitam. prosesnya sangat sederhana. Untuk kapasitas 1 ton produk timah hitam perhari berupa inggot, dengan kemurnian 98 – 99 %. hanya diperlukan investasi sebesar 250 jt. Dengan harga jual saat ini 1 kg ingot timah hitam 25 ribu, akan menghasilkan cash flow sekitar 125 jt per bulan. Anda berminat……..?

    Hubungi : Ir. Edi Herianto

    Hp. 08158857960, email : ediherianto55@yahoo.com

  • Bunaim says:

    Bagi yang berminat untuk membeli timbal,silahkan kirim email ke kami.Perlu di ketahui timbal kami di exsport dari africa.

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>