Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, December 20, 2014 5:41

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Konsep Mol

Ditulis oleh Zulfikar pada 08-05-2010

Dalam mereaksikan zat, banyak hal yang perlu kita perhatikan misalnya wujud zat berupa gas, cair dan padat. Cukup sulit bagi kita untuk mereaksikan zat dalam ketiga wujud zat tersebut, dalam bentuk padat dipergunakan ukuran dalam massa (gram), dalam bentuk cair dipergunakan volume zat cair dimana didalamnya ada pelarut dan ada zat yang terlarut. Demikianpula yang berwujud gas memiliki ukuran volume gas.

Kondisi ini menuntut para ahli kimia untuk memberikan satuan yang baru yang dapat mencerminkan jumlah zat dalam berbagai wujud zat. Avogadro mencoba memperkenalkan satuan baru yang disebut dengan mol. Definisi untuk 1 (satu) mol adalah banyaknya zat yang mengandung partikel sebanyak 6.023 x 1023. Bilangan ini dikenal dengan Bilangan Avogadro yang dilambangkan dengan huruf N.

Lihat persamaan hubungan 1 mol dengan jumlah partikel pada Bagan 6.22. Dari persamaan diatas dapat kita nyatakan bahwa : 1 mol Karbon (C) mengandung 6.023 x 1023 atom Karbon. 1 mol senyawa H2O mengandung 6.023 x 1023 molekul air. Dari pernyataan ini juga muncul berapa massa 6.023 x 1023 partikel atom Karbon dan berapa massa dari 6.023 x 1023 molekul Air (H2O).

bagan 6.22

Bagan 6.22. Persamaan yang menyatakan hubungan jumlah mol dengan jumlah partikel untuk atom dan molekul

Dengan mempertimbangkan aspek massa zat, 1 mol zat didefinisikan sebagai massa zat tersebut yang sesuai dengan massa molekul relatifnya (Mr) atau massa atomnya (Ar).

Untuk 1 mol zat Karbon maka memiliki massa sesuai dengan massa atom Karbon, diketahui dari tabel periodik bahwa massa atom karbon adalah 12 sma, sehingga massa zat tersebut juga 12 gram. Untuk itu 1 mol zat dapat kita ubah kedalam bentuk persamaan :

artikel 14

Kata Pencarian Artikel ini:

cara mencari mol, rumus mencari mol, mencari mol, rumus mencari gram, cara menentukan mol, rumus gram massa, rumus mencari persamaan mol, rumus mol kimia, rumus Masaa gram, Cara mencari jumlah atom dari mol
Artikel ini termasuk kategori: Stoikiometri dan memiliki 5 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

5 Komentar untuk “Konsep Mol”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>