Daftar Lupa kata kunci?
Thursday, April 27, 2017 15:04

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Pemisahan Dengan Kromatografi Tipis dan Kromatografi Kolom

Ditulis oleh Adam Wiryawan pada 18-03-2011

a. Kromatografi Lapis Tipis (KLT)

KLT merupakan cara analisis cepat yang memerlukan bahan sedikit, baik penyerap maupun cuplikannya. KLT dapat digunakan untuk memisahkan senyawa yang hidrofobik seperti lemak dan karbohidrat. KLT dapat digunakan u ntuk menentukan eluen pada analisis kromatografi kolom dan isolasi senyawa murni dalam skala kecil.

Pelarut yang dipilih untuk pengembang pada KLT disesuaikan dengan sifat kelarutan senyawa yang dianalisis. Sebagai fase diam digunakan silika gel, karena tidak akan bereaksi dengan senyawa atau pereaksi ayng reakstif.

Data yang diperoleh dari analisis dengan KLT adalah nilai Rf, nilai Rf berguna untuk identifikasi suatu senyawa. Nilai Rf suatu senyawa dalam sampel dibandingkan dengan nilai Rf dari senyawa murni.

Nilai Rf didefinisikan sebagi perbandingan jarak yang ditempuh oleh senyawa pada permukaan fase diam dibagi dengan jarak yang ditempuh oleh pelarut sebagai fase gerak.

b. Kromatografi Kolom.

Kromatografi kolom digunakan untukdigunakan untuk memisahkan suatu campuran senyawa. Kolom yang terbuat dari gelas diisi dengan fase diam berupa serbuk penyerap (seperti selulosa, silika gel, poliamida). Fase diam dialiri (dielusi) dengan fase gerak berupa pelarut.

Sampel yang mengandung campuran senyawa dituangkan ke bagian atas dari kolom, kemudian dielusi dengan pelarut sebagai fase gerak. Setiap senyawa/komponen dalam campuran akan didorong oleh fase gerak dan sekaligus ditahan oleh fase diam. Kekuatan senyawa ditahan oleh fase diam akan berbeda dengan senyawa lainnya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemisahan dengan kromatografi kolom adalah fase diam yang digunakan, kepolaran pelarut (fase diam), ukuran kolom (diamter dan panjang kolom), kecepatan alir elusi.

Gambar 18.22. Kolom kromatografi

Tutorial : Kromatografi Cair

1.Garis besar syarat-syarat instrumental dari High Performance Liquid Chromatograph modern
2. Apa yang Anda ketahui tentang istilah-istilah berikut :

  • Normal Phase Chromatography
  • Reverse Phase Chromatography
  • -Isocratic Operation
    -Gradient Elution
    -Flow Programming
  • -Porous
    -Pellicular
    -Hydrophyllic
    -Lipophyllic

3.Garis besar mekanisme yang merupakan dasar pemisahan dalam bentuk kromatografi berikut :

  • Kromatografi Cair Padat (Adsorpsi)
  • Kromatografi Cair Cair ( utamanya bonded phase)
  • Kromatografi Pasangan Ion
  • Kromatografi Pertukaran Ion
  • Size Exclusion Chromatography

Kata Pencarian Artikel ini:

nilai rf, nilai rf adalah, pemisahan senyawa dengan kromatografi, rf adalah, laporan kimia organik pemisahan senyawa dengan kromatografi, gambar kromatografi kolom, fungsi dan cara kerja kromatografi, faktor faktor yang mempengaruhi proses pemisahan (kromatografi), pemisah senyawa dengan kromatografi, pelarut yang dogunakan untuk pemisahan karbihidrat
Artikel ini termasuk kategori: Kromatografi dan memiliki 1 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

1 Komentar untuk “Pemisahan Dengan Kromatografi Tipis dan Kromatografi Kolom”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>