Daftar Lupa kata kunci?
Tuesday, September 23, 2014 18:21

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Argon

Ditulis oleh Redaksi chem-is-try.org pada 26-01-2008

Sejarah

Keberadaan argon di udara sudah diduga oleh Cavendish pada tahun 1785, dan ditemukan oleh Lord Raleigh dan Sir William Ramsay pada tahun 1894.

Sumber

Argon dihasilkan dari penyulingan bertingkat udara cair karena atmosfer mengandung 0.94% Argon. Atmosfer Mars mengandung 1.6% isotopĀ  Argon 40 dan sebesar 5 ppm untuk isotop Argon 36.

Sifat-sifat

Argon larut dalam air, 2.5 kali lipat daripada nitrogen, dan memiliki kelarutanĀ  yang sama dengan oksigen. Argon tidak berwarna dan tidak berbau, baik dalam bentuk gas dan cair. Argon dikenal sebagai gas inert dan tidak diketahui senyawa kimia yang dibentuknya seperti halnya krypton, xenon dan radon.

Isotop

Secara alami, Argon merupakan campuran dari 3 isotop. Diketahui 12 isotop lainnya yang bersifat radioaktif.

Kegunaan

Digunakan dalam bola lampu pijar listrik dan tabung fluoresen pada tekanan sekitar 400 Pa, tabung pengisian cahaya , tabung kilau dan lain-lain. Argon juga digunakan sebagai gas inert yang melindungi dari bunga api listrik dalam proses pengelasan, produksi titanium dan unsur reaktif lainya, dan juga sebagai lapisan pelindung dalam pembuatan kristal silikon dan germanium.

Kata Pencarian Artikel ini:

manfaat argon, kegunaan argon, gas argon, senyawa argon, unsur argon, sejarah Argon, mengapa argon belum dikenal hingga tahun 1894, sufat unsur Ar, materi tentang unsur argon, Sifat sifat argon
Artikel ini termasuk kategori: Tabel Periodik dan memiliki 4 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

4 Komentar untuk “Argon”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>