Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, December 20, 2014 7:50

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Proses Elektroplating Tembaga-Nikel-Khrom

Ditulis oleh Suparni Setyowati Rahayu pada 26-07-2009

Proses pelapisan tembaga-nikel-khrom terhadap logam ferro atau kuningan sebagai logam yang dilapis adalah satu cara untuk melindungi logam terhadap serangan korosi dan untuk mendapatkan sifat dekoratif. Cara pelapisan tembaga-nikel-khrom dengan metode elektroplating adalah sebagai berikut:Pelapisan menggunakan arus searah. Cara kerjanya mirip dengan elektrolisa, dimana logam pelapis bertindak sebagai anoda,sedangkan logam dasarnya sebagai katoda. Cara terakhir ini yang disertai dengan perlakuan awal terhadap benda kerja yang baik mempunyai berbagai keuntungan dibandingkan dengan cara-cara yang lain. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain :
a. Lapisan relatif tipis.
b. Ketebalan dapat dikontrol.
c. Permukaan lapisan lebih halus.
d. Hemat dilihat dari pemakaian logam khrom.

Pengerjaan elektroplating tembaga-nikel-khrom pada dasarnya terbagi atas tiga proses yaitu perlakuan awal, proses pelapisan dan proses pengolahan akhir hasil elektroplating.Proses elektroplating ini terdapat tiga jenis proses pelapisan yaitu yang pertama adalah pelapisan logam dengan Tembaga, lalu dilanjutkan dengan pelapisan Nikel dan yang terakhir benda dilapis dengan Khrom.

Pelapisan Tembaga
Tembaga atau Cuprum (Cu) merupakan logam yang banyak sekali digunakan, karena mempunyai sifat hantaran arus dan panas yang baik. Tembaga digunakan untuk pelapisan dasar karena dapat menutup permukaan bahan yang dilapis dengan baik. Pelapisan dasar tembaga dipelukan untuk pelapisan lanjut dengan nikel yang kemudian yang kemudian dilakukan pelapisan akhir khrom.

gb7701

Aplikasi yang paling penting dari pelapisan tembaga adalah sebagai suatu lapisan dasar pada pelapisan baja sebelum dilapisi tembaga dari larutan asam yang biasanya diikuti pelapisan nikel dan khrom. Tembaga digunakan sebagai suatu lapisan awal untuk mendapatkan pelekatan yang bagus dan melindungi baja dari serangan keasaman larutan tembaga sulfat. Alasan pemilihan plating tembaga untuk aplikasi ini karena sifat penutupan lapisan yang bagus dan daya tembus yang tinggi.

Sifat-sifat Fisika Tembaga
1.Logam berwarna kemerah-merahan dan berkilauan
2.Dapat ditempa, dibengkokan dan merupakan penghantar panas dan listrik
3.Titik leleh : 1.0830C, titik didih : 2.3010C
4.Berat jenis tembaga sekitar 8,92 gr/cm3

Sifat-sifat Kimia Tembaga
1.Dalam udara kering sukar teroksidasi, akan tetapi jika dipanaskan akan membentuk oksida tembaga (CuO)
2.Dalam udara lembab akan diubah menjadi senyawa karbonat atau karat basa, menurut reaksi : 2Cu + O2 + CO2 + H2O → (CuOH)2 CO3
3.Tidak dapat bereaksi dengan larutan HCl encer maupun H2SO4encer
4.Dapat bereaksi dengan H2SO4 pekat maupun HNO3 encer dan pekat
Cu + H2SO4 → CuSO4 +2H2O + SO2 Cu + 4HNO3 pekat → Cu(NO3)2 + 2H2O + 2NO2 3Cu + 8HNO3 encer → 3Cu(NO3)2 + 4H2O + 2NO
5.Pada umumnya lapisan Tembaga adalah lapisan dasar yang harus dilapisi lagi dengan Nikel atau Khrom. Pada prinsipnya ini merupakan proses pengendapan logam secara elektrokimia,digunakan listrik arus searah (DC). Jenis elektrolit yang digunakan adalah tipe alkali dan tipe asam. Untuk tipe alkali komposisi larutan dan kondisi operasi dapat dilihat pada tabel 2.3.

gb7712

gb7722

Larutan Strike menghasilkan lapisan yang sangat tipis. Larutan strike dapat pula dipakai sebagai pembersih dengan pencelupan pada larutan sianida yang ditandai dengan keluarnya gas yang banyak pada benda kerja sehingga kotoran-kotoran yang menempel akan mengelupas. Larutan ini terutama digunakan pada komponen-komponen dari baja sebagai lapisan dasar, untuk selanjutnya dilakukan pelapisan tembaga dengan logam lain.

gb7731

Formula kecepatan tinggi atau efisiensi tinggi digunakan untuk plating tembaga tebal, smentara proses Rochelle digunakan untuk menghasilkan pelapisan yang bersifat antara strike dan kecepatan tinggi. Garam-garam Rochelle tidak terdekomposisi dan hanya berkurang melalui drag-out yaitu terikutnya larutan pada benda kerja pada saat pengambilan dari tanki tinggi disbanding larutan strike sebab kerapatan arus katoda dan efisiensi penting dalam kecepatan plating. Larutan Rochelle dan kecepatan tinggi dapat dioperasikan pada temperatur relatif tinggi.Komposisi larutan dan kondisi operasi untuk pelapisan tembaga asam dapat dilihat pada tabel 2.4.

Proses “Pengolahan Awal” adalah proses persiapan permukaan dari benda kerja yang akan mengalami proses pelapisan logam.Pada umumnya proses pelapisan logam itu mempunyai dua tujuan pokok adalah sifat dekorasi, sifat ini untuk mendapatkan tampak rupa yang lebih baik dari benda asalnya, dan aplikasi teknologi, sifat ini misalnya untuk mendapatkan ketahanan korosinya, mampu solder, kekerasan, sifat listrik dan lain sebagainya.Keberhasilan proses pengolahan awal ini sangat menentukan kualitas hasil pelapisan logam, baik dengan cara listrik, kimia maupu dengan cara mekanis lainnya.

Proses pengolahan awal yang akan mengalami proses pelapisan logam pada umumnya meliputi proses-proses pembersihan dari segala macam pengotor (cleaning proses) dan juga termasuk proses-proses pada olah permukaan seperti poleshing, buffing,dan proses persiapan permukaan yang lainnya.Untuk mendapatkan daya lekat pelapisan logam (adhesi) dan fisik permukaan benda kerja yang baik dari suatu lapisan logam, maka perlu diperhatikan cara olah permukaan dan proses pembersihan permukaan. Ketidaksempurnaan kedua hal tersebut di atas dapat menyebabkan adanya garisan-garisan pada benda kerja dan pengelupasan hasil pelapisan logam.

gb7741

Kata Pencarian Artikel ini:

proses elektroplating, elektroplating tembaga, artikel elektroplating, elektroplating adalah, pelapisan tembaga, aplikasi elektroplating, proses elektroplating tembaga, Cara kerja elektroplating, prinsip kerja elektroplating, cara pelapisan tembaga
Artikel ini termasuk kategori: Utilitas Pabrik dan memiliki 16 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

16 Komentar untuk “Proses Elektroplating Tembaga-Nikel-Khrom”

  • M4rl0n says:

    Artikel bru neh…!

    Aq mau nax neh… Kra2 uda ada g ya artikel tentang jurusan Kimia ato cabangx kaya gmana soalx gue mau ambil kimia tpi bingung g kaya biologi uda umum n di kenal org he….!

  • Agus says:

    Saya senang dengan artikel anda, tp gambar cntohnya kurang jelas, sy msh awam dgn elektroplating, jd klo bisa gmbrnya yg detail, sy pngn bisa, coz ini bs menunjang pekerjaan saya trim’s.

  • irfan says:

    thx, artikel y berguna bwat sya thx bget sngat membantu ^^

  • Arie says:

    aku maw lihat proses pelepisan yang krom boleh ndak.. cos ni aq lg kemaren PKL di Pelapisan tapi aq mau nambahin sajian penjelasanya……… makasih

  • asep.s says:

    ko susah banget nyari artikel pelapisan emas putih

  • Wahyu Suherman says:

    ingin ikut cari pengetahuan cara pelapisan logam

  • indra mukti says:

    apa kah ada video cara pembuatan crom …..klo ada tolong beri tahu blogspotnya ………………

  • yudha says:

    aq mu nanya nie,,aq kerja sebagai ptgs lab,yg menangani bgian elektroplating,,knpa yah hasil plating sering trdapat bintik”kecil?solusiny gmna ya

    • taqien22 says:

      menurut yg q baca, kemungkinan proses pembersihan kurang bersih. meski pun cmk 1 ti2k kotoran akan menyebabkan kecacatan pda hasilx,,,,,,,,,

  • toruz says:

    boz kalau proses pembersihanya gmn,soale sering ga smprna hasil croom nya??? kasih solusi dunkz!!!!

  • susi says:

    aku snang kimia krena waktu tu grunya jlasinnya enak n membuat pel tu mdah. n q pngen lanjutin ke perguruan tinggi ngambil jurusan kimia tapi pusing wt prosfek k depannya lom bnyak thu. gmna”a??

  • Puind says:

    thanks infonya..
    membantu untuk TA saya

  • wahyudie says:

    artiklnya bagus sekaliii…. ..kalu bisa…. tolong minta artikel…. tata cara proses chrome plating pada almunium …. besi… perak / emas apakah sama komposisinya..alat dan bahan apa saja yg dibutuhkan….skiranya…berkenan. saya sangat berterima kasih…. selanjutnya saya mau…buat…. pengetahuan ini untuk swadaya …masyarakat didesa saya….. deidukung sebagian besar… mata pencarian… punduduk desa kami… desa tragah.. kec, tragah… kab. bangkalan madura… adalah pengraji, prhiasan logam..mohon bimbingannya…

  • kelik biantoro says:

    saya mo belajar tentang dan cara elektroplating ?berapa biaya bwt belajar dan alatj2 bwt buka usaha ?terima kasih

  • Izal says:

    Good Artikel…, simak juga cara menambang Emas, Perak dan Tembaga dari Sampah Elektronik. Semoga bermanfaat

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>