Daftar Lupa kata kunci?
Wednesday, July 30, 2014 17:10

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Bentuk Polimer : Elastomer (karet)

Ditulis oleh Utiya Azizah pada 18-04-2009

Proses lain yang sering terjadi pada gabungan reaksi dengan reaksi adisi atau reaksi kondensasi merupakan gabungan/ikatan bersama dari banyak rantai polimer. Hal ini disebut ikatan silang, dan ikatan silang ini memberikan kekuatan tambahan terhadap polimer. Pada tahun 1844, Charles Goodyear telah menemukan bahwa lateks dari pohon karet yang dipanaskan dengan belerang dapat membentuk ikatan silang antara rantai-rantai hidrokarbon di dalam lateks cair. Karet padat yang dibentuk dapat digunakan pada ban dan bola-bola karet. Proses ini disebut vulkanisasi, untuk menghormati dewa Romawi yang bernama Vulkan.

Perhatikan Gambar 10, karet alam merupakan polimer adisi alam yang paling penting. Karet disadap dari pohon karet dalam bentuk suspensi di dalam air yang disebut lateks. Karet alam adalah polimer isoprena.

gbr111

Gambar 10. Karet alam dan karet sintetis. Lateks atau karet alam yang dihasilkan dari pohon karet bersifat lunak/lembek dan lengket bila dipanaskan

Kekuatan rantai dalam elastomer (karet) terbatas, akibat adanya struktur jaringan, tetapi energi kohesi harus rendah untuk memungkinkan peregangan. Contoh elastomer yang banyak digunakan adalah poli (vinil klorida), polimer stirena-butadiena-stirena (SBS) merupakan jenis termoplastik elastomer.

Saat perang dunia II, persediaan karet alam berkurang, industri polimer tumbuh dengan cepat karena ahli kimia telah meneliti untuk pengganti karet. Beberapa pengganti yang berhasil dikembangkan adalah neoprena yang kini digunakan untuk membuat selang/pipa air untuk pompa gas, dan karet stirena – buatdiena (SBR /styrene – butadiene rubber), yang digunakan bersama dengan karet alam untuk membuat ban-ban mobil. Meskipun pengganti – pengganti karet sintesis ini mempunyai banyak sifat­sifat yang diinginkan, namun tidak ada satu pengganti karet sintesis ini yang mempunyai semua sifat-sifat dari karet alam yang dinginkan.

gbr25

Gambar 11 Permen karet mengandung karet stirena-butadiena sintesis

Kata Pencarian Artikel ini:

elastomer, pengertian elastomer, polimer karet alam, polimer elastomer, elastomer adalah, Contoh dari elastomer, struktur karet alam, contoh dari elastomer adalah, pengertian polimer elastomer, reaksi kimia karet
Artikel ini termasuk kategori: Bentuk Polimer dalam Kehidupan dan memiliki 11 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

11 Komentar untuk “Bentuk Polimer : Elastomer (karet)”

  • edras says:

    Sangat membantu semua informasi dari situs ini.cuma saya mau nanya,bahan apa saja yg diperlukan untuk bikin karet sintetis, terus belinya dimana,kebetulan saya tinggal di surabaya,trim atas bantuanya.

  • bahtiar says:

    saya mau tanya ni,, kalau reaksi pembentukan karet itu dari polimerisari apa? terus monomernya karet tsb apa?

  • syahruddin says:

    Mo nanya tentang karet ban dalam motor, karakteristik karet..?

  • any says:

    saya mw tanya tentang deskripsi manfaat dan kegunaan dakron,proses pembuatan dakron,serta peranan teknik kimia dalam proses pembuatan dakron,trimz

  • richardes says:

    gimana sih,, reaksi isoprene + phenol dengan katalis P2O5..

    bantuin aku ya,, alny dpt tugs ne,
    hehhehh,,

    trimss ya,,,

  • russita says:

    mo nanya tentang rekayasa karet+segala sesuatu yang berhubungan dengan rekayasa karet, prosesnya, alatnya, kendala,+hasilnya? help me plis. tugas ni… makasih sebelumnya….

  • Aep suharto says:

    terima kasih artikelnya..!!!..sy mau tanya nich!!!..jenis karet apa yg proses pembekuannya tanpa pemanasan…??..contohnya rubber silicone cair+ katalis = jd beku.!!! selain rubber silicone…kira2nya ada jenis karet lain gak?..namanya apa?..trus dimana sy bisa dapatkan itu..??..mohon informasinya..!!!!…terima kasih banyak wassalam .

  • Asim says:

    DMN SIH CRI CONTOH2 TNTNG POLIMER?
    Ada tgas nie…………..
    bnyk bnget lak….
    bntu w yea,,…
    susah nie………..
    ^_^

  • aan says:

    saya mau tau , perbedaan polimer sintensis dan polimer alam secara spesifikasi dan detail

  • zahron says:

    asslam..
    mau nanya, untuk buat obat sablon rubber itu
    apa ya…

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>