Daftar Lupa kata kunci?
Monday, December 22, 2014 17:35

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Polimer Berdasarkan Jenis Monomernya

Ditulis oleh Utiya Azizah pada 18-04-2009

Berdasarkan jenis monomernya, polimer dibedakan atas homopolimer dan kopolimer. Homopolimer terbentuk dari sejenis monomer, sedangkan kopolimer terbentuk lebih dari sejenis monomer. Uraian berikut menjelaskan perbedaan dua golongan polimer tersebut.

Homopolimer

Homopolimer merupakan polimer yang terdiri dari satu macam monomer, dengan struktur polimer. . . – A – A – A – A – A – A -. . . Salah satu contoh pembentukan homopolimer dari polivinil klorida adalah sebagai berikut.

gbr14

Kopolimer

Kopolimer merupakan polimer yang tersusun dari dua macam atau lebih monomer. Contoh: polimer SBS (polimer stirena-butadiena-stirena)

gbr22

Jenis-jenis kopolimer

a)  Kopolimer acak, yaitu kopolimer yang mempunyai sejumlah satuan berulang yang berbeda tersusun secara acak dalam rantai polimer. Strukturnya: . . . – A – B – A – A – B – B – A – A -. . . .

b)  Kopolimer bergantian, yaitu kopolimer yang mempunyai beberapa kesatuan ulang yang berbeda berselang-seling adanya dalam rantai polimer. Strukturnya:. . . – A – B – A – B – A – B – A – B – . . .

c)      Kopolimer balok (blok), yaitu kopolimer yang mempunyai suatu kesatuan berulang berselang-seling dengan kesatuan berulang lainnya dalam rantai polimer. Strukturnya: . . . – A – A – A – A – B – B – B – B – A – A – A – A -. . .

d)     Kopolimer tempel/grafit, yaitu kopolimer yang mempunyai satu macam kesatuan berulang menempel pada polimer tulang punggung lurus yang mengandung hanya satu macam kesatuan berulang dari satu jenis monomer. Strukturnya

gbr31

Kata Pencarian Artikel ini:

contoh kopolimer, perbedaan homopolimer dan kopolimer, kopolimer adalah, jenis monomer, pengertian kopolimer, jenis-jenis polimer, penggolongan polimer berdasarkan jenis monomernya, polimer dan monomernya, polimer berdasarkan jenis monomernya, jenis jenis polimer
Artikel ini termasuk kategori: Klasifikasi Polimer dan memiliki 6 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

6 Komentar untuk “Polimer Berdasarkan Jenis Monomernya”

  • MADON says:

    Kalau bicara masalah polymer sangat luas sekali, yang di bicarakan di atas adalah sebagian kecil tiori yang ada di polymer. Memang benar salah satu adalah polymer addisi seperti yang di jumpai di acrylic solution,di mana applikasinya banyak sekali terutama untuk bahan dasar cat,baik cat mobil maupun car dekorative.
    Ada juga polymer yang medianya adalah air,bahan adalah acrylic dan reaksi yang terjadi adalah addisi.
    aplikasi nya juga banyak di antaranya , cat tembok,textil. ink dan pigment printing.
    Sedangkan polymer yang terbentuk karena proses kondensasi seperti saturated polyester dan unsaturated polyester .dimana aplikasi dari saturated adalah utk cat kayu,cat mobil dll,sedangkan utk unsaturated aplikasinya adalah utk fiber glass,yang biasanya orang menyebutnya resin dan kancing baju dll.
    saya ingin menulis tentang polymer aplikasi,bagmna caranya.
    salam kenal
    madon

  • hananto says:

    ok, refresh ulang kimia polimer

  • ade lesmana says:

    Chemistry is mistery that wonderfull…

  • yusuf arifianto says:

    kami perusahaan aspal emulsi
    mengembangkan aspal modifikasi dengan tamabhan polimer
    sbs (styrene butadin styrene)
    mohon di bantu literatur tentang produk tersebut
    ka,i bermasalah dalam melarutkan produk tersebut
    mungkian ada solusi solvent atau teknologi yang dapat mencairkan produk tersebut sehingga bisa dicamprkan ke aspal

    atas bantuan kawan2 kami ucapkan terima kasih

    • andi says:

      kalau boleh tahu, Pak Yusuf Arifianto kerja di perusahaan mana? mungkin kita bisa bekerjasama. kebetulan saya kerja di perusahaan suplier emulsifier untuk aspal. ita mungkin bisa kerjasama dalam segala hal, dan bisa sdikit tukar pikiran, mengingat saya juga orang kimia, walaupun ga sudah banyak yang lupa, hehehehe…..

  • siti annissa a says:

    apa saja polimer yang termasuk kopolimer acak,blok, bergantian dan tempel?

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>