Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, April 29, 2017 1:43

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Oksida Belerang (SO2 dan SO3)

Ditulis oleh Budi Utami pada 08-08-2011

Gas belerang dioksida (SO2) mempunyai sifat tidak berwarna, tetapi berbau sangat menyengat dan dapat menyesakkan napas meskipun dalam kadar rendah. Gas ini dihasilkan dari oksidasi atau pembakaran belerang yang terlarut dalam bahan bakar miyak bumi serta dari pembakaran belerang yang terkandung dalam bijih logam yang diproses pada industri pertambangan. Penyebab terbesar berlebihnya kadar oksida belerang di udara adalah pada pembakaran batu bara.

Akibat yang ditimbulkan oleh berlebihnya oksida belerang memang tidak secara langsung dirasakan oleh manusia, akan tetapi menyebabkan terjadinya hujan asam. Proses terjadinya hujan asam dapat dijelaskan dengan reaksi berikut.

1. Pembentukan asam sulfit di udara lembap
 SO_{2}(g) + H_{2}O(l) \rightleftharpoons H_{2} SO_{3} (aq)
2. Gas SO2 dapat bereaksi dengan oksigen di udara
 2 SO_{2}(g) + O_{2}(g) \rightleftharpoons 2 SO_{3}(g)
3. Gas SO3 mudah larut dalam air, di udara lembap membentuk asam sulfat yang lebih berbahaya daripada SO2 dan H2SO3
 2 SO_{3}(g) + H_{2}O(l) \rightleftharpoons H_{2} SO_{4} (aq)

Hujan yang banyak mengandung asam sulfat ini memiliki pH < 5, sehingga menyebabkan sangat korosif terhadap logam dan berbahaya bagi kesehatan. Di samping menyebabkan hujan asam, oksida belerang baik SO2 maupun SO3 yang terserap ke dalam alat pernapasan masuk ke paru-paru juga akan membentuk asam sulfit dan asam sulfat yang sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan, khususnya paru-paru.

Kata Pencarian Artikel ini:

oksida belerang, belerang dioksida, so2 adalah, gas SO2, GAS BELERANG, dampak oksida belerang, nama senyawa so2, oksidasi belerang, pengertian so2, gas so3
Artikel ini termasuk kategori: Kimia SMA-MA, Minyak Bumi dan memiliki 1 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

1 Komentar untuk “Oksida Belerang (SO2 dan SO3)”

  • ngeri, juga ya SO2…
    apa ini juga dihasilkan pabrik tertentu, misal pabrik Pupuk, soalnya didaerah saya ada pabrik Pupuk yang baunya minta ampun, sehingga menggagu orang lewat dijalan raya, padahal angin sangat kencang.

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>