Daftar Lupa kata kunci?
Thursday, October 30, 2014 15:38

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Masalah lingkungan yang berkaitan dengan penggunaan plastik

Ditulis oleh Utiya Azizah pada 18-04-2009

Tidak seperti bahan-bahan alam lainnya, plastik bersifat non-biodegradable. Berdasarkan informasi, 30% volume sampah di Amerika Serikat terdiri dari plastik. Bagaimana di negara kita, Indonesia? Umumnya sampah plastik ditangani dengan cara dikubur atau dibakar dalam incinerator. Namun, kedua cara tersebut belum menyelesaikan masalah. Plastik yang dikubur tidak akan membusuk sementara lahan tempat mengubur plastik semakin sulit. Pembakaran plastik akan menyebabkan polusi. Misalnya, pembakaran PVC menghasilkan gas hidrogen klorida (HCl) atau gas klorin (Cl2). Berikut beberapa cara yang dipertimbangkan untuk menangani plastik.

a. Daur ulang

Plastik termoplas dapat dibentuk ulang melalui pemanasan. Dapat juga didepolimerisasi sehingga diperoleh kembali monomernya. Akan tetapi, sulit sekali memilah sampah plastik menurut jenisnya. Sampah plastik seringkali merupakan campuran dari berbagai jenis. Dengan demikian juga mengandung plasticiser, pigmen warna, dan campuran bahan lainnya. Akibatnya, hasil daur ulangnya paling merupakan plastik dengan mutu yang lebih rendah dan kurang nilai ekonomisnya.

Di negara maju yang penduduknya sadar lingkungan, produsen mencantumkan kode yang menyatakan jenis plastik. Lalu di tempat­tempat umum disediakan tempat sampah dengan berbagai kode, sehingga masyarakat dapat membuang sampah plastik menurut jenisnya. Dapatkah Anda mengelompokkan bahan-bahan plastik yang telah Anda pakai berdasarkan jenis plastik?

b. Membuat plastik yang biodegradable

Dengan membuat plastik yang biodegradable, maka plastik akan hancur dalam beberapa tahun.

c. Pirolisis

Apabila plastik dipanaskan hingga 7000C tanpa udara, maka molekul plastik akan terurai membentuk molekul-molekul sederhana. Campuran plastik yang biasa, seperti politena, polipropilena atau polistirena, ketika dipirolisis akan menghasilkan hidrokarbon sederhana serti etena atau propena atau benzena. Senyawa tersebut dapat dipisahkan melalui destilasi bertingkat. Hasilnya kemudian dapat digunakan untuk membuat berbagai bahan kimia termasuk plastik. Untuk sekarang ini, pirolisis dinilai tidak ekonomis, karena masih tersedia bahan baku yang lebih murah, yaitu dari minyak bumi dan gas alam.

Keuntungan yang diperoleh dari cara pirolisis, salah satunya adalah kita dapat menyortir limbah plastik menurut jenisnya.

Kata Pencarian Artikel ini:

artikel tentang permasalahan yang berkaitan dengan biologi, masalah limbah plastik, Masalah yang timbul dari penggunaan plastik, masalah yang ada kaitannya dengan biologi, makalah tentang masalah lingkungan, masalah yang berkaitan dengan biologi, masalah lingkungan yang berkaitan dengan biologi, kemukakan berbagai masalah yang timbul dari penggunaan plastik, masalah yang di timbulkan limbah plastik, masalah yg bisa timbul dari penggunaan plastik
Artikel ini termasuk kategori: Pencemaran Lingkungan dan memiliki 10 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

10 Komentar untuk “Masalah lingkungan yang berkaitan dengan penggunaan plastik”

  • Agus Pranamulia says:

    Sudah saatnya para ustad/ah memberikan materi fiqh lingkungan kepada audiennya, mengingat keberlangsungan muamalah kita.

  • dyo k says:

    tolong kalau bisa, minta diberi contoh plastik yang biodegradable, trims

    • trunayuda says:

      Plastik biodegradable, emm bsa sich tp mnrt ak klo mau bner2 selamatin lingkungan, jangan setengah2 ciiin, drpd pke plastik mnding ple ktas kain, ato tas lain yang lbh kuat dan lbh ramah lingkngan. lagian kyanga plastik yg klaimny biodegradale it jg bkal bsa ancuur ppda kndisi yg trtntu aj. jd klo kndisiny gak mndukung ya bkalan ttp nyampa jg!!(kyanya lho)

  • tami says:

    kalo styrofoam tu bagaimana???
    bahan yang di kandung styrofoam apa saja dan bahaya yang ditimbulkan bagaimana???

  • Endang Widoretno says:

    penerapannya akn tetep sulit, klw masyarakatnya tdk peduli lingkungan…

    • trunayuda says:

      mkanya kta biasain dari dri sndri, jgn trus pandang orang lain giini gitu, klo smua orang brpkir kya gt, yaa gak bkal terealisasi dech and cma jdi omoangan aj!

  • sampah plastik memang menjadi masalah lingkungan kita bersama. menurut saya, lebih baik saat ini pemerintah mulai menekan produksi plastik nasional terlebih dahulu. sehingga penggunaan plastik juga semakin minim dan digantikan dengan pembungkus yang biodegradable seperti kertas.

    untuk masalah sampah yang ada, karena sulit hancur, dan banyak yang tidak bisa didaur ulang, maka menurut saya pirolisis adalah salah satu solusinya. untuk mengatasi pencemaran udara yang dihasilkan, dapat dilakukan dengan menggunakan cerobong elektrik dan juga air filter sehingga gas yang dibebaskan aman bagi lingkungan dan tidak merusak ozon

  • trunayuda says:

    karena peraturan pemerintah jg blum jlas & blm memandang hal ini sbg hal yg pnting maka perlu adanya ksadaran dri kta sndiri untuk memilah smpah pas bwang smpah. gak usah rumit” kya diluar ckup dipisah yang organik ma yang An orgnik aj, it uda sangt membntu kok!

  • Endang Widaratih says:

    aku sangat prihatin melihat sampah plastik berserakan dimana mana. Aku telah peduli lingkungan dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi kerajinan tangan. Namun banyaknya sampah plastik tak seimbang dengan tenagaku. Maunya sich sampah plastik bisa disulap jadi gas untuk keperluan masak Ibu-ibu sehingga tidak usah beli LPG dan pusing BBM naik. Kapan ya impianku terwujud dapat mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar terbarukan?

  • salikun says:

    Sy ikut berkomentar yaaa ! tapi sy perlu tertawa dulu ,karena dimana mana soal sampah mesti jadi masalah,menurut sy sudah jelas jelas sama skali tidak sulit diatasi,tapi sepertinya suuuuulit skali hingga dimana mana mesti ada persoalan sampah,tak bilangi ya mengatasi sampah yg mesti berhasil(buka)teknologitpa.blogspot.com

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>