Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, December 20, 2014 13:30

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Hal-hal yang Dapat Menyebabkan Kecelakaan

Ditulis oleh Suwahono pada 21-01-2010

Ada tiga dasar penyebab terjadinya kecelakaan kerja, yaitu:

  1. Terjadi secara kebetulan.

Dianggap sebagai kecelakaan dalam arti asli (genuine accident) sifatnya tidak dapat diramalkan dan berada di luar kendali manejemen perusahaan. Misalnya, seorang karyawan tepat berada di depan jendela kaca ketika tiba-tiba seseorang melempar jendela kaca sehingga mengenainya.

  1. Kondisi kerja yang tidak aman.

Kondisi kerja yang tidak aman merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan. Kondisi ini meliputi faktor-faktor sebagai berikut:

  1. Peralatan yang tidak terlindungi secara benar.
  2. Peralatan yang rusak.
  3. Prosedur yang berbahaya dalam, pada, atau di sekitar mesin atau peralatan gudang yang tidak aman (sumpek dan terlalu penuh).
  4. Cahaya tidak memadai, suram, dan kurang penerangan.
  5. Ventilasi yang tidak sempurna, pergantian udara tidak cukup, atau sumber udara tidak murni.

Pemulihan terhadap faktor-faktor ini adalah dengan meminimalkan kondisi yang tidak aman, misalnya dengan cara membuat daftar kondisi fisik dan mekanik yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Pembuatan cheklist ini akan membantu dalam menemukan masalah yang menjadi penyebab kecelakaan. Meskipun kecelakaan dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, akan tetapi ada tempat-tempat tertentu yang mempunyai tingkat kecelakaan kerja tinggi. Kira-kira sepertiga dari kecelakaan industri maupun laboratorium terjadi di sekitar truk forklift, kereta dodorng, dan tempat-tempat angkat junjung barang.

Kata Pencarian Artikel ini:

sebutkan penyebab terjadinya kecelakaan di laboratorium!, mengapa kecelakaan di laboratorium bisa terjadi, faktor penyebab kecelakaan di laboratorium, hal hal yang mengakibatkan kecelakaan kerja, kecelakaan industri dan kimia, Sebutkan faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja di laboratorium, hal hal yang menyebabkan kecelakaan di air, yang dapat menyebab kan kecelakaan di labo ratorium, sebutkan penyebab kecelakaan dari unsur kimiawi, penyebab kecelakaan dari unsur kimiawi
Artikel ini termasuk kategori: Manajemen Laboratorium Kimia dan memiliki 0 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>