Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, December 20, 2014 22:11

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Nukleosida

Ditulis oleh Zulfikar pada 05-12-2010

Molekul nukleosida merupakan suatu N-glikosida yaitu ikatan pada atom N dari sebuah basa yang terikat pada molekul gula pada atom C nomor 1. Basa Nitrogen yang terikat dapat berupa purin atau pirimidin.

Ikatan N-glikosida untuk purin dan gula terjadi pada atom N nomor 9 dengan atom C nomor 1 dari gula. Sedangkan pirimidin terjadi pada atom N nomor 1 dengan atom C nomor 1 dari gula, perhatikan Gambar 14.59.

gambar 14.59

Gambar 14.59. Ikatan N-glikosida

Nukleotida merupakan ester fosfat dari nukleosida, dimana gugus hidroksil pada gula pentosa diesterifikasi dengan fosfat anorganik lihat Gambar 14.59. Gugus hidroksil yang teresterifikasi pada nukleotida DNA dan RNA adalah pada posisi 3’ maupun 5’ pada gula pentosa. Nukleotida DNA dinamai sebagai ester 3’ atau 5’-monofosfat dari nukleosida.

Kata Pencarian Artikel ini:

Pengertian nukleosida, nukleosida, perbedaan nukleotida dan nukleosida, perbedaan nukleosida dan nukleotida, struktur nukleosida, pengertian nukleotida dan nukleosida, nukleotida dan nukleosida, Pengertian nukleosida dan nukleotida, struktur nukleotida dan nukleosida, nukleosida dan nukleotida
Artikel ini termasuk kategori: Biomolekul dan memiliki 0 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>