Daftar Lupa kata kunci?
Friday, October 31, 2014 21:57

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Atomic relative (Ar) dan Molecule relative (Mr)

Ditulis oleh Zulfikar pada 10-05-2010

Lambang atom menginformasikan kepada kita tentang nomor massa dan kita ketahui massa atom sangat kecil misalnya massa atom hidrogen sebesar 3.348 × 10-27 Kg. Untuk mempermudah dalam mempelajari ditetapkan oleh IUPAC satuan massa atom (sma). Hal ini diperlukan untuk memepermudah dalam penulisan serta dengan sederhana kita dapat menetapkan massa sebuah molekul.

Satuan massa atom (sma) dan 1 (satu) sma didefinisikan sebagai:

artikel 12

dilanjutkan dengan penetapan Atomic relative (Ar) atau sering disebut juga dengan Massa Atom dan Massa Molekul yang diberi lambing dengan Mr = Molecule relative. Kedua definisi atau persamaan untuk Atomic relative (Ar) dan Molecule relative (Mr) disajikan pada bagan 6.21.

bagan 6.21

Bagan 6.21. Persamaan untuk Ar dan Mr

Berdasarkan nomor massa dalam tabel periodik kita dapat tetap, misalnya atom Hidrogen yaitu 1.00079 sma, maka massa atom atau Atomic relative (Ar) dibulatkan menjadi 1 sma. Demikianpula untuk atom Oksigen didalam tabel periodik nomor massanya 15.99994, Atomic relative dibulatkan menjadi 16 sma.

Untuk menetapkan Molecule relative (Mr) dari sebuah senyawa dapat dihitung dengan memperhatikan jumlah atom penyusunnya dibagi dengan 1 sma. Sebagai contoh, jika kita menetapkan Mr dari H2O.

Atom-atom penyusunnya adalah Hidrogen dan Oksigen, jumlah atomnya adalah 2 untuk Hidrogen dan 1 untuk Oksigen, Sehingga massanya adalah :

artikel 13

Dengan cara yang sama kita dapat menghitung Mr senyawa-senyawa lain, dengan bantuan tabel periodik untuk mendapatkan data massa setiap atom.

Kata Pencarian Artikel ini:

satuan mr, Mr Oksigen, mencari mr, cara mencari MR, pengertian Ar dan Mr, satuan ar, Mr senyawa, mr dalam kimia, rumus mencari mr, ar hidrogen
Artikel ini termasuk kategori: Stoikiometri dan memiliki 4 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

4 Komentar untuk “Atomic relative (Ar) dan Molecule relative (Mr)”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>