Daftar Lupa kata kunci?
Monday, September 15, 2014 4:00

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Timah

Ditulis oleh Yulianto Mohsin pada 21-10-2006

Sifat
Timah biasa terbentuk oleh 9 isotop yang stabil. Ada 18 isotop lainnya yang diketahui. Timah merupakan logam perak keputih-putihan, mudah dibentuk, ductile dan memilki struktur kristal yang tinggi. Jika struktur ini dipatahkan, terdengar suara yang sering disebut “tin cry” (tangisan timah) ketika sebatang unsur ini dibengkokkan.

Bentuk
Unsur ini memiliki 2 bentuk alotropik pada tekanan normal. Jika dipanaskan, timah abu-abu (timah alfa) dengan struktur kubus berubah pada 13.2 derajat Celcius menjadi timah putih (timah beta) yang memiliki struktur tetragonal. Ketika timah didinginkan sampai suhu 13,2 derajat Celcius, ia pelan-pelan berubah dari putih menjadi abu-abu. Perubahan ini disebabkan oleh ketidakmurnian (impurities) seperti aluminium dan seng, dan dapat dicegah dengan menambahkan antimoni atau bismut. Perubahan dari bentuk alfa ke bentuk beta dinamakan “tin pest”. Timah abu-abu memiliki sedikit kegunaan. Timah dapat dipoles sangat licin dan digunakan untuk menyelimuti logam lain untuk mencegah korosi dan aksi kimia. Lapisan tipis timah pada baja digunakan untuk membuat makanan tahan lama.

Campuran logam timah sangat penting. Solder lunak, perunggu, logam babbit, logam bel, logam putih, campuran logam bentukan dan perunggu fosfor adalah beberapa campuran logam yang mengandung timah.

Timah dapat menahan air laut yang telah didistilasi dan air keran, tetapi mudah terserang oleh asam yang kuat, alkali dan garam asam. Oksigen dalam suatu solusi dapat mempercepat aksi serangan kimia-kimia tersebut. Jika dipanaskan dalam udara, timah membentuk Sn2, sedikit asam, dan membentuk stannate salts dengan oksida. Garam yang paling penting adalah klorida, yang digunakan sebagai agen reduksi. Garam timah yang disemprotkan pada gelas digunakan untuk membuat lapisan konduktor listrik. Aplikasi ini telah dipakai untuk kaca mobil yang tahan beku. Kebanyakan kaca jendela sekarang ini dibuat dengan mengapungkan gelas cair di dalam timah cair untuk membentuk permukaan datar (proses Pilkington).

Baru-baru ini, campuran logam kristal timah-niobium menjadi superkonduktor pada suhu sangat rendah, menjadikannya sebagai bahan konstruksi magnet superkonduktif yang menjanjikan. Magnet tersebut, yang terbuat oleh kawat timah-niobium memiliki berat hanya beberapa kilogram tetapi dengan baterai yang kecil dapat memproduksi medan magnet hampir sama dengan kekuatan 100 ton elektromagnet yang dijalankan dengan sumber listrik yang besar.

Penanganan
Jumlah timah yang sedikit dalam makanan tidak berbahaya. Limit dalam makanan di Amerika Serikat adalah 300 mg/kg. Senyawa timah triakil dan triaril digunakan sebagai racun biologi (biocides) dan perlu ditangani secara hati-hati.

Kata Pencarian Artikel ini:

sifat timah, guna timah, sifat-sifat timah, sifat kimia timah, garam timah, maksud dari lapisan tipis timah pada baja dijadikan makanan tahan lama, timah sn, unsur kimia timah, unsur Sn
Artikel ini termasuk kategori: Tabel Periodik dan memiliki 3 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

3 Komentar untuk “Timah”

  • Jeremiah Albertus says:

    tolong tuliskan juga kegunaannya timah

  • Salam kenal pak,
    Kalo boleh tanya nih,
    kebetulan sy lg cari2 data soal timah.
    Sy saat ini lg mulai uji coba pembuatan tinplat daur ulang.
    Gambar mesin roll tinplat sdh sy dapatkan untuk me-roll baja smp ketebalan 0,18mm. Data yg sy blm dapat soal uji bahan pelapisannya beserta proses pelapisan. Apa bpk ada referensinya? jika ada mohon kiranya berbagi informasi. Untuk pelapisan seperti tinplat milik PT.LATINUSA mgk ada standard yg harus dilalui, tetapi sy disini ingin membuat tinplat mirip PT.LATINUSA tetapi tdk harus mengikuti standard tinplat PT.LATINUSA, melainkan membuat tinplat dg tekstur dan kelenturan yang hampir mirip dengan tinplat PT.LATINUSA.
    Produknya nanti sy gunakan sbg bahan baku klip kalender dinding, jadi tidak untuk kemasan kaleng makanan dll makanya tdk harus mengikuti standard SNI.
    Sy berangan2 bisa memiliki mesin klipnya dan bisa mengadakan bahan baku sendiri dg daur ulang shg tidak bergantung pada sisa potong pabrik kaleng seperti selama ini.
    Demikian sekilas infonya semoga bpk bisa membantu sy via email. Maaf apabila ada yg tidak berkenan.
    Makasih
    KLIP MANDIRI
    03216213757

  • SUGIHARTONO says:

    Mohon penjelasan dengan pemanasan pada suhu berapa? logam timah (Sn) bisa menjadi SnO2 apabila logam timah tersebut ditiup dengan udara.
    Terima kasih.

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>