Daftar Lupa kata kunci?
Thursday, November 27, 2014 15:02

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Pembuatan Koloid

Ditulis oleh Zulfikar pada 28-08-2010

Koloid dapat dibuat dengan dua cara yaitu mengubah partikel-partikel larutan menjadi partikel koloid kondensasi dan memperkecil partikel suspensi menjadi partikel koloid atau dispersi, perhatikan bagan pada Gambar 11.12.

gambar 11.12

Gambar 11.12. Bagan cara pembuatan koloid

Cara Kondensasi, yaitu dengan jalan mengubah partikel-partikel larutan sejati yang terdiri dari molekul-molekul atau ion-ion menjadi partikel-partikel koloid dengan beberapa teknik:

artikel 48

Cara Dispersi yaitu dengan jalan mengubah partikel-partikel kasar menjadi partikel-partikel koloid, tiga teknik dapat dipergunakan seperti mekanik, peptipasi dan teknik busur Bredig.

Teknik mekanik

Cara ini mengandalkan penghalusan partikel kasar menjadi partikel koloid, selanjutnya ditambahkan ke dalam medium pendispersinya. Cara ini dipergunakan untuk membuat sol belerang dengan medium pendispersi air.

Peptipasi

Pemecahan partikel kasar menjadi partikel koloid, pemecahan dilakukan dengan penambahan molekul spesifik, seperti agar-agar dengan air, nitroselulosa dengan aseton, Al(OH)3 dengan Al(Cl)3 dan endapan NiS ditambahkan dengan H2S.

Teknik busur Bredig

Teknik ini digunakan untuk membuat sel logam, logam yang akan diubah ke dalam bentuk koloid diletakan sebagai elektroda dalam medium pendispersinya dan dialiri oleh arus listrik. Atom-atom logam akan terpecah dan masuk ke dalam medium pendispersinya.

Kata Pencarian Artikel ini:

CARA PEMBUATAN KOLOID, cara pembuatan koloid dengan mengubah partikel kasar menjadi partikel koloid disebut, pembuatan koloid dengan cara kondensasi, metode pembuatan koloid, teori koloid, cara pengubahan molekul menjadi partikel kokoid, Mengubah partikel kasar menjadi partikel koloid disebut cara, cara pembuatan sistem koloid dengan jalan mengubah partikel, pembuatan koloid dengan cara dispersi, Cara Pembuatan Koloid Dengan Jalan Mengubah Partikel Kasar Menjadi Partikel Koloid Disebut Cara ?
Artikel ini termasuk kategori: Sifat Koligatif dan Koloid dan memiliki 0 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>