Daftar Lupa kata kunci?
Wednesday, September 3, 2014 1:40

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Reaksi Oksidasi dan Reduksi

Ditulis oleh Zulfikar pada 21-05-2010

Reaksi oksidasi dan reduksi sering diistilahkan dengan “reaksi redoks”, hal ini dikarenakan kedua peristiwa tersebut berlangsung secara simultan. Oksidasi merupakan perubahan dari sebuah atom atau kelompok atom (gugus) melepaskan elektron, bersamaan itu pula atom atau kelompok atom akan mengalami kenaikan bilangan oksidasi. Demikian pula sebaliknya reduksi adalah perubahan dari sebuah atom atau kelompok atom menerima atau menangkap elektron. Perhatikan contoh berikut yang menggambarkan peristiwa atau reaksi oksidasi.

Fe → Fe2+ + 2 e

Elektron dilambangkan dengan (e) yang dituliskan pada sebelah kanan tanda panah dari persamaan reaksi, jumlah elektron yang dilepaskan setara dengan jumlah muatan pada kedua belah persamaan. Dari reaksi diatas 2 e, menyetarakan muatan Fe2+.

Untuk reaksi reduksi dicontohkan oleh persitiwa reaksi dibawah ini:

Cl2 + 2 e → 2 Cl-

Reaksi ini menunjukan adanya penarikan atau penangkapan elektron (e) molekul unsur Cl2 dan menyebabkan molekul tersebut berubah menjadi anion Cl-. Untuk mempermudah pengertian, kita dapat sederhanakan makna Cl-, sebagai Cl kelebihan elektron karena menangkap elektron dari luar.

Reaksi redoks merupakan reaksi gabungan dari reaksi oksidasi dan reduksi, dan menjadi cirri khas bahwa jumlah elektron yang dilepas pada peristiwa oksidasi sama dengan jumlah elektron yang diterima atau di tangkap pada peristiwa reduksi, perhatikan contoh :

Reaksi oksidasi : Fe → Fe2+ + 2 e

Reaksi reduksi : Cl2 + 2 e → 2 Cl-

Reaksi redoks : Fe + Cl2 → FeCl2

Total reaksi diatas mengindikasikan bahwa muatan dari besi dan klor sudah netral, demikian pula dengan jumlah electron yang sama dan dapat kita coret pada persamaan reaksi redoksnya.

Peristiwa reaksi redoks selalu melibatkan muatan, untuk hal tersebut sebelum kita lanjutkan dengan persamaan reaksi redoks, lebih dulu kita nahas tentang tingkat atau keadaan oksidasi suatu zat.

Kata Pencarian Artikel ini:

reaksi reduksi dan oksidasi, reaksi oksidasi dan reaksi reduksi, reaksi reduksi oksidasi, reaksi oksidasi reduksi, reaksi oksidasi adalah, persamaan reaksi oksidasi, Penulisan Reaksi oksidasi, Reaksi reduksi Fe, sifat oksidasi dan reduksi, sifat kimia reaksi oksidasi dan contoh
Artikel ini termasuk kategori: Reaksi Kimia dan memiliki 3 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

3 Komentar untuk “Reaksi Oksidasi dan Reduksi”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>