Daftar Lupa kata kunci?
Wednesday, April 23, 2014 20:51

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Pengaruh Suhu

Ditulis oleh Zulfikar pada 09-08-2010

Secara kualitatif pengaruh suhu dalam kesetimbangan kimia terkait langsung dengan jenis reaksi eksoterm atau reaksi endoterm. Jika pada reaksi kesetimbangan kita naikan suhunya, maka reaksi kimia akan bergeser kearah reaksi yang membutuhkan panas (Bagan 9.9).

gambar 9.9

Bagan 9.9. faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan

Kita ambil contoh di bawah ini.

CO + 2 H2 ⇄ CH3OH ΔH = -22 kkal.

Jika pada reaksi kesetimbangan pada pembentukan Metanol, suhu kita naikan, maka reaksi akan berubah ke arah peruraian metanol menjadi gas CO dan gas Hidrogen. Mengingat reaksi peruraian metanol membutuhkan panas atau endoterm.

CH3OH ⇄ CO + 2 H2 ΔH = +22 kkal

Menaikan suhu, sama artinya kita meningkatkan kalor atau menambah energi ke dalam sistem, kondisi ini memaksa kalor yang diterima sistem akan dipergunakan, oleh sebab itu reaksi semakin bergerak menuju arah reaksi endoterm.

Kata Pencarian Artikel ini:

pengaruh suhu, pengaruh suhu terhadap kesetimbangan, pengaruh suhu pada kesetimbangan, pengaruh suhu terhadap kesetimbangan reaksi, Bagaimana pengaruh suhu terhadap kesetimbangan reaksi, makalah Pengaruh Suhu Pada Reaksi Kimia, pengaruh suhu?, Penjelasan suhu terhadap reaksi kesetimbangan, suhu dan reaksi kesetimbangan
Artikel ini termasuk kategori: Kesetimbangan Kimia dan memiliki 1 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

1 Komentar untuk “Pengaruh Suhu”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>