Daftar Lupa kata kunci?
Friday, October 31, 2014 14:01

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Manfaat Bawang Putih pada Kesehatan

Ditulis oleh Soetrisno Misawa pada 26-05-2009

garlicJ-Queen’s memimpin tim yang telah menemukan alasan mengapa bawang putih sangat baik bagi kita. Ada banyak peneliti percaya bahwa senyawa organik, allicin pada bawang putih yang telah memberikan aroma dan rasa, juga bertindak sebagai antioksidan yang paling kuat di dunia. Tetapi sampai sekarang belum jelas bagaimana allicin bekerja, atau bagaimana susunan atas lebih sering dibandingkan dengan antioksidan seperti vitamin E dan coenzyme Q10, yang menghentikan kerusakan akibat senyawa radikal.

“Kami tidak dapat mengerti bagaimana pada bawang putih mengandung Antioxidan yang efisien, karena tidak memiliki sejumlah jenis komponen yang biasanya bertanggung jawab untuk kegiatan Antioxidan yang tinggi dalam tanaman, seperti flavanoids ditemukan di teh hijau atau anggur” Profesor Derek Pratt yang memimpin studi Kimia ini mengatakan “Jika memang allicin yang bertanggung jawab untuk kegiatan ini dalam bawang putih, kami ingin mengetahui bagaimana ia bekerja.”

Tim peneliti menguji kemampuan allicin dalam merusak senyawa radikal sehingga efektif, juga mempertimbangkan kemungkinan bahwa produk dekomposisi allicin mungkin yang dapat melakukannya. Melalui percobaan dengan synthetically maka diproduksi allicin, mereka menemukan bahwa asam dihasilkan ketika kompleks terdekomposisi dengan cepat ketika bereaksi dengan radikal.

Temuan mereka diterbitkan dalam Januari 2009 isu internasional jurnal kimia Angewandte Chemie.

“Pada dasarnya allicin kompleks harus mengurai dalam rangka untuk menghasilkan Antioxidan yang kuat,” jelas Dr Pratt, Ketua Penelitian Kanada di Kimia radikal bebas. “Reaksi antara asam dan sulfenik radikal adalah secepat ia dapat, hanya terbatas pada waktu yang diperlukan untuk dua molekul yang akan datang ketika kontak. Tidak ada seorang pun yang pernah melihat komponen, secara alami atau sintetis, bereaksi dengan cepat ini sebagai antioksidan.”

Para peneliti yakin bahwa ada hubungan antara reaksi dari asam sulfenik dan manfaat bawang putih. “Saat bawang putih telah digunakan sebagai jamu selama berabad-abad dan banyak suplemen bawang putih di pasar, sampai saat ini belum ada penjelasan untuk meyakinkan mengapa bawang putih yang bermanfaat,” kata Dr Pratt. “Saya pikir kami telah mengambil langkah pertama dalam menyibak secara mendasar kimia mekanisme yang dapat menjelaskan manfaat obat dari bawang putih.”

Setipe dengan dengan bawang merah, bawang putih adalah spesies di dalam keluarga Alliaceae. Semua ini berisi tanaman lainnya yang kompleks yang sangat mirip dengan allicin, tetapi mereka tidak memiliki properti kandungan obat yang sama. Dr Pratt dan rekan percaya bahwa ini adalah karena adanya tingkat dekomposisi lambat dari allicin dalam bawang merah,dan bawang putih yang mengarah ke tingkat yang lebih rendah dari asam sulfenic untuk bereaksi sebagai antioksidan dengan radikal.

Studi ini didanai oleh Natural Sciences and Engineering Research Council of Canada (NSERC) dan Departemen Inovasi Ontario. Anggota lain dari tim peneliti Kimia pasca-doktoral dan peneliti Vipraja Vaidya Keith Ingold, dari National Research Council of Canada.

Sumber: http://www.ccnmag.com/article/chemists_explain_health_benefits_of_garlic

Kata Pencarian Artikel ini:

manfaat bawang putih
Artikel ini termasuk kategori: Kimia Pangan dan memiliki 13 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

13 Komentar untuk “Manfaat Bawang Putih pada Kesehatan”

  • Apakah b.putih juga bisa memperlancar peredaran darah dan mengurangi resiko penyakit jantung atau mencegah stroke?

  • Alhamdulillah, melalui artikel ini saya belajar dan telah mengetahui sebagian dari seluruh manfaat ‘bawang putih’. Terimakasih.

  • eko says:

    apa bisa bau bawang dihilangkan tanpa mengurangi manfaatnya?

    aku rindu padamu wahai sang Ilmu

  • zee says:

    ternyata bawang putih tidak hanya bisa di pakai untuk pengusir makhluk2 halus atau jin. tetapi melalui artikel ini,,di balik baunya yg tidak sedap ini kita dapat melihat sisi lain dari bawang putih.

    semoga kelak akan di temukan lagi sisi positif lain dari bawang putih yg lebih dahsyat.

  • bry says:

    teman saya tekanan darahnya selalu tinggi dan kepala selalu rasanya berat pernah beliau mengkonsumsi bawang putih tapi gak berhasil lalu beliau mengkonsumsi jus daun sop setiap pagi setengah gelas, dan sampai saat ini kepala nya terasa ringan dan tekanan darahnyapun kembali normal

  • Yanlanus says:

    Selain allicin sebagai antioksidan, adakah zat lain yang memberikan efek protektif dari bawang putih ? Berapa takaran (gram) bawang putih dikonsumsi untuk mendapatkan efek manfaat ? Terima kasih dan selamat meneliti !

  • sujar says:

    buat meng hilangkan jrawat ad evek sampingx g?

  • himawan says:

    1 atau 2 siung bawang putih dijadikan param sangat bermanfaat. bawang putih diiris / di tumbuk lalu diletakkan di tengkuk lantas ditutup plester. sangat baik buat ngilangin pusing. diganti tiap sore, 1 jam setelah setelah mandi sore.

  • hemat purba says:

    Saya selalu konsumsi bawang putih, tidak dirangukan lagi, healthy and strong, padahal I work overtime every day 

  • Dien says:

    Aku br beli kapsul b. putih, coba dulu, komentar belakangan, ok.

  • ryri says:

    struktur kimia bawang putih apa sihh..???

  • ami says:

    bagaimana cara mengusir makhluk halus dengan bawang putih????????????????

    segera dijawab!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>