Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, December 20, 2014 17:47

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Tata Nama Alkana

Ditulis oleh Sukarmin pada 02-10-2009

Perbedaan rumus struktur alkana dengan jumlah C yang sama akan menyebabkan berbedaan sifat alkana yang bersangkutan. Banyaknya kemungkinan struktur senyawa karbon, menyebabkan perlunya pemberian nama yang dapat menunjukkan jumlah atom C dan rumus strukturnya. Aturan pemberian nama hidrokarbon telah dikeluarkan oleh IUPAC agar dapat digunakan secara internasional.

Aturan tata nama alkana

1. Rantai tidak bercabang (lurus) Jika rantai karbon terdiri dari 4 atom karbon atau lebih, maka nama alkana diberi alawal n- (normal)

CH3 CH2 CH2 CH2 CH3 = n-pentana

2. Jika rantai karbon bercabang, maka:

a.  Tentukan rantai induk, yaitu rantai karbon terpanjang dari ujung satu ke ujung yang lain. Rantai induk diberi nama alkana.

15

rantai induk terdiri dari 6 atom C, sehingga diberi nama heksana

b. Penomoran.            Berilan nomor pada rantai induk dari ujung terdekat cabang.

16

Jika nomor dari bawah, maka cabang ada di nomor 3. tetapi jika dari kanan, maka cabang ada di nomor 4. Sehingga dipilih penomoran dari ujung bawah.

c.         Tentukan cabang, yaitu atom C yang yang terikat pada rantai induk. Cabang merupakan gugus alkil dan beri nama alkil sesuai struktur alkilnya. Perhatikan beberapa gugus alkil berikut:

d. Tabel 3. Nama Alkil

17

18

e.         Urutan penulisan nama. Urutan penulisan nama untuk alkana bercabang: Nomor cabang-nama cabang nama rantai induk:

Nama untuk struktur di atas adalah: 3-metilheksana

-jika terdapat lebih dari satu alkil sejenis, maka tulis nonor-nonor cabang dari alkil sejenis dan beri awalan alkil dengan di, tri, tetra, penta dan seterusnya sesuai dengan jumlah alkil sejenis.

19

-Jika terdapat dua atau lebih jenis alkil, maka nama-mana alkil disusun menurut abjad.

20

3. Tambahan untuk penomoran khusus

a.  Jika terdapat beberapa pilihan rantai induk yang sama panjang, maka pilih rantai induk yang mempunyai cabang lebih terbanyak.

21

Rantai induk = 5 atom C Rantai induk = 5 atom C

Cabang = 2 (metil dan etil) Cabang = 1 (isopropil)

Sehingga yang dipilih adalah struktur yang pertama : 3-etil-2-metilpentana

b. Gugus alkil dengan jumlah atom C lebih banyak diberi nomor yang lebih kecil.

22

Dari kiri, nomor 3 terdapat cabang etil
Dari kanan, nomor 3 terdapat cabang metil.
Sehingga yang dipilih adalah penomoran dari kiri: 3-etil-4metilpentana.

Kata Pencarian Artikel ini:

tata nama alkana, tata nama senyawa alkana, tatanama alkana, tata nama senyawa hidrokarbon, tata nama alkil, tata nama hidrokarbon, Aturan tata nama alkana, urutan alkana, pengertian isopropil, struktur isopropil
Artikel ini termasuk kategori: Hidrokarbon dan memiliki 29 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

29 Komentar untuk “Tata Nama Alkana”

  • lhienaaa says:

    pgen nya isomer dari c6 h14 brp

  • lhienaaa says:

    Rumuss struktur drii senyawa”;
    A.2,3-dimetil-1-pentana
    B. cis 1,2-dikloro-1-propena
    C. Trans 2-butena

    Secpty yc dijwb

  • Januar says:

    kk Kalo Rumus
    a.3 etil heksana
    b.2,3,4-trimetil pentana
    c.4-etil 2,4-dimetil oktana
    d.3,6-dietil-3,4,5,7-tetrametil-5-propil nonana
    e.iso heksana
    f.iso oktana
    g.neopentana

    D Jawab Secepatnya ya kk..
    Sekian Terima Kasih..

  • Januar says:

    CH3-CH-CH2-CH2-CH3 :
    |
    CH3

    CH3-CH-CH2-CH2-CH-CH3 :
    | |
    CH3 CH3

    CH3
    |
    CH3-CH-C-CH2-CH2-CH3 :
    | |
    CH3 CH3

    CH3
    |
    CH3-CH-C-CH2-CH2-CH3 :
    | |
    CH3 CH2
    |
    CH3

    soalnya berilah nama pada senyawa berikut ini..
    Tolong D Jawab Secepatnya ya kk..

  • ayu says:

    a.2-heksana
    b.2-metil-3-oktana
    c.2,3-dimetil-2-heptana
    cara pnyelesainnya gmn?

  • Gde Khrizna A.S says:

    Penamaan Struktur pada bagian ( b. Gugus alkil dengan jumlah atom C lebih banyak diberi nomor yang lebih kecil. )
    bukan 3-etil-4metilpentana. tetapi 3-etil-4metilHeksana karena atom C pada Rantai Induk terdapat 6 buah.

    Thankz.

  • IGAM DIMITA says:

    artikel diatas, tulisan paling akhir, bukannya 3-etil-4-metilheksana. tolong konfirmasinya. trim’s

  • Alhamdulillah. Ternyata belajar sendiri lebih mengasyikkan dan saya lebih mengerti. Terlebih lagi dengan adanya blog ini, sumpaaahhhhh banget!!! aku jadi ngerti. Penjelasannya mudah dipahami. Gak bisa lima belas menit saya baca, saya langsung ngerti. Beda banget waktu satu setengah jam pelajaran saya belajar kimia di kelas, nggak ngerti-ngerti. Sumpahhh deh, sebelum saya pelajari ini, saya kagak bisa jawa soal kimia tentang seyawa hidrokarbon sama sekali. Saran saya lebih banyak diposting lagi yah, materi senyawa hidrokarbonnya. Biar saya ngerti. Terima Kasih. :)

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>