Daftar Lupa kata kunci?
Tuesday, September 16, 2014 23:26

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Pemanfaatan Senyawa Benzena

Ditulis oleh Zulfikar pada 03-11-2010

Senyawa benzena merupakan bahan baku yang dapat dipergunakan menjadi bahan lain. Selain itu benzena juga dipergunakan sebagai pelarut organik, khususnya untuk zat yang memiliki sifat non-polar.

Turunan dari senyawa benzena seperti fenol (lihat Gambar 12.72) dipergunakan sebagai zat antiseptik. Umumnya dipergunakan sebagai bahan pembersih toilet.

gambar 12.72

Gambar 12.72. Beberapa senyawa turunan benzena

Senyawa turunan benzena yang memiliki gugus metil, dikenal dengan toluene. Zat ini merupakan bahan baku untuk membuat asam benzoate, dengan cara mengoksidasi secara sempurna senyawa tersebut, sehingga terbentuk gugus karboksilat. Toluen juga dipergunakan sebagai bahan baku untuk membuat tri nitro toluene (TNT) yaitu bahan peledak.

Beberapa polimer juga mempergunakan bahan baku dari turunan benzena, seperti pembentukan polistirena. Asam salisilat juga merupakan turunan benzena yang dipergunakan untuk membuat obat penghilang rasa sakit dan saat ini juga dipergunakan untuk pengencer darah yaitu aspirin.

Kata Pencarian Artikel ini:

kegunaan toluene, fungsi benzena, fungsi toluene, kegunaan benzena, kegunaan senyawa benzena, kegunaan toluena, turunan benzena dan kegunaannya, kegunaan senyawa turunan benzena, Kegunaan senyawa hidrokarbon benzena, GAMBAR SENYAWA BENZENA
Artikel ini termasuk kategori: Senyawa Hidrokarbon dan memiliki 0 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>