Daftar Lupa kata kunci?
Thursday, December 18, 2014 14:27

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Pengaruh volume dan tekanan

Ditulis oleh Zulfikar pada 11-08-2010

Untuk reaksi dalam fasa cair perubahan volume menyebabkan perubahan konsentrasi. Peningkatan volume menyebabkan penurunan konsentrasi, ingat satuan konsentrasi zat adalah mol/L, banyaknya zat dibagi berat molekulnya di dalam 1 Liter larutan.

Demikian pula reaksi dalam fasa gas, volume gas berbanding terbalik terhadap tekanan, peningkatan volume menyebabkan penurunan tekanan. Di sisi lain, tekanan berbanding lurus terhadap mol gas, seperti yang ditunjukan dalam persamaan gas ideal :

artikel 27

dimana
p = tekanan,
V = Volume
N = mol gas
R = tetapan gas
T = Suhu dalam K

Dari persamaan di atas akan tampak bahwa dengan memperkecil tekanan sama dengan memperbesar volume, dan perubahan tekanan sama dengan perubahan konsentrasi (n/V).

Sedangkan untuk tekanan gas total

artikel 28

Dalam sistem kesetimbangan peningkatan volume gas tidak mempengaruhi kesetimbangan jika jumlah koofisien reaksi sebelum dan sesudah adalah sama.

H2(g) + I2(g) ⇄ 2 HI(g)

Koofisien gas H2 dan I2 adalah 1 (satu), total sebelah koofisien sebelah kiri adalah 2 (dua). Koofisien untuk gas HI adalah 2 (dua), sehingga koofisien sebelah kiri dan kanan tanda panah adalah sama. Peningkatan volume 2 kali lebih besar tidak memberikan perubahan terhadap rasio konsentrasi antara sebelah kanan dan sebelah kiri tanda panah, mula konsentrasi :

H2(g) + I2(g) ⇄ 2 HI(g)

n/V n/V 2n/V

V diperbesar n/2V n/2V 2n/2V

Oleh karena rasio koefisien tetap sehingga tekananpun memiliki rasio yang tetap.

Untuk lebih mudahnya perhatikan contoh soal dan penyelesaian pada bagan 9.10.

gambar 9.10

Bagan 9.10. Perhitungan harga Kp untuk pembentukan asam iodida dari H2 dan I2, dimana komposisi konsentrasi adalah 1 mol/L, 1 mol/L dan 2 mol/L, dimana tekanan totalnya 2 atm dan Volume diperbesar menjadi 2 liter.

Dalam kasus yang berbeda, jika dalam kesetimbangan koofisien sebelum dan sesudah reaksi tidak sama, maka penurunan volume dapat menyebabkan reaksi bergeser menuju koofisien yang lebih kecil dan sebaliknya jika volume diperbesar kesetimbangan akan bergerak ke arah jumlah koofisien yang lebih besar sesuai dengan persamaan reaksi di bawah ini:

N2 + 3 H2 ⇄ 2 NH3

Jika volume diperkecil komposisi konsentrasi di sebelah kiri tanda panah menjadi lebih besar sehingga (atau konsentrasi lebih pekat), dan reaksi bergeser ke arah pembentukan gas amoniak. Demikian pula sebaliknya jika volume diperbesar, terjadi reaksi peruraian dari amoniak menghasilkan gas Nitrogen dan Hidrogen atau dengan kata lain reaksi kesetimbangan bergeser ke kiri yaitu penguraian NH3 menjadi N2 dan H2.

Kata Pencarian Artikel ini:

pengaruh volume terhadap laju reaksi, pengaruh volume pada kesetimbangan kimia, perubahan volume dan tekanan, pengaruh tekanan dan volume terhadap laju reaksi, hubungan tekanan dengan volume, apa itu pengaruh tekanan dan volume, pengaruh volume terhadap kesetimbangan kimia, Pengaruh volume dan tekanan terhadap laju reaksi, tekanan dan volume terhadap laju reaksi, tekanan dan volume
Artikel ini termasuk kategori: Kesetimbangan Kimia dan memiliki 2 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

2 Komentar untuk “Pengaruh volume dan tekanan”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>