Daftar Lupa kata kunci?
Friday, October 31, 2014 20:30

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Pelaksanaan Proses Evaporasi

Ditulis oleh Suparni Setyowati Rahayu pada 02-09-2009

Evaporasi dilaksanakan dengan cara menguapkan sebagian dari pelarut pada titik didihnya, sehingga diperoleh larutan zat cair pekat yang konsentrasinya lebih tinggi. Uap yang terbentuk pada evaporasi biasanya hanya terdiri dari satu komponen, dan jika uapnya berupa campuran umumnya tidak diadakan usaha untuk memisahkan komponenkomponennya. Dalam evaporasi zat cair pekat merupakan produk yang dipentingkan, sedangkan uapnya biasanya dikondensasikan dan dibuang. Disinilah letak perbedaan antara evaporasi dan distilasi.

Pelaporan Proses Evaporasi

Proses evaporasi dengan skala komersial di dalam industri kimia dilakukan dengan peralatan yang namanya evaporator. Perlengkapan peralatan : Evaporator, kondensor, Injeksi uap, perangkap uap, perangkap tetes Proses evaporasi didokumentasikan dalam lembar pelaporan sesuai data :

  1. Kerja kondensor
  2. Kerja injeksi uap
  3. Kerja perangkap uap
  4. Kerja perangkap tetes

Contoh-contoh Operasi Evaporasi dalam Industri Kimia

  1. Pemekatan larutan NaOH
  2. Pemekatan larutan KNO3
  3. Pemekatan larutan NaCL
  4. Pemekatan larutan nira dan lain-lain.

gb484

PENUKAR PANAS

Penukar panas atau dalam industri kimia populer dengan istilah bahasa Inggrisnya, heat exchanger (HE), adalah suatu alat yang memungkinkan perpindahan panas dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin. Biasanya, medium pemanas dipakai uap lewat panas (super heated steam) dan air biasa sebagai air pendingin (cooling water). Penukar panas dirancang sebisa mungkin agar perpindahan panas antar fluida dapat berlangsung secara efisien. Pertukaran panas terjadi karena adanya kontak, baik antara fluida terdapat dinding yang memisahkannya maupun keduanya bercampur langsung begitu saja. Penukar panas sangat luas dipakai dalam industri seperti kilang minyak, pabrik kimia maupun petrokimia, industri gas alam, refrigerasi, pembangkit listrik. Salah satu contoh sederhana dari alat penukar panas adalah radiator mobil di mana cairan pendingin memindahkan panas mesin ke udara sekitar.

Kata Pencarian Artikel ini:

proses evaporasi, evaporasi, metode evaporasi, contoh evaporasi, alat evaporasi, cara kerja evaporasi, ovaporasi, dasar teori evaporasi, Contoh proses pada operasi evaporasi, contoh kalimat yang mengandung kata evaporasi
Artikel ini termasuk kategori: Teknologi Proses dan memiliki 0 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>