Daftar Lupa kata kunci?
Tuesday, September 2, 2014 6:15

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Contoh Penggunaan Senyawa Hidrokarbon dalam Berbagai Bidang

Ditulis oleh Budi Utami pada 29-07-2011

Bidang Pangan

Beberapa bahan kimia hanya terdiri dari karbon dan hidrogen (hidrokarbon). Hidrokarbon digunakan dalam industri, khususnya pada industri petroleum dan aspal cair. Energi kimia tersimpan dalam hidrokarbon, unsur-unsur penyusunnya adalah karbon dan hidrogen. Hidrokarbon memperoleh energi dari matahari saat tumbuh-tumbuhan menggunakan sinar matahari selama proses fotosintesis untuk menghasilkan glukosa (makanan). (www.encarta.msn.com)

Glukosa, karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa. Gula ini kemudian oleh sel dioksidasi (dibakar) dengan bantuan oksigen yang kita hirup menjadi energi dan gas CO2 dalam bentuk respirasi (pernapasan). Energi yang dihasilkan dan tidak digunakan akan disimpan di bawah jaringan kulit dalam bentuk lemak. Reaksi pembakaran gula dalam tubuh:

C6H12O6( gula) + 6 O2 (udara yang dihirup) –> Energi + 6 CO2(udara yang dikeluarkan) + 6 H2O(keringat atau air seni)

Berbagai macam kegiatan yang membutuhkan energi dalam tubuh. Sumber: Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2006.

Bidang Sandang

Senyawa-senyawa turunan hi-drokarbon yang berperan di bidang pakaian, antara lain kapas, wol (merupakan suatu protein), sutra (protein), nilon (polimer), dan serat sintetis.

Senyawa turunan hidrokarbon dalam industri tekstil. Sumber: Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2006.

Bidang Papan

Bidang papan, senyawa turunan hidrokarbon yang berperan, antara lain selulosa, kayu, lignin, dan polimer.

Penggunaan senyawa turunan hidrokarbon dalam bidang papan. Sumber: Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2006

Bidang Perdagangan

Minyak bumi merupakan senyawa hidrokarbon yang menjadi komoditi perdagangan yang sangat penting bagi dunia karena minyak bumi merupakan salah satu sumber energi yang paling utama saat ini. Negara-negara di dunia penghasil minyak bumi membentuk organisasi antarnegara penghasil minyak bumi yang diberi nama OPEC (Organization of Petrolleum Exporting Country). Hasil penyulingan minyak bumi banyak menghasilkan senyawa-senyawa hidrokarbon yang sangat penting bagi kehidupan manusia, seperti bensin, petroleum eter (minyak tanah), gas elpiji, minyak pelumas, lilin, dan aspal.

Bidang Seni dan Estetika

Di bidang seni, senyawa hidrokarbon yang sering dipakai, antara lain lilin (wax) untuk melapisi suatu karya pahat agar tampak lebih mengkilat. Bahkan ada seniman yang membuat patung dari lilin dengan cara memadatkan lilin dalam ukuran besar kemudian dipahat atau diukir sesuai  keinginan sang seniman. selain itu juga ada seni pewarnaan, baik pada kain maupun benda-benda lain menggunakan senyawa-senyawa kimia. Bahan-bahan yang dilapisi dengan lilin akan tampak lebih menarik dan di samping itu juga akan terhindar dari air karena air tidak dapat bereaksi dengan lilin karena perbedaan kepolaran.

Patung grup musik Beatles (museum lilin Madame Tausad’s London) terbuat dari lilin. Sumber: Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2006.

Kata Pencarian Artikel ini:

contoh hidrokarbon, Contoh senyawa hidrokarbon, penggunaan hidrokarbon, Kegunaan senyawa cooh, 3 contoh kegunaan senyawa karbon dalam bidang pangan sandang papan, contoh kegunaan senyawa karbon dalam bidang pangan, contoh kegunaan senyawa karbon dalam bidang pangan sandang papan, kegunaan hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika, 3 contoh kegunaan senyawa karbon dalam bidang pangan, hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>