Daftar Lupa kata kunci?
Sunday, April 20, 2014 22:54

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Kembang Api, Buatan Manusia Yang Memperindah Langit Malam

Ditulis oleh Irnazia Suryaningrum pada 02-09-2009

kembang-api-kimiaPernah kah kalian ketika menyaksikan kembang api menjelang tahun baru? Apakah yang membuat warna warni dalam kembang api?

Mereka menambahkannya bahan-bahan kimia ke dalam campuran bahan peledak, yakni bahan yang memancarkan warna cahaya tertentu ketika mengalami panas, yakni bahan yang memancarkan  warna cahaya tertentu ketika mengalami panas.  Anda dapat melemparkan bahan kimia yang sama ke perapian atau api unggun jika menurut Anda api hijau, misalnya terasa lebih romantik.

Ketika Anda melemparkan sebuah atom ke dalam sebuah nyala api, atom itu dapat mengambil sebagian energi api dengan membuat elektron-elektronnya bergerak lebih cepat. Elektron-elektron “beringas” ini sebetulnya ingin kembali ke tingkat energi alami yang lebih santai (dalam bahasa ilmiah disebut ground state). Cara termudah bagi mereka untuk melakukannya adalah melepaskan energi lebihan mereka dalam bentuk semburan cahaya. Jika cukup banyak atom dalam sebuah nyala api secara serentak mengambil energi panas dan melemparkannya kembali dalam bentuk cahaya, kita dapat menyaksikan sebagai cahaya yang sangat terang.

Setiap jenis atom atau molekul pada awalnya memiliki seperangkat energi elektron yang unik. Maka, tiap jenis atom atau molekul dalam nyala api akan mengambil dan melemparkan kembali jumlah energi yang unik pula. Itu sebabnya atom dan molekul berbeda akan menancarkan panjang gelombang atau warna cahaya berbeda. (Dalam bahasa ilmiah : setiap atom atau molekul memiliki spektrum emisi unik masing).  Sayangnya bagi pabrik kembang api, kebanyakan atom molekul memancarkan cahaya dalam warna-warni yang tidak tampak oleh manusia ; di daerah spektrum ultra ungu atau inframerah. Bagaimanapun, masih ada atom-atom unsur tertentu yang memancarkan warna-warna cemerlang dalam daerah spektrum cahaya nampak sehingga dapat kita nikmati.

Berikut ini beberapa jenis atom (dalam bentuk senyawa kimia masing-masing) yang di gunakan untuk membuat warna-warna dalam kembang api, merah didapat dari stronsium (paling sering dipakai) untuk membuat cahaya berwarna crimson (merah tua keunguan), kalsium untuk membuat warna merah kekuningan, lithium untuk membuat warna kuning hijau terang. Hijau didapat dari barium (paling sering dipakai) untuk membuat warna hijau kekuningan, tembaga untuk membuat warna hijau zamrud, telurium untuk membuat warna hijau rumput,  thalium untuk membuat warna hijau kebiruan, seng untuk membuat hijau keputihan. Biru didapat dari tembaga (paling sering dipakai) untuk membuat warna azure (biru langit cerah), arsenikum untuk membuat warna biru muda, timbal untuk membuat warna biru muda, selium juga digunakan untuk membuat warna biru muda. Ungu didapat dari cesium untuk membuat warna ungu kebiruan, kalium untuk membuat warna ungu kemerahan, dan rubidium untuk membuat warna ungu.

Coba deh,  Jika kalian menjumpai kesempatan membuat atau mengikuti beberapa acara api unggun, baik di gunung maupun di pantai, taburkan sedikit garam meja atau bubuk natrium bikarbonat (soda kue) ke atasnya maka Anda akan menyaksikan nyala kuning cemerlang yang telah dihasilkan oleh unsur natrium. Jika Anda memiliki bahan penggati garam, coba taburkan bahan itu (biasanya kalium klorida), maka Anda akan mendapatkan nyala khas kalium yang ungu kemerahan. Jika Anda membawa lithium untuk pengobatan manic depressive (semacam gangguan mental), hiburlah diri Anda dengan membuat nyala berwarna paling indah dalam hidup Anda.

Kata Pencarian Artikel ini:

cara membuat kembang api, kembang api, Cara buat kembang api, Membuat kembang api, cara pembuatan kembang api, kembang api tahun baru, senyawa pembuatan kembang api, kursus pembuatan kembang api, jenis senyawa yang digunakan untuk pembuatan kembang api, senyawa yang di gunakan untuk membuat kembang api
Artikel ini termasuk kategori: Kimia Material dan memiliki 9 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Komentar dan Ping tidak diijinkan.

9 Komentar untuk “Kembang Api, Buatan Manusia Yang Memperindah Langit Malam”

  • Syahrial says:

    Thanks infonya…

  • ganool says:

    wah,kimia emang ada dimana-mana
    chemistry everywhere

  • Budi Swityastuti says:

    wah..trima kasih artikelnya kebetulan ada murid yg menanyakan kenapa kembang api bs berwarna-warni?

    • irnazs11 says:

      Lupakan kata sains, artikel ini cuma bercerita tentang apa saja yang terjadi di balik setiap kejadian sehari-hari.Bagi anda yang orang-orang yang ingin tahu tentang dunia di sekitar kita tetapi tidak punya waktu untuk mencari penjelasan atau terlanjur takut pada yang berbau ilmiah :-D
      Sudah jelas, jawaban kejadian sehari -hari ini harus ilmiah kan?, yaitu logis dan akurat. Tapi di sini kita tidak akan mendapat jawaban-jawaban ilmiah populer seperti lazimnya yang hanya membuat kita terbengong-bengong seperti semula. Bukan hanya jawaban, kita juga akan memperoleh penjelasan ; dalam bahasa sehari-hari yang mudah-mudahan bisa mengantar kita ke pemahaman yang sesungguhnya. semoga artikel ini cukup bermanfaat, dan selamat mencari tahu.. (v_^)V

  • ami says:

    wah wah . jadi pngen nyoba buat .

    ^^

  • miss justme says:

    life is chemistry, that’s true!!
    mulai jatuh cinta dengan kimia…

  • dyaluvh says:

    chemistry…………………….Luvh U……….

  • Richard says:

    Kimia itu asikkkk…

    kalau arsenicum, crimson, cesium, dll it dapetna dimana ya?

    dalam bahan makanan atau benda/ zat lain?

    jd pengen nyoba buat kembang api sendiri.

    ahahaha

  • melny says:

    wah…,jadi tambah cinta neh ma kimia..
    Luv u..