Daftar Lupa kata kunci?
Monday, December 22, 2014 10:25

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Penamaan Senyawa Biner

Ditulis oleh Zulfikar pada 01-05-2010

Dalam pemberian tata nama senyawa untuk senyawa sederhana, terlebih dahulu kita lakukan penggolongan senyawa berdasarkan jumlah atom penyusunnya, senyawa biner dan senyawa terner.

Senyawa biner

Senyawa biner adalah senyawa yang disusun oleh dua jenis unsur. Dua bentuk senyawa biner yang pertama disusun oleh unsur logam dengan bukan logam, dan sesama unsur bukan logam.

Untuk senyawa yang disusun oleh unsur logam dengan bukan logam, berupa logam dengan oksigen dan logam dengan hydrogen.

Beberapa contoh senyawa ini ditunjukkan pada Tabel 6.1. Penamaan untuk senyawa tersebut dilakukan dengan menyebutkan nama logamnya dilanjutkan dengan menyebutkan unsur keduanya dan mengubah akhirannya dengan kata ida.

tabel 6.1

Tabel 6.1. Senyawa biner yang disusun oleh unsur logam dan unsure bukan logam

Contoh sederhana adalah senyawa Fe2O3 dan NaH disebut dengan Besi oksida dan Natrium hidrida. Perhatikan bagan 6.2.

tabel 6.2

Bagan 6.2. Bagan penamaan senyawa biner yang disusun oleh unsure logam dan bukan logam

Untuk senyawa yang disusun oleh unsur bukan logam dengan bukan logam, senyawa ini merupakan senyawa dengan ikatan kovalen. Beberapa contoh senyawa ini ditunjukkan pada Tabel 6.3.

tabel 6.3

Tabel 6.3. Senyawa biner yang disusun oleh unsur bukan logam dan unsur bukan logam

Penamaan untuk senyawa biner dari dua jenis unsur non logam adalah merangkaikan nama kedua jenis unsur dan memberi akhiran –ida pada unsur keduanya. Untuk lebih mudahnya, perhatikan model penamaan senyawa ini seperti yang ditunjukkan pada Bagan 6.4.

tabel 6.4

Bagan 6.4. senyawa biner yang disusun sesa unsure bukan logam

Jika pasangan unsur yang bersenyawa membentuk lebih dari satu jenis senyawa, dapat kita bedakan dengan menyebutkan angka indeks dalam bahasa Yunani. Misalnya, ada senyawa berupa SO2 dan SO3, agar nama senyawa tersebut berbeda kita biasa menyebutkan indeks 2 = did an 3 = tri, untuk kedua senyawa tersebut. Sehingga untuk SO2: Sulfur dioksida, dan untuk SO3 adalah Sulfur tri oksida. Bilangan yang dapat dipergunakan untuk mengganti indeks disajikan pada Tabel 6.5.

tabel 6.5

Tabel 6.5. Bilangan yang dipergunakan untuk menggantikan indeks pada senyawa kimia

Beberapa senyawa kadang-kadang lebih terkenal bukan dengan nama kimianya, seperti senyawa air dalam bahasa Inggris water, jarang sekali kita menyebutkan hidrogen oksida. Demikian pula dengan senyawa amoniak yang memiliki nama kimia nitrogen trihidrida.

Kata Pencarian Artikel ini:

so3 adalah, penamaan senyawa biner, nama kimia dari senyawa Fe2O3 adalah, Jenis ikatan yang terdapat pada senyawa NaH, senyawa Fe2O3, Senyawa biner termasuk ikatan, pengertian asam biner, Makalah penamaan senyawa biner kovalen, jenis ikatan yang terdapat pada senyawa NaH adalah, Jenis ikatan senyawa Fe2O3 adalah ikatan
Artikel ini termasuk kategori: Stoikiometri dan memiliki 1 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

1 Komentar untuk “Penamaan Senyawa Biner”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>