Daftar Lupa kata kunci?
Tuesday, September 2, 2014 11:07

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Penjelasan Reaksi Antara Alkena Asimetris dengan Asam Sulfat

Ditulis oleh Jim Clark pada 22-11-2007

Halaman ini memberikan panduan tentang mekanisme untuk adisi elektrofilik asam sulfat pada alkena asimetris seperti propena.

Reaksi adisi elektrofilik antara propena dan asam sulfat

Struktur asam sulfat

Bandingkan struktur asam sulfat dengan struktur hidrogen bromida:

Kita akan berfokus hanya pada salah satu dari dua hidrogen yang terdapat dalam asam sulfat karena hidrogen yang lain akan menjauh akibat ikatan rangkap dalam alkena pada saat molekul-molekul saling mendekat satu sama lain.

Pada masing-masing gambar di atas, hidrogen terikat pada sebuah unsur yang lebih elektronegatif, sehingga membawa muatan yang sedikit positif. Ini berarti bahwa atom-atom hidrogen akan berfungsi sebagai sebuah elektrofil.

Ketika asam sulfat bereaksi, seluruh bagian berarsir dari molekul tetap tinggal sebagai unit yang utuh. Yang terjadi pada unit tersebut persis sama seperti yang terjadi pada bromin dalam reaksi yang melibatkan HBr.

Mekanisme

Ingat bahwa bagian aktif dari ikatan rangkap adalah ikatan pi yang terletak pada sebuah orbital di atas dan di bawah bidang luar molekul. Ikatan pi sangat rentan terhadap serangan.

Atom hidrogen yang sedikit bermuatan positif dalam asam sulfat bertindak sebagai sebuah elektrofil, dan tertarik kuat ke elektron-elektron dalam ikatan pi.

Pada saat asam sulfat mendekati ikatan pi, elektron-elektron dalam ikatan tersebut terdorong ke arah atom hidrogen yang sedikit bermuatan positif. Ini mendesak elektron-elektron dalam ikatan hidrogen-oksigen menuju ke arah atom oksigen.

Pergerakan elektron terus terjadi sampai sebuah ikatan baru terbentuk antara salah satu atom karbon dengan hidrogen. Sekarang oksigen memiliki kedua elektron dari ikatan H-O, sehingga bermuatan negatif.

Yang menjadi permasalahan adalah ada dua kemungkinan arah pergerakan elektron-elektron ikatan pi.

Elektron-elektron ini bisa membentuk sebuah ikatan antara hidrogen dengan karbon di sebelah kiri:

atau mereka bisa membentuk sebuah ikatan dengan karbon di sebelah kanan:

Yang lebih sering terjadi adalah mekanisme ke-dua di atas. Dalam hal ini, sebuah karbokation sekunder terbentuk – karbokation ini lebih stabil dari segi energi dbanding karbokation primer yang terbentuk pada kemungkinan pertama.

Karena ion karbokation sekunder lebih stabil dari segi energi, maka dia akan terbentuk lebih mudah sehingga reaksi memerlukan lebih sedikit energi aktivasi – sehingga terbentuk lebih cepat.

Jika ion-ion telah terbentuk, pasangan elektron bebas pada ion bromida akan tertarik kuat ke arah atom karbon positif. Pasangan elektron ini bergerak ke arahnya dan membentuk sebuah ikatan.

Sehingga mekanisme lengkapnya adalah:

Artikel ini termasuk kategori: Reaksi Adisi Elektrofilik dan memiliki 4 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

4 Komentar untuk “Penjelasan Reaksi Antara Alkena Asimetris dengan Asam Sulfat”

  • artikel mas sangat buruk sekali sulit untuk di mengerti

  • Lita says:

    Apakah yang menulis artikel ini Jim Clark sendiri, yang membuat Chemguide.co.uk?
    Jika ya, saya harus angkat topi untuk artikel berbahasa Indonesia ini.
    Walaupun begitu, saya lebih suka membaca tulisannya yang berbahasa Inggris.

    Menurut saya artikel ini tidak buruk, namun bukan untuk pembaca yang tidak familiar dengan A-level chemistry.

    • Redaksi chem-is-try.org says:

      Tulisan ini adalah tulisan dari Jim Clark dalam bahasa Inggris yg membuat Chemguide.co.uk, dan diterjemahkan oleh redaksi chem-is-try.org dengan ijin langsung dari beliau.

      Dengan artikel ini kita bisa melihat perbedaan cara pembahasan pelajaran kimia antara silabus A-level chemistry dan silabus Indonesia. Semoga bisa memberikan pencerahan kepada seluruh pelajar di Indonesia

  • sigit says:

    Menurutku malah sangat baik, apalagi kalau bahasa inggrisnya masih terbatas. Good boy he he he

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>