Daftar Lupa kata kunci?
Sunday, December 21, 2014 12:41

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Manfaat baru botol plastik bekas

Ditulis oleh Masdin Mursaha pada 31-03-2009
face_00001

Botol-botol plastik sampah bisa diurai untuk membuat bola-bola karbon yang sangat kuat, yang bisa digunakan dalam pelumas.

Vilas Pol dari Bar-Ilan University, Ramat-Gan, Israel, dan rekan-rekannya menghasilkan mikrosfer karbon yang kuat dari PET (polietilen tereftalat) sampah. Mereka memanaskannya botol cola bekas pakai pada suhu 700oC selama tiga jam dalam sebuah reaktor tertutup. Plastik kemudian didekomposisi dibawah tekanan yang terbentuk sendiri untuk menghasilkan bola karbon yang keras dengan diameter antara dua sampai 10 mikrometer. “Salah satu pisau mata berlian kami patah dan yang lainnya rusak pada saat kami mencoba memotong melintang bola karbon ini,” kata Pol.

“Kekuatan material-material ini sangat menarik,” kata Neil Coville, koordinator grup Carbon Nanotubes and Strong Composites di University of the Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan. “Hasil ini sangat mengesankan dan kita harus mempertimbangkan penggunaan material ini di masa mendatang”.

“Proses ini sangat menarik,” kata Philippe Serp, seorang ahli di bidang nano-struktur karbon di National Center for Scientific Research, Toulouse, Perancis, “Karena proses ini tidak memerlukan katalis.” Proses yang bisa ditingkatkan menjadi skala industri ini juga tidak memerlukan pelarut dan lebih baik dari metode-metode sekarang yang memiliki kekurangan seperti hasil yang rendah dan pemisahan bola-bola karbon yang tidak maksimal jelaga karbon.

Bola-bola karbon digunakan dalam penyimpanan energi dan piranti-nano. Mikrosfer yang dibuat Pol ini bisa tahan pada tekanan yang sangat tinggi, sehingga dapat digunakan dalam pelumas. Mengurangi suhu reaksi dibawah 700oC akan memberikan partikel-partikel karbon yang lebih besar yang bisa digunakan dalam piranti seperti printer, toner, dan teknologi filtrasi.

“Tantangan yang dihadapi komunitas sains sekarang ini untuk mencari solusi yang inovatif untuk degradasi polimer-polimer limbah telah memotivasi kami,” papar rekan Pol, Aharon Gedanken. “Proses yang kami gunakan ini menunjukkan sebuah cara untuk merubah limbah polimer PET menjadi produk-produk yang bernilai industri.

Disadur dari: http://rsc.org/chemistryworld

Kata Pencarian Artikel ini:

manfaat botol plastik, pemanfaatan limbah botol plastik, manfaat botol plastik bekas, manfaat botol bekas, manfaat plastik bekas, artikel tentang botol plastik bekas, pemanfaatan limbah botol aqua, Memanfaatkan sampah botol plastik, memanfaatkan limbah botol plastik, 10 manfaat botol bekas
Artikel ini termasuk kategori: Kimia Material dan memiliki 14 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

14 Komentar untuk “Manfaat baru botol plastik bekas”

  • tintun says:

    chem-is-try.org’s v gud….

  • the hero says:

    oke juga tuh …

  • Fer says:

    alternatif yg baik karena belum ada teknologi yg dapat mengurai plastik secara sempurna.. Tp, apakah plastik PET (polietilen tereftalat) memberikan hasil samping ketika dipanaskan hingga 700 oC?..

  • saya masih belum mengerti, disitu ditulis bisa membuat bola karbon yang keras, bahkan mata pisau berlian sampai patah. tapi koq bisa juga dijadikan pelumas ya?

    Saya memang kurang paham tentang polimer.. :)

  • noengklirputra says:

    mohon redaksi chem-is-try tanggapannya terhadap pertanyaan saudara wahyu..

  • Soetrisno says:

    “Bola-bola karbon digunakan dalam penyimpanan energi dan piranti-nano. Mikrosfer yang dibuat Pol ini bisa tahan pada tekanan yang sangat tinggi, sehingga dapat digunakan dalam pelumas. ” .. Jadi dalam keadaan tekanan normal, polimer ini berbentuk padat dan memiliki sifat sangat keras. Namun ketika dalam keadaan tekanan sangat tinggi, polimer ini akan berbentuk larutan yang dapat berfungsi sebagai pelumas. Sebagai tambahan, Polimer-polimer yang mudah terdegrasi tidak dapat bertahan dalam tekanan tinggi dan tidak dapat digunakan sebagai pelumas.

  • Shahara says:

    Polimer-polimer yang berbentuk padat hasil dari olah limbah padat seperti botol-botol plastik jika dapat dibuat menjadi pelumas maka akan mengurangi sampah yang tidak dpat didaur ulang.

  • Illyasviel Von Eizbern says:

    Very interesting… :D very good

  • zack says:

    dg ketahanan daya panas < 700c maka produk yg dihasilkan sangat rentan utk dijadikan bahan pelumas karena dapur mesin mobil kisaran 500c apalagi di Jakarta macet melulu & juga masih banyak kok bahan kimia lainnya yg tahan di atas itu. Aq rasa penemuan tsb tdk sempurna dech…………………

  • widi says:

    apakah botol minuman plastik bekas misal dari sprite atau cocacola boleh kita gunakan untuk menyimpan minuman sehari-hari dirumah dan disimpan di lemari pendingin? sebab saya memanfaatkan botol-botol tersebut dirumah. terimakasih atas jawabannya

  • indriya says:

    bagaimana langkah2 pembuatannya?

    bisa tolong kasih tau ??

  • naryok says:

    Artikel ini masih bersifat hipotesa oleh karena itu masih jauh terapannya

  • yovi alsa says:

    sumpahh ,, akk kog masii binund yya ??

  • anjar says:

    semakin optimal mengurangi sampah di indonesia .untuk produk pelumasnya?

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>