Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, April 19, 2014 9:01

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Reaksi Eliminasi dan Rangkuman

Ditulis oleh Ratna dkk pada 06-01-2010

Reaksi eliminasi

Reaksi eliminasi kebalikan dari reaksi adisi. Pada reaksi ini molekul senyawa yang berikatan tunggal (ikatan jenuh) berubah menjadi senyawa berikatan rangkap (ikatan tak jenuh) dengan melepaskan molekul yang kecil.

Mekanismenya :

mekanisme

Bila suatu alkil halida diolah dengan suatu basa kuat, dapat terjadi suatu reaksi eliminasi. Dalam reaksi ini sebuah molekul kehilangan atom-atom atau ion-ion dari struktur-strukturnya. Produk organik suatu reaksi eliminasi suatu alkil halida adalah suatu alkena. Dalam suatu tipe reaksi eliminasi ini, unsur H dan X keluar dari dalam alkil halida; oleh karena itu reaksi ini disebut reaksi dehidrohalogenasi. (awalan de- berarti “minus” atau “hilangnya”).

reaksi_eliminasi

Beberapa reaksi eliminasi

a.  Reaksi dehidrogenasi (pelepasan Hidrogen)

b.  Reaksi dehidrasi (pelepasan air)

c.  Reaksi dehidrohalogenasi

RANGKUMAN

Atom karbon dengan nomor atom 6 mempunyai susunan elektron K = 2, L = 4, jadi mempunyai 4 elektron valensi dan dapat membentuk empat ikatan kovalen, serta dapat digambarkan dengan rumus Lewis sebagai berikut, umpamanya untuk CH4.

Dalam bidang kimia, hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri dari unsur karbon (C) dan hidrogen (H). Seluruh hidrokarbon memiliki rantai karbon dan atom-atom hidrogen yang berikatan dengan rantai tersebut. Istilah tersebut digunakan juga sebagai pengertian dari hidrokarbon alifatik. Bagian dari ilmu kimia yang membahas senyawa hidrokarbon disebut kimia karbon.

Pada dasarnya terdapat tiga jenis hidrokarbon:

-         Hidrokarbon aromatik, mempunyai setidaknya satu cincin aromatik

-         Hidrokarbon jenuh, juga disebut alkana, yang tidak memiliki ikatan rangkap atau aromatik.

-         Hidrokarbon tak jenuh, yang memiliki satu atau lebih ikatan rangkap antara atom-atom karbon, yang dibagi menjadi:

  • Alkena
  • Alkuna

Tiap-tiap atom karbon tersebut dapat mengikat empat atom lain atau maksimum hanya 4 buah atom hidrogen. Jumlah atom hidrogen dapat ditentukan dari jenis hidrokarbonnya.

-         Alkana: CnH2n+2

-         Alkena: CnH2n

-         Alkuna: CnH2n-2

-         Hidrokarbon siklis: CnH2n

Kata Pencarian Artikel ini:

reaksi eliminasi, reaksi eliminasi adalah, contoh reaksi eliminasi, reaksi eliminasi kimia, pengertian reaksi eliminasi, REAKSI eleminasi, bagaimana eliminasi dapat terjadi, Eliminasi kimia, reaksi eliminasi pembuatan alkena, eliminasi pencemaran lingkungan
Artikel ini termasuk kategori: Kelas XI dan memiliki 5 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

5 Komentar untuk “Reaksi Eliminasi dan Rangkuman”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>