Daftar Lupa kata kunci?
Thursday, December 18, 2014 14:27

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Kegunaan Minyak Bumi

Kata Kunci:
Ditulis oleh Sukarmin pada 03-07-2009

Kegunaan fraksi-fraksi yang diperoleh dari minyak bumi terkait dengan sifat fisisnya seperti titik didih dan viskositas, dan juga sifat kimianya.

52

Bensin

Bensin merupakan bahan bakar transportasi yang masih memegang peranan penting sampai saat ini. Bensin mengandung lebih dari 500 jenis hidrokarbon yang memiliki rantai C5-C10. Kadarnya bervariasi tergantung komposisi minyak mentah dan kualitas yang diinginkan. Lalu, bagaimana sebenarnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar?

Bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor

Oleh karena bensin hanya terbakar dalam fase uap, maka bensin harus diuapkan dalam karburator sebelum dibakar dalam silinder mesin kendaraan. Energi yang dihasilkan dari proses pembakaran bensin diubah menjadi gerak melalui tahapan sebagai berikut.

Pembakaran bensin yang diinginkan adalah yang menghasilkan dorongan yang mulus terhadap penurunan piston. Hal ini tergantung dari ketepatan waktu pembakaran agar jumlah energi yang ditransfer ke piston menjadi maksimum. Ketepatan waktu pembakaran tergantung dari jenis rantai hidrokarbon yang selanjutnya akan menentukan kualitas bensin. -Alkana rantai lurus dalam bensin seperti n-heptana, n-oktana, dan n­-nonana sangat mudah terbakar. Hal ini menyebabkan pembakaran terjadi terlalu awal sebelum piston mencapai posisi yang tepat. Akibatnya timbul bunyi ledakan yang dikenal sebagai ketukan (knocking). Pembakaran terlalu awal juga berarti ada sisa komponen bensin yang belum terbakar sehingga energi yang ditransfer ke piston tidak maksimum. -Alkana rantai bercabang/alisiklik/aromatik dalam bensin seperti isooktana tidak terlalu mudah terbakar. Jadi, lebih sedikit ketukan yang dihasilkan, dan energi yang ditransfer ke piston lebih besar.

Oleh karena itu, bensin dengan kualitas yang baik harus mengandung lebih banyak alkana rantai bercabang/alisiklik/aromatik dibandingkan alkana rantai lurus. Kualitas bensin ini dinyatakan oleh bilangan oktan.

Kata Pencarian Artikel ini:

kegunaan minyak bumi, penggunaan minyak bumi, manfaat minyak bumi, fraksi minyak bumi dan kegunaannya, fraksi-fraksi minyak bumi dan kegunaannya, kegunaan minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari, manfaat minyak bumi bagi kehidupan, minyak bumi dan kegunaannya, fungsi minyak bumi, manfaat minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari
Artikel ini termasuk kategori: Minyak Bumi dan memiliki 3 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

3 Komentar untuk “Kegunaan Minyak Bumi”

  • buchori says:

    sip jos, lebih detail percontoan kongkrit pada material sehari hari agar tau bahwa aplikasinya luas banget.

  • BY. Supriyatno says:

    Banyak salah pengertian perihal produk-produk minyak bumi, sebagai misal naphtha. Naphtha adalah merupakan fraksi dari hasil distilasi minyak bumi dan merupakan komponen untuk pembuatan bensin jadi terbalik pengertiannya.
    Bensin dibuat disamping dari komponen naphtha namun juga dicampur dengan platformate yang merupakan proses lanjut dari heavy naphtha yang di proses di Unit Platformer di unit tersebut terjadi reaksi Dehydro Cyclisasi, Hydro cracking dan hydrogenasi, Hydroisomerisasi dll, sehingga mempunyai oktan yang tinggi. Nah itu merupakan campuran untuk pembuatan bensin tanpa timbal. Dulu dicampur dengan Tetra Ethyl Lead ( TEL) sekarang kan gak boleh tho.

  • brmamfaat ne
    bwt tugas q
    thanks ya

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>