Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, December 20, 2014 2:08

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Natrium

Ditulis oleh Yulianto Mohsin pada 11-08-2006

Sejarah

(Inggris, soda; Latin, sodanum, obat sakit kepala). Sebelum Davy berhasil mengisolasi unsur ini dengan cara elektrolisis soda kaustik, natrium (unsur ini disebut sodium dalam bahasa Inggris), telah dikenal dalam berbagai suatu senyawa.

Sumber
Natrium banyak ditemukan di bintang-bintang. Garis D pada spektrum matahari sangat jelas. Natrium juga merupakan elemen terbanyak keempat di bumi, terkandung sebanyak 2.6% di kerak bumi. Unsur ini merupakan unsur terbanyak dalam grup logam alkali.

Jaman sekarang ini, sodium dibuat secara komersil melalui elektrolisis fusi basah natrium klorida. Metoda ini lebih murah ketimbang mengelektrolisis natrium hidroksida, seperti yang pernah digunakan beberapa tahun lalu.

Sifat-sifat
Natrium, seperti unsur radioaktif lainnya, tidak pernah ditemukan tersendiri di alam. Natrium adalah logam keperak-perakan yang lembut dan mengapung di atas air. Tergantung pada jumlah oksida dan logam yang terkekspos pada air, natrium dapat terbakar secara spontanitas. Lazimnya unsur ini tidak terbakar pada suhu dibawah 115 derajat Celcius.

Kegunaan
Logam natrium sangat penting dalam fabrikasi senyawa ester dan dalam persiapan senyawa-senyawa organik. Logam ini dapat di gunakan untuk memperbaiki struktur beberapa campuran logam, dan untuk memurnikan logam cair.

Campuran logam natrium dan kalium, NaK, juga merupakan agen heat transfer (transfusi panas) yang penting.

Senyawa-senyawa
Senyawa yang paling banyak ditemukan adalah natrium klorida (garam dapur), tapi juga terkandung di dalam mineral-mineral lainnya seperti soda niter, amphibole, zeolite, dsb.

Senyawa natrium juga penting untuk industri-industri kertas, kaca, sabun, tekstil, minyak, kimia dan logam. Sabun biasanya merupakan garam natrium yang mengandung asam lemak tertentu. Pentingnya garam sebagai nutrisi bagi binatang telah diketahui sejak zaman purbakala.

Di antara banyak senyawa-senyawa natrium yang memiliki kepentingan industrial adalah garam dapur (NaCl), soda abu (Na2CO3), baking soda (NaHCO3), caustic soda (NaOH), Chile salpeter (NaNO3), di- dan tri-natrium fosfat, natrium tiosulfat (hypo, Na2S2O3 . 5H20) and borax (Na2B4O7 . 10H2O).

Isotop-isotop
Ada tiga belas isotop natrium. Kesemuanya tersedia di Los Alamos National Laboratory.

Penanganan
Logam natrium harus ditangani dengan hati-hati. Logam ini tidak dapat diselubungi dalam kondisi inert sehingga kontak dengan air dan bahan-bahan lainnya yang membuat natrium bereaksi harus dihindari.


Sumber
http://periodic.lanl.gov/

Kata Pencarian Artikel ini:

natrium, sifat natrium, kegunaan natrium, kegunaan unsur natrium, unsur natrium, logam natrium, kegunaan natrium tiosulfat, fungsi Natrium Tiosulfat, kegunaan logam natrium, Kegunaan senyawa natrium
Artikel ini termasuk kategori: Tabel Periodik dan memiliki 19 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

19 Komentar untuk “Natrium”

  • Aini Putri says:

    Ass. ….. WAH KEREN, AK SUKA BGT SAMa artikel kyk gini…life style kita jd bgs….mkn maju aja deh, coba dunk zat gizi yg lain…., yg bs di ambil dari tumbuhan misalnya, atau yg bisa buat kita mkn segar dan bersemangat…, apaan yah???, coba deh tampilin artikelnya, ok!! Wass…

  • hasby says:

    Manfaat natrium untuk manusia, apa ya?

  • aulia says:

    natrium diindustri dipake untu apa ya?

  • Herry says:

    Saya membuat sabun cair sendiri, seperti sunlight dengan komposisi Texapon, camperlan, EDTA, sodium sulfat, fisative, parfume,garam dapur,citrid acid, tapi hasilnya kurang memuaskan, fungsi sabun tidak berlangsung lama apabila sudah dilarutkan dalam mangkok yang berisi air serta di remas-2 dengan spon. setelah dibiarkan selama 15 menit, larutan sabun yang telah berbusa tadi berubah menjadi air, seolah-2 tidak ada kandungan sabunnya.atau dengan kata lain sabun sudah hilang. jadi mesti di tambah lagi apabila akan di pake kembali.hal tersebut yang salah dibagian mana ya?mohon penjelasannya. terima kasih.

  • engel says:

    manfaat natrium dibidang teknik sipil apa ?

    terima kasih sudah mau menjawab….

  • Zept_aje says:

    Thx u dng artikel mengenai natrium. Tapi gk da fungsi garam pd pncmpurn dng es, pd praktek pnurnan titk bku lartan!

  • rizal nurjaman says:

    chem is my…hahah sae pisan artikelna kaanggo pisan lah boss

  • nia says:

    wieuh niie bguc bget bwat tambah illmu pel.ajar indonesia . sa;lud dah . . .

  • yholay says:

    kok gambar natrium nya begini kalau nyari bentuk-bentuk zat kimia lainnya di website mana……… ?

  • Dee says:

    apakah ada pengaruhnya jika NaCl ditambahkan pada saat terjadi pemanasan,apakah dapat menahan panas?atau malah melepas panas lebih cepat menuju lingkungan?

    tolong dibantu ya

  • [...] adalah air (untuk gas-gas yang dapat larut, atau untuk pemisahan partikel debu dan tetesan cairan), natrium hidroksida (untuk gas-gas yang dapat bereaksi seperti asam) dan asam sulfat (untuk gas-gas yang [...]

  • wulan says:

    apa natrium sama dengan sodium phyrosulfit?? klo pemberian sodium phrosulfit terlalu banyak pada makanan pengaruhnya apa??
    makasih

  • Rida Arum Nariswari says:

    Terima kasih, Anda telah membantu saya dalam tugas sekolah saya!!

  • vera says:

    waa susah juga y pelajarannya…………………………………………………………………………

  • boim says:

    natrium bisa di gunakan untuk membuat petasan loooh ..
    baik buat kesehatan, diminum 3 kali sehari
    di jamin hidup anda akan menuju ke tingkat selanjutnya. apalagi jika diminum dengan air putih, bisa-bisa kepala anda menuju akhirat ….

  • eno says:

    apa manfaat natrium di air laut

  • OLIN MANU says:

    thaankkkyuuu fulll
    cukupp mmbantu saiia…..
    :)

  • Ambaria says:

    Kalau Na2SO3 untuk presipitasi zat apa? Thanx

  • ayunike Larasati says:

    fungsinya buat manusia apa yaa???
    kalo bisa dlm bahasa inggris donk….

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>