Daftar Lupa kata kunci?
Friday, April 25, 2014 1:03

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Nomor Atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar dan Isoton

Ditulis oleh Ratna dkk pada 13-04-2009

Telah diketahui bahwa penemu sinar x adalah Rontgen. Sinar x terjadi ketika sinar katoda yang berupa elektron berkecepatan tinggi menumbuk elektroda tembaga. Akibat tumbukan tersebut, tembaga melepaskan elektron terluarnya dan tempat elektron yang kosong ini selanjutnya diisi oleh elektron tembaga dari tingkat energi lain yang lebih tinggi. Pengisian tempat kosong oleh elektron tembaga dari tingkat energi yang lebih tinggi menyebabkan terjadinya pemancaran radiasi. Radiasi ini oleh Rontgen disebut sebagai sinar x.

Pemahaman mengenai inti atom selanjutnya dijelaskan oleh percobaan Moseley. Moseley melakukan penelitian untuk mengukur panjang gelombang sinar x berbagai unsur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap unsur memancarkan radiasi sinar x dengan panjang gelombang yang khas. Panjang gelombang yang dihasilkan tergantung pada jumlah ion positif didalam inti atom. Penelitian juga menunjukkan bahwa inti atom mempunyai muatan yang berharga kelipatan dari +1,6×10-9C. Moseley selanjutnya menyebut jumlah proton dalam atom adalah nomor atom.

Tabung sinar X

Tabung sinar X

Wilhelm Conrad Rontgen

Wilhelm Conrad Rontgen

Nomor Atom dan Nomor Massa

Inti atom mengandung proton dan netron. Nomor atom sama dengan jumlah proton didalam inti atom sedangkan nomor massa sama dengan jumlah proton dan netron didalam inti atom. Notasi untuk menyatakan susunan inti atom yaitu proton dan netron dialam inti atom dapat dinyatakan sebagai berikut:

rm41

rm51

Isotop

Isotop adalah atom unsur sama dengan nomor massa berbeda. Isotop dapat juga dikatakan sebagai atom unsur yang mempunyai nomor atom sama tetapi mempunyai nomor massa berbeda karena setiap unsur mempunyai nomor atom yang berbeda. Karbon merupakan contoh adanya isotop.

rm61

Setiap karbon mempunyai nomor atom 6 tetapi nomor massanya berbeda-beda. Dari contoh tersebut dapat dikatakan bahwa walaupun unsurnya sama belum tentu nomor massanya sama.

Isobar dan Isoton

Isobar adalah atom unsur yang berbeda tetapi mempunyai nomor massa sama. Isobar dapat dimengerti dengan melihat contoh berupa rm111 dengan rm9 yang memiliki nomor massa sebesar 24. Sedangkan isoton adalaha tom unsur yang berbeda tetapi mempunyai jumlah netron yang sama. Contoh isoton adalah  rm10 yang sama-sama memiliki jumlah neutron 20.

Kata Pencarian Artikel ini:

nomor atom dan nomor massa, isotop isobar isoton, arti isotop, nomor massa, nomor massa dan nomor atom, contoh isotop, pengertian isotop isobar dan isoton, contoh isoton, nomor atom dan massa atom, notasi atom
Artikel ini termasuk kategori: Kelas X dan memiliki 34 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

34 Komentar untuk “Nomor Atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar dan Isoton”

  • yanuardi says:

    o………………….
    perbedaan isotop, isoton dan isobar yaitu

    isotop adalah atom unsur sama dengan nomor massa berbeda. Isotop dapat juga dikatakan sebagai atom unsur yang mempunyai nomor atom sama tetapi mempunyai nomor massa berbeda karena setiap unsur mempunyai nomor atom yang berbeda

    isoton adalah atom unsur yang berbeda tetapi mempunyai nomor massa sama. Contoh isoton adalah rm10 yang sama-sama memiliki jumlah neutron 20.

    Isobar dapat dimengerti dengan melihat contoh berupa rm111 dengan rm9 yang memiliki nomor massa sebesar 24tom unsur yang berbeda tetapi mempunyai jumlah netron yang sama.

  • fahr says:

    @yanuardi: kebalik mas, isoton memiliki jumlah netron yang sama, sedangkan isobar nomor massa yang sama.

  • cinta says:

    tu contoh tolong ditambah isoton jdi 5 isotop jdi 5 isobar jdi 5…

  • Artupas says:

    Mau tanya yang dimaksud nomor atom itu jumlah proton dalam inti atom, atau jumlah proton dan elektron dalam inti atom?? soalnya di beberapa sumber disebutkan kalau nomor atom itu jumlah proton dalam ini atom saja. Terima Kasih

  • Hehehe says:

    yg di atas tuh pasti pada nyari pr… Kan saya juga sama, hehehe…

  • Putry says:

    Mmm
    gw mw nnya nech
    d isobar tu jumlh nmr massa yg sma tw jmlh neutron na

  • tia says:

    contoh senyawa nya kurang lengkap deh . tolong d.tambahin lagi dong …

  • silvia siti zulfikar says:

    hmmmmm tentang isoban isotop isoton cukup lengkap v kurangggggggggggggsedikit

  • harma says:

    saya mau tanya apakah perbedaan antara nomor massa sebuah atom dan massa atom nyatanya ?

    • HAJAR SYUKUR '하잘슈굴' (@hjr07114) says:

      iya harma sama saya juga lagi cari jawaban dari soal dosen saya,, mohon di bantu yah jika ada yang tau

      apakah beda antara nomor massa sebuah atom dan massa atom dan massa atom nyatanya?

  • alfian a says:

    Apa contoh soal dalam materi isotop,isoton.isobar?

  • bokep says:

    terima kasih telaso fuck you!!!!!!!!!!!!! salam jau dari frengky^_^

  • Alamsyah says:

    I like it

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>