Daftar Lupa kata kunci?
Monday, December 22, 2014 10:22

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Bilangan Oktan

Ditulis oleh Sukarmin pada 06-07-2009

Bilangan oktan (octane number) merupakan ukuran dari kemampuan bahan bakar untuk mengatasi ketukan sewaktu terbakar dalam mesin. Nilai bilangan oktan 0 ditetapkan untuk n-heptana yang mudah terbakar, dan nilai 100 untuk isooktana yang tidak mudah terbakar. Suatu campuran 30% n­heptana dan 70% isooktana akan mempunyai bilangan oktan:

= (30/100 x 0) + (70/100 x 100)

= 70

Bilangan oktan suatu bensin dapat ditentukan melalui uji pembakaran sampel bensin untuk memperoleh karakteristik pembakarannya. Karakteristik tersebut kemudian dibandingkan dengan karakteristik pembakaran dari berbagai campuran n-heptana dan isooktana. Jika ada karakteristik yang sesuai, maka kadar isooktana dalam campuran n-heptana dan isooktana tersebut digunakan untuk menyatakan nilai bilangan oktan dari bensin yang diuji.

Fraksi bensin dari menara distilasi umumnya mempunyai bilangan oktan ~70. Untuk menaikkan nilai bilangan oktan tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

-Mengubah hidrokarbon rantai lurus dalam fraksi bensin menjadi hidrokarbon rantai bercabang melalui proses reforming Contohnya mengubah n-oktana menjadi isooktana.

53

-Menambahkan hidrokarbon alisiklik/aromatik ke dalam campuran akhir fraksi bensin.

-Menambahkan aditif anti ketukan ke dalam bensin untuk memperlambat pembakaran bensin. Dulu digunakan senyawa timbal (Pb). Oleh karena Pb bersifat racun, maka penggunaannya sudah dilarang dan diganti dengan senyawa organik, seperti etanol dan MTBE (Methyl Tertiary Butyl Ether).

Kata Pencarian Artikel ini:

bilangan oktan, pengertian bilangan oktan, angka oktan, cara menaikkan bilangan oktan, Bilangan oktan adalah, membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya, cara menaikan bilangan oktan, cara menghitung bilangan oktan, bilangan oktan pada bensin, perbedaan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya
Artikel ini termasuk kategori: Minyak Bumi dan memiliki 14 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

14 Komentar untuk “Bilangan Oktan”

  • MADON says:

    dr tulisan di atas, ada bebrapa cara utk menaikan angka oktane, yaitu ratai lurus menjadi rantai cabang
    di tambah senyawa aromatik dan di tambah alkohol.
    apakah senyawa aromatik seperti toluene bisa menaikan angka octane ?dan juga Etanol bisa menaikan angka oktane ?, tetapi kayaknya tdk gencar amat di dengar di pasaran,apakah dg menambah metanol harga bensin tambah naik pula

    • cin says:

      bisa, premium dicampur dengan ethanol untuk mendapatkan pertamax, dan premium dicampur dengan toluene untuk mendapatkan pertamax plus.

      Tapi proses keduanya tidak hanya dengan mengoplos saja, namun membutuhkan proses reforming yg dibantu dengan katalis tertentu.

  • SuheriFauzan says:

    wah, bagus juga artikelnya. Mau tanya donk semakin tinggi bilangan oktan suatu bahan bakar semakin baik atau sebaliknya. Trus apa pengaruhnya terhadap mesin?

  • Tuankimia says:

    Di situ tertulis, isooktana tidak mudah terbakar, sedangkan n-heptana mudah terbakar. Ini apa tidak terbalik?

    Jika bahan bakar dikatakan memiliki bilangan oktan yang semakin tinggi, maka akan semakin tidak terjadi ketukan pada mesin. Sedangkan ketukan terjadi karena ada bahan bakar yang tidak seluruhnya terbakar. Ini artinya, nilai oktan bergantung pada komposisi bahan bakar yang mudah terbakar.

    • ari says:

      Ketukan bukan disebabkan bahan-bakar yg tidak seluruhnya terbakar, tapi justru disebabkan bahan-bakar yg telah terbakar sebelum waktunya (ingat siklus mesin bensin).

  • dwina says:

    Kimia I like it

  • Hanifan says:

    saya mau tanya apakah iso-oktana merupakan tolak ukur bilangan oktan.

    Contoh: jika suatu bahan bakar mempunyai bilangan oktan 78 apakah pasti iso-oktananya 78% menurut saya tidak 78 nilai oktannya berarti bensin itu kualitasnya setara dengan bensin yang mengandung bilangan oktan 78%

  • Yuusuke Kudo says:

    Situs pelajaran seperti ini sangat bagus..Kalau bisa di lengkapi lagi

  • Atikazahro says:

    mau tanya kenapa 2,2,4-trimetilheksana disebut dengan isooktana?tolong beri alasan!

  • Togi Nancy says:

    hmm,, apa saja y mengakibatkan ketukan it trjadi,.??

    n ap saja cara utk mngatasi ketukan,.??

  • Zaqi says:

    kalau yang mempunyai nilai oktan 120 bagaimana menghitung n-heptana dan isooktananya..?
    tolong penjelasannya…

  • brigita cicilia says:

    mau tanya
    1. pengertian angka oktan 0.
    2. pengertian bahan bakar yang baik berdasarkan angka oktan.
    3. rumus bensin.
    terima kasih

  • isti says:

    Terimakasih :)

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>