Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, April 19, 2014 18:11

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Tata Nama Alkohol

Ditulis oleh Zulfikar pada 11-10-2010

Penamaan senyawa alkohol berdasarkan aturan IUPAC adalah; menetapkan rantai utama yaitu yang terpanjang yang mengandung gugus OH. Selanjutnya memberi nomor pada rantai terpanjang, dengan C yang mengikat gugus fungsi memiliki nomor terkecil dan diakhiri dengan menyebutkan nomor dan nama cabang pada rantai utama (sesuai abjad), disertai nomor dan nama alkanolnya (dengan mengganti akhiran –a pada alkana menjadi –ol pada alkohol).

Penamaan senyawa alkanol untuk senyawa dengan rumus molekul C2H5OH, C3H7OH. Untuk senyawa C2H5OH, dimulai dengan menuliskan jumlah atom C, dilanjutkan dengan mengisi atom H-nya, dan satu ikatan diisikan dengan gugus OH.

Sedangkan C3H7OH dibuat dengan cara di atas namun juga diperhatikan adanya isomer, dengan pembentukan cabang pada rantai utamanya. Penyelesaian untuk kedua senyawa tersebut dapat dilihat pada Bagan 12.44.

bagan 12.44

Bagan 12.44. Molekul etanol dan propanol bersama isomernya

Kata Pencarian Artikel ini:

tata nama alkohol, tatanama alkohol, tata nama senyawa alkohol, nama senyawa c2h5oh, tata nama alkanol, penamaan alkohol, penamaan senyawa alkohol, penamaan IUPAC alkohol, nama senyawa C3H7OH, Nama senyawa dan Kegunaan c2h5oh
Artikel ini termasuk kategori: Senyawa Hidrokarbon dan memiliki 0 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>