Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, November 22, 2014 3:32

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Langkah Perencanaan Untuk Septic Tank

Ditulis oleh Suparni Setyowati Rahayu pada 13-06-2009

Untuk mempermudah pemahaman didalam merencanakan maka uraian design criteria dan langkah perencanaan diuraikan dalam bentuk contoh kasus.

Kasus 1
a.Jumlah limbah yang dihasilkan dari suatu asrama adalah 13 m3/hari
b.Setelah dilakukan pengamatan ternyata limbah tersebut mengalir selama 12 jam, ialah dari jam 7.00 pagi sampai jam 19.00 malam.
c.Limbah tersebut merupakan campuran dari limbah WC, kantin,dan kegiatan lain di asrama tersebut.Sample limbah telah di test di laboratorium dan hasilnya adalah:
BOD = 340 mg/Itr dan COD = 630 mg/Itr
d.Limbah tersebut merupakan campuran dari limbah WC, kantin,dan kegiatan lain di asrama tersebut.Sample limbah telah di test di laboratoriw-n dan hasilnya adalah:BOD = 340 mg/Itr dan COD = 630 mg/Itr
e.Sedangkan pimpinan asrama menetapkan interval pengurasan (desludging interval) adalah sekali setiap tahun atau sekali setiap 12 bulan.
f.Data lain yang sebenarnya harus diteliti adalah ratio SS/COD terendap (settleable SS/COD ratio). Ratio ini sangat diperigaruhi dari jenis limbah yang akan diolah.Untuk berbagai ragam limbah domestik telah dilakukan banyak uji coba empiris di negera berkembang dan ratio SS/COD terendap tersebut lazimnya herkisar antara 0.35 – 0.45.
Karena itu gunakan saja pengalaman empiris tersebut. untuk kasus ini misalnya ditetapkan 0.42.

Output yang diharapkan untuk anda kerjakan:
1.Berapa volume dan dimensi dari Septic tank yang diperlukan untuk menangani limbah dari asrama tersebut ?
2.Skets konstruksi dari septic tank tersebut ?
3.Perkiraan kwalitas dari effluent ?

Perhitungan :
Pengolahan limbah akan melibatkan proses fisika (misalnya pengendapan, settlement, pemisahan) dan juga proses biologis serta kimiawi yang amat komplex. Dalam hal ini faktor yang mempengaruhi proses tersebut amat banyak dan tidak dapat dihitung secaia eksak
seperti perhitungan aljabar.Karena itu dianjurkari untuk menggunakan kaidah dan pengalaman empiris yang telah dikembangkan oleh ahli ahli yang berkecimpung dalam masalah ini dengan tetap peka terhadap faktor faktor lain yang sifatnya site spesifik.

-Dari data diatas maka Flow rate = 13/12 = 1.08 m3/jam
-Seperti telah disinggung diatas proses utama yang terjadi dalam sistem septic tank adalah pengendapan (settling).
-Selama pengendapan ini terjadi pengurangan (removal) dari organic load.

Dengan HRT 18 jam, dari grafik empiris diatas didapatkan faktor pengali kira kira 0.5.Maka COD removal rate dihitung = 0.42 (ratio SS/COD) dibagi angka 0.6 dan dikalikan faktor pengali tsb.
(angka 0.6 adalah faktor yang didapat dari pengalaman)
= (0.42/0.6) x 0.5 = 0.35 atau 35% Maka kadar COD dari effluent = (1-0.35) x 630 = 409.5 mg/lt

-Pengurangan BOD selama pengolahan limbah pada septic tank tidak linear dengan pengurangan COD. Untuk limbah domestik hubungan empiris dapat dilihat pada grafik ini

gb751

Dari grafik terlihat bahwa COD removal 35% maka diperoleh faktor =
1.06. Maka pengurangan BOD (BOD removal) = 1.06 x COD removal = 1.06×35% = 37.1% Karena itu perkiraan kadar BOD effluent = (100% – 37.1%) x 330 = 207.5 mg/Itr
Berikutnya adalah langkah untuk perhitungan volume dan dimensi septic tank.

Yang harus diingat disini adalah volume yang dibutuhkan untuk menampung limbah selama hydraulic retention time yang kita inginkan dan juga volume yang dibutuhkan untuk menampung lumpur yang terjadi.Misalnya Limbah yang masuk mempunyai kadar BOD sebesar A
sedangkan yang keluar BOD nya sudah berkurang menjadi B. Selisih(AB)
inilah yang yang diendapkan dalam septic tank dan menjadi lumpur/sludge.

Pertanyaannya adalah setiap kg BOD tsb menjadi lumpur berapa liter ? Pertanyaan berikutnya adalah apakah lumpur tsb bila disimpan cukup lama tidak termampatkan hingga volumenya berkurang ? Lumpur bila disimpan dalam waktu yang cukup lama akan termampatkan dan berkurang volumenya dan percobaan empiris untuk limbah domestik menghasilkan grafik dibawah ini:

gb752

Dari grafik diatas maka untuk desludging interval 12 bulan (sekalisetahun) akan diperoleh faktor 83%.Sebagai patokan tanpa effek pemampatan karena penyimpanan,volume dar sludge yang terjadi dari 1 gram BOD adalah 0.005 liter.Istilahnya adalah Sludge Itr/gram DOD removal = 0.005 Tetapi dalam kasus ini akan terjadi pengurangan volume karena periode pengurasan (desludging interval) adalah 12 bulan.

Karena itu = 83% x 0.005 = 0.0042 Itr/gr BOD rem Patokan untuk perhitungan Volume Septic tank adalah:
Selama periode pengurasan (desludging interval) yang dicanangkan Total akumulasi endapan sludge/lumpur jangan sampai lebih dari 50% (separo) dari volume konstruksi.Bila tidak maka proses tidak akan bedalan seperti yang diharapkan dan malahan bisa terjadi berbagai masalah yang akan sangat merepotkan.

Marilah ditinjau satu demi satu:
-Volume sludge yang akan terjadi adalah: = 0.042 x (330 – 207.5)/1000 x 12 bin x 30 hr x 13 = 2.4 m3 Ingat volume sludge ini tidak terjadi sekaligus tetapi tumpukan selama 12 bulan sesuai dengan desludging interval yang kita inginkan.
-Karena hydraulic retention time (HRT) yang ditetapkan adalah 18 jam dan flow rate nya a dalah 1.08 m3/jam, maka volume yang dibutuhkan untuk menginapkan limbah selama 18 jam tersebut adalah:
= 18 x 1.08 = 19.44 m3

-Bayangkan pada setelah hampir satu tahun maka kapasitas yang dibutuhkan agar sistem tetap bekerja dengan baik adalah:
= 2.4 + 19.44 = 21.84 m3 …… untuk mudahnya disebut A
-Sesuai data diatas jumlah limbah setiap hari nya adalah 13 m3 Karena HRT ditetapkan 18 jam (padahal satu hari adalah 24 jam) maka untuk menginapkan selama 18 jam dibutuhkan volume sebesar:
= 13 x 18/24 = 9.75 m3
Diatas telah disebut bahwa total akumulasi lumpur dan limbah jangan sampai lebih dari separo konstruksi.Maka = 2 x 9.75 m3 = 19.5 m3 untuk mudahnya disebut B
-Bila A cukup dipakai volume B untuk desain Tetapi bila A > B -> dianjurkan memakai volume A untuk desain
-Dalam kasus ini A > B, maka volume desain septic tank adalah 21.84 m3

Bagian atas tembok kira kira harus 15 a 20 cm lebih tinggi dari muka air, atau volume keseluruhannya ditambah kira kira 10% Karena itu volume keseluruhan kira-kira 23.5 m3.Untuk kasus ini lahan tidak menjadi masalah dan lebar bagian dalam dari septic tank tersebut ditetapkan 2.5 meter.

Sedangkan kadalaman minimum (moncong outlet) ditetapkan 2 meter.Berdasarkan hal tsb maka:Panjang bak pertama (chamber 1) = 3.1 mtr Skets dari septic tank yang anda desain menjadi sbb:

gb753

Kata Pencarian Artikel ini:

cara membuat septic tank, konstruksi septic tank, Desain Septic tank, membuat septic tank, cara membuat septic tank yang benar, cara membuat septic tank ramah lingkungan, perhitungan septic tank, cara pembuatan septic tank, cara membuat sepsi tank, pertanyaan tentang septik tank
Artikel ini termasuk kategori: Limbah Industri dan memiliki 7 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

7 Komentar untuk “Langkah Perencanaan Untuk Septic Tank”

  • suroso says:

    untuk menghitung kapasitas septik tank diperlukan apa saja ,dan bagaimana caranya supaya perhitungan itu lebih sederhana?

  • firman efendy says:

    thank’s ya !!! penghitungannya berguna bgt… tp aq kurang ngerti ne k’ !! bisa lebih terperinci lg g’???

  • Primaoptip says:

    dulu waktu kuliah hitungan ga seribet gitu. data yang dibutuhkan jg ga sebanyak gt. cuma perlu diketahui jumlah jiwa terus kemudian diasumsikan jumlah kakusnya. tp bukunya uda aku jual habis kuliah sekarang butuh malah bingung nyarinya. hahaha….

  • firmansyah says:

    Dear Mbak Suparni,
    Terimakasih artikel tulisannya bagus banget untuk pencerahan saya. Saya mechanical engineer, yang saya pelajari dari SNI untuk perhitungan septic tank hanya berupa tabulasi dengan memasukan parameter jumlah hunian orang, tanpa saya tahu basic perhitungannya. kalau boleh tahu saya mohon informasi Design calculation tsb merujuk ke buku apa? Saya sangat membutuhkan rujukan dan graphic empiris tersebut.
    Note: Grafik HRT artikel diatas tidak dicantumkan ya Mbak.

    Regards,
    Firmansyah

  • Pelanggan Septic Tank Biotech Yang Terhormat, senang rasanya kami PT. BIOTECH INTERNATIONAL,bisa menjadi pilihan anda yang membutuhkan Septic Tank Biotech, Perusahan kami telah berpengalaman lebih dari 10 Tahun memproduksi Septic Tank Biotech yang berfungsi membantu mengolah limbah dengan lebih ramah lingkungan bagi kebutuhan industri anda. Septic Tank Biotech dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris, membuat Septic Tank Biotech sangat nyaman dan aman digunakan.
    Keunggulan Septic Tank Biotech antara lain :
    Septic Tank Biotech sangat kuat dan telah banyak digunakan oleh Pabrik Dan Project di Indonesia.
    Septic Tank Biotech berkualitas tinggi
    Septic Tank Biotech dikerjakan oleh tenaga ahli
    Septic Tank Biotech mudah dipasang
    Septic Tank Biotech Tidak Memerlukan Lahan Yang Luas, Tetapi hasil olahan Septic Tank Biotech Sangat Baik Dan Layak Dibuang ke saluran umum
    Septic Tank Biotech mudah dipindahkan
    Septic Tank Biotech adalah solusi dari lingkungan yang semakin rusak, segera gunakan Septic Tank Biotech demi kelangsungan hidup yang lebih baik

    Salam hangat
    PT. BIOTECH INTERNATIONAL
    Ricky Wijaya
    Phone : 021 713 15 712, 021 9062 8103
    Hp : 081314494199

  • ahli dalam design septic tank biotech, perhitungan septic tank biotech, manufaktur septic tank biotech, pabrikasi septic tank biotech, alat/ system pengolahan air limbah / septic tank biotech,instalasi pengolahan air limbah biotech, instalasi pengolahan limbah cair bitech, septic tank biological system merk biotech, penanganan limbah cair khususnya pengolahan limbah rumah tangga ( domestic waste ) baik black water ( air kotor ) atau grey water ( air bekas ) , penanganan masalah sanitasi.
    System septic tank biotech mampu mengolah semua limbah rumah tangga dari segala jenis type bangunan termasuk : Perumahan, hotel, Mall, Gedung perkantoran, Rumah sakit, Klinik, Apartemen, Pertokoan, Sekolahan, Tempat kerja lainnya, Pabrik dan jenis/ tipe bangunan lainnya.segera gunakan septic tank biotech untuk lingkungan yang lebih bersih,septic tank biotech lebih ramah lingkungan.Septic Tank / Septik Tank BIOTECH membantu mengatasi pencemaran air/ tanah sehingga menjadikan lingkungan bersih dan sehat. Septic Tank BIOTECH juga dilengkapi dengan disinfektan tube yang berguna untuk mensterilkan limbah domestik dari bakteri patogen. Keunggulan Septic Tank BIOTECH : Tidak memerlukan perawatan khusus dan tidak membutuhkan lahan yang luas, tidak akan terjadi penyumbatan, serta struktur bodi yang terbuat dari bahan fiberglass dan tahan bocor
    Septic tank biotech yang kami produksi menggunakan system media cell ganda, dan system pengandapan Lumpur dengan  System ini kami mampu melakukan efisiensi pengolahan sampai 90% , Sehingga Air buangan hasil olahan septic tank biotech sudah sesuai dengan baku mutu yang ditetapkan oleh Perda DKI sbb :  BOD < 50 mg/ lCOD < 80 mg/ lSeny. Biru Met < 2 mg/ lMinyak & Lemak < 20 mg/ lAmoniak < 10 mg/ lTSS < 50 mg/ lKMNo4 < 85 mg/ lPH 6-9

    Salam hangatPT. Biotech InternationalRicky Wijaya081314494199021 713 15 712b10tech@yahoo.comwww.b10tech.co.cc

  • suamat says:

    artikelnya sangat bagus! ini mungkin solusi yang di butuhkan. trims da sharing.

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>