Daftar Lupa kata kunci?
Friday, May 26, 2017 11:28

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Ikatan Hidrogen

Kata Kunci:
Ditulis oleh Budi Utami pada 02-01-2012

Antara molekul-molekul yang sangat polar dan mengandung atom hidrogen terjadi ikatan hidrogen. Titik didih senyawa “hidrida” dari unsur-unsur golongan IVA, VA, VIA, dan VIIA, diberikan pada gambar

Titik didih senyawa hidrida dari unsur-unsur golongan IVA, VA, VIA, dan VIIA. Sumber: Chemistry, The Molecular Nature of Matter and Change, Martin S. Silberberg. 2000.

Perilaku normal ditunjukkan oleh senyawa hidrida dari unsur-unsur golongan IVA, yaitu titik didih meningkat sesuai dengan penambahan massa molekul. Kecenderungan itu sesuai dengan yang diharapkan karena dari CH4 ke SnH4 massa molekul relatif meningkat, sehingga gaya Van der Waals juga makin kuat. Akan tetapi, ada beberapa pengecualian seperti yang terlihat pada gambar, yaitu HF, H2O, dan NH3. Ketiga senyawa itu mempunyai titik didih yang luar biasa tinggi dibandingkan anggota lain dalam kelompoknya. Fakta itu menunjukkan adanya gaya tarik-menarik antarmolekul yang sangat kuat dalam senyawa-senyawa tersebut. Walaupun molekul HF, H2O, dan NH3 bersifat polar, gaya dipol-dipolnya tidak cukup kuat untuk menerangkan titik didih yang mencolok tinggi itu.

Perilaku yang luar biasa dari senyawa-senyawa yang disebutkan di atas disebabkan oleh ikatan lain yang disebut ikatan hidrogen (James E. Brady, 2000). Oleh karena unsur F, O, dan N sangat elektronegatif, maka ikatan F – H, O – H, dan N – H sangat polar, atom H dalam senyawa-senyawa itu sangat positif. Akibatnya, atom H dari satu molekul terikat kuat pada atom unsur yang sangat elektronegatif (F, O, atau N) dari molekul tetangganya melalui pasangan elektron bebas pada atom unsur berkeelektronegatifan besar itu. Ikatan hidrogen dalam H2O disajikan pada gambar :

Molekul polar air (kiri) dan ikatan hidrogen pada air (kanan). Sumber: Chemistry, The Molecular Nature of Matter and Change, Martin S. Silberberg. 2000.

Kata Pencarian Artikel ini:

Kelompok senyawa yang mempunyai ikatan hidrogen, kelompok senyawa yang mempunyai ikatan hidrogen adalah, kelompok senyawa ikatan hidrogen, Kelompok senyawa yang memiliki ikatan hidrogen, grafik titik didih ikatan hidrogen, senyawa-senyawa yang mempunyai ikatan hidrogen, senyawa ikatan hidroge n, menentukan ikatan hidrogen berdasarkan grafik titik didih, menentukan ikatan hidrida dari grafik, apakah zat Hf terdapat ikatan hidrogen?
Artikel ini termasuk kategori: Kelas 2 dan memiliki 3 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

3 Komentar untuk “Ikatan Hidrogen”

  • Sugiarto surya otto says:

    hai guys aku sangat senang dengan adanya keberadaan web ini pengen deh rasanya nangis

  • Saya senang bisa bereksperimen bersama,terutama terkait unsur Hidrogen. Energi dari Hidrogen sangat berlimpah, bisakah ini kita manfaatkan? Adakah orang Indonesia yang sudah meneliti? Keberadaan Hidrogen di Bumi tetap atau berubah-ubah jumlahnya?

  • Elsi Langgu says:

    Saya senang bisa belajar banyak tentang ikatan hidrogen lewat media ini.Saya sangat diuntungkan karena kebetulan kami lagi belajar mengenai ikatan hidrogen. Menambah wawasan saya.
    Terima kasih :)

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>