Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, November 29, 2014 0:53

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Unsur di Alam

Ditulis oleh Zulfikar pada 27-03-2010

Unsur di alam cukup melimpah, berdasarkan jenisnya maka unsur dapat kita kelompokkan menjadi dua jenis yaitu unsur logam dan unsur bukan logam.

Unsur logam mudah dikenali dengan ciri-ciri; permukaannya mengkilat, berbentuk padat, kecuali air raksa (Hg) yang berbentuk cair. Unsur logam mudah ditempa dapat menjadi plat atau kawat dan memiliki kemampuan menghantar arus listrik atau konduktor.Unsur logam banyak terdapat di bumi kita dan beberapa contoh disajikan dalam di bawah ini.

Tabel 2.1. Daftar unsur logam yang mudah kita temukan :

label 2.1

Unsur bukan logam umumnya di alam terdapat dalam wujud padat atau gas, unsur ini tidak dapat menghantarkan arus listrik dan juga panas (isolator), dalam wujud padat tidak dapat ditempa dan juga tidak mengkilat.

Untuk unsur bukan logam yang berwujud padat ditemukan dalam bentuk unsurnya, misalnya silicon dalam bentuk Si dan carbon dalam bentuk C. Selain itu juga ditemukan dalam bentuk senyawa seperti; unsur fosforus ditemukan dalam bentuk P4, dan unsur Sulfur atau belerang ditemukan dalam bentuk S8. Molekul unsur untuk fosforus dan sulfur disebut juga dengan molekul poilatomik, karena dibentuk oleh lebih dari dua atom yang sejenis perhatikan Gambar 2.5.

Untuk yang berwujud gas, umumnya tidak dalam keadaan bebas sebagai unsurnya namun berbentuk molekul senyawa, misalnya unsur oksigen dialam tidak pernah ditemukan dalam bentuk O, tetapi dalam bentuk gas oksigen atau O2, demikian pula dengan nitrogen dalam bentuk N2 dan klor dalam bentuk Cl2. Molekul unsur untuk oksigen, nitrogen dan klor disebut juga dengan molekul diatomik atau molekul yang dususun oleh dua atom yang sejenis, lihat Gambar 2.5.

bagan pengelompokan unsur

Gambar. 2.5. Bagan pengelompokan unsur bukan logam di alam

Beberapa Unsur logam dengan bentuk dan keberadaannya di alam disajikan dalam Tabel 2.2.

Tabel 2.2. Daftar unsur bukan logam yang mudah kita temukan :

label 2.2

Kata Pencarian Artikel ini:

unsur belerang di alam ditemukan dalam bentuk molekul bebas karena, keberadaan unsur di alam, gambar keberadaan unsur di alam, Unsur belerang dialam ditemukan dalam bentuk molekul bebas karena, unsur non logam yang terdapat dalam keadaan bebas di alam adalah, unsur belerang di alam ditemukan dalam bentuk molekul bebas, MAKALAH TENTANG KEBERADAAN UNSUR UNSUR KIMIA DI ALAM, apakah fosforus nonlogam dalam keadaan bebas di alam?, keberadaan unsur di alam indonesia, Contoh Molekul yang dalam keadaan bebas dialam
Artikel ini termasuk kategori: Unsur dan Senyawa dan memiliki 3 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

3 Komentar untuk “Unsur di Alam”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>