Daftar Lupa kata kunci?
Tuesday, July 29, 2014 14:44

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Rokok, Laboratorium Reaksi Kimia Berbahaya

Ditulis oleh Sinly Evan Putra pada 14-05-2005

Sangat ironis memang bahwa manusia sangat memperhatikan keseimbangan alam akibat proses pembakaran bahan bakar oleh industri yang mengeluarkan polusi, tetapi dilain pihak orang-orang dengan sengaja mengalirkan gas produksi pembakaran rokok ke paru-paru mereka.

Kebiasaan merokok telah menjadi budaya diberbagai bangsa di belahan dunia. Mayoritas perokok diseluruh dunia ini, 47 persen adalah populasi pria sedangkan 12 persen adalah populasi wanita dengan berbagai kategori umur. Latar belakang merokok beraneka ragam, di kalangan remaja dan dewasa pria adalah faktor gengsi dan agar disebut jagoan, malahan ada salah satu pepatah menarik yang digunakan sebagai pembenar atas kebiasaan merokok yaitu `ada ayam jago diatas genteng, ngga merokok ngga ganteng`. Sedangkan kalangan orang tua, stres dan karena ketagihan adalah faktor penyebab keinginan untuk merokok.

Berbagai alasan dan faktor penyebab untuk merokok diatas biasanya kalah seandainya beradu argumen dengan pakar yang ahli tentang potensi berbahaya atas apa ditimbulkan dari kebiasaan merokok baik bagi dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan. Harus diakui banyak perokok yang mengatakan bahwa merokok itu tidak enak tetapi dari sekian banyak pamflet, selebaran, kampanye anti rokok, sampai ke bungkus rokoknya diberi peringatan akan bahaya kesehatan dari rokok, tetap tak bisa mengubris secara massal berkurangnya kebiasaan merokok dan jumlah perokok

Tulisan ini mungkin sama nasibnya dengan kumpulan aksi anti rokok yang didengungkan seperti diatas, tetapi saya mencoba membahasnya dari sudut kimia sesuai dengan literatur yang dipunyai, dengan harapan pembaca situs ini yang mayoritas dari jurusan kimia akan lebih mudah memahami ketimbang saya membahas dari sudut kesehatan, lingkungan atau industri. Sehingga mudah-mudahan setelah membaca artikel ini.setidaknya ada beberapa orang dapat berhenti merokok.

Rokok dan Reaksi Kimia (Pembakaran)

Proses pembakaran rokok tidaklah berbeda dengan proses pembakaran bahan-bahan padat lainnya. Rokok yang terbuat dari daun tembakau kering, kertas dan zat perasa, dapat dibentuk dari unsur Carbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N) dan Sulfur (S) serta unsur-unsur lain yang berjumlah kecil. Rokok secara keseluruhan dapat diformulasikan secara kimia yaitu sebagai (CvHwOtNySzSi).

Dua reaksi yang mungkin terjadi dalam proses merokok

Pertama adalah reaksi rokok dengan oksigen membentuk senyawa-senyawa seperti CO2, H2O, NOx, SOx, dan CO. Reaksi ini disebut reaksi pembakaran yang terjadi pada temperatur tinggi yaitu diatas 800oC. Reaksi ini terjadi pada bagian ujung atau permukaan rokok yang kontak dengan udara.

CvHwOtNySzSi + O2 -> CO2+ NOx+ H2O + SOx + SiO2 (abu) ((pada suhu 800oC))

reaksi pembakaran rokok

Reaksi yang kedua adalah reaksi pemecahan struktur kimia rokok menjadi senyawa kimia lainnya. Reaksi ini terjadi akibat pemanasan dan ketiadaan oksigen. Reaksi ini lebih dikenal dengan pirolisa. Pirolisa berlangsung pada temperatur yang lebih rendah dari 800oC. Sehingga rentang terjadinya pirolisa pada bagian dalam rokok berada pada area temperatur 400-800oC. Ciri khas reaksi ini adalah menghasilkan ribuan senyawa kimia yang strukturnya komplek.

CvHwOtNySzSi -> 3000-an senyawa kimia lainnya + panas produk ((pada suhu 400-800oC))
reaksi pirolisa

Walaupun reaksi pirolisa tidak dominan dalam proses merokok, tetapi banyak senyawa yang dihasilkan tergolong pada senyawa kimia yang beracun yang mempunyai kemampuan berdifusi dalam darah. Proses difusi akan berlangsung terus selagi terdapat perbedaan konsentrasi. Tidak perlu disangkal lagi bahwa titik bahaya merokok ada pada pirolisa rokok. Sebenarnya produk pirolisa ini bisa terbakar bila produk melewati temperatur yang tinggi dan cukup akan Oksigen. Hal ini tidak terjadi dalam proses merokok karena proses hirup dan gas produk pada area temperatur 400-800oC langsung mengalir kearah mulut yang bertemperatur sekitar 37oC.

Rokok dan proses penguapan uap air dan nikotin

Selain reaksi kimia, juga terjadi proses penguapan uap air dan nikotin yang berlangsung pada temperatur antara 100-400oC. Nikotin yang menguap pada daerah temperatur di atas tidak dapat kesempatan untuk melalui temperatur tinggi dan tidak melalui proses pembakaran. Terkondensasinya uap nikotin dalam gas tergantung pada temperatur, konsentrasi uap nikotin dalam gas dan geometri saluran yang dilewati gas.

Pada temperatur dibawah 100oC nikotin sudah mengkondensasi, jadi sebenarnya sebelum gas memasuki mulut, kondensasi nikotin telah terjadi. Berdasarkan keseimbangan, tidak semua nikotin dalam gas terkondensasi sebelum memasuki mulut sehingga nantinya gas yang masuk dalam paru-paru masih mengandung nikotin. Sesampai di paru-paru, nikotin akan mengalami keseimbangan baru, dan akan terjadi kondensasi lagi.

Jadi, ditinjau secara proses pembakaran, proses merokok tidak ada bedanya dengan proses pembakaran kayu di dapur, proses pembakaran minyak tanah di kompor, proses pembakakaran batubara di industri semen, proses pembakaran gas alam di industri pemanas baja dan segala proses pembakaran yang melibatkan bahan bakar dan oksigen. Sangat ironis memang bahwa manusia sangat memperhatikan keseimbangan alam akibat proses pembakaran bahan bakar oleh industri yang mengeluarkan polusi, tetapi dilain pihak orang-orang dengan sengaja mengalirkan gas produksi pembakaran rokok ke paru- paru mereka.

Jumlah kematian dan klaim perokok Menurut penelitian Organisasi Kesehatan dunia (WHO), setiap satu jam, tembakau rokok membunuh 560 orang diseluruh dunia. Kalau dihitung satu tahun terdapat 4,9 juta kematian didunia yang disebabkan oleh tembakau rokok. Kematian tersebut tidak terlepas dari 3800 zat kimia, yang sebagian besar merupakan racun dan karsinogen (zat pemicu kanker), selain itu juga asap dari rokok memiliki benzopyrene yaitu partikel-partikel karbon yang halus yang dihasilkan akibat pembakaran tidak sempurna arang, minyak, kayu atau bahan bakar lainnya yang merupakan penyebab langsung mutasi gen. Hal ini berbanding terbalik dengan sifat output rokok sendiri terhadap manusia yang bersifat abstrak serta berbeda dengan makanan dan minuman yang bersifat nyata dalam tubuh dan dapat diukur secara kuantitatif.

Selain mengklaim mendapatkan kenikmatan dari output rokok, perokok juga mengklaim bahwa rokok dapat meningkatan ketekunan bekerja, meningkatkan produktivitas dan lain-lain. Tetapi klaim ini sulit untuk dibuktikan karena adanya nilai abstrak yang terlibat dalam output merokok. Para ahli malah memperkirakan bahwa rokok tidak ada hubunganya dengan klaim-klaim di atas. Malah terjadi sebaliknya, menurunnya produktiviats seseorang karena merokok akibat terbaginya waktu bekerja dan merokok. Selain itu berdasarkan penelitian terbaru menyatakan bahwa merokok dapat menurunkan IQ. (dari pelbagai sumber)

Kata Pencarian Artikel ini:

rumus kimia rokok, Reaksi pembakaran rokok, bahaya rokok dan pembakaran tak sempurna bagi kesehatan manusia, bakar rokok, reaksi jika minum air tembakau rokok, reaksi kimia yang berbahaya, struktur Rokok sebenarnya
Artikel ini termasuk kategori: Kimia Lingkungan dan memiliki 18 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

18 Komentar untuk “Rokok, Laboratorium Reaksi Kimia Berbahaya”

  • aulia says:

    aduh jangan coba2 yah

  • SO, bagaimana langkah efektif agar saya berhenti merokok, selamanya? adakah langkah itu juga bisa dijelaskan secara kimia

  • harun says:

    perbaharui informasi tentang pencemara lingkungan

  • Benny says:

    Minta ijin sebar artikel ini di face book
    sebagai topik diskusi di group : Bagaimana Caranya Stop Merokok?
    Terima Kasih Ijinnya

  • combi says:

    Rokok/merokok sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. Hanya pada bungkus rokoklah ada peringatan “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”. Memang luar biasa upaya yang dilakukan untuk menghentikan budaya merokok ini, disamping ketidakberdayaan kita untuk menghentikan produksi tembakau maupun rokok jadi. Seperti makan buah “SIMALAKAMA” ??
    Bagaimana dengan makanan/minuman yang kita konsumsi setiap hari di jaman sekarang ini ? Bungkusnya, bahannya ? bukankah itu juga berbahaya ?
    Cara masak kita ! Pake teflon? alumunium?. Berapa banyakkah dari kita yang mengemas makanan menggunakan bahan alami?
    Terlalu rumit memang.

  • Dang says:

    maaf bukan berarti saya membela perokok tetapi mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan dalam program anti rokok.
    para anti rokok tidak pernah menyinggung masalah cerutu. para anti rokok tidak pernah menyinggung apa saja bahan yang terkandung dalam rokok di indonesia (hanya menjiplak dari riset ln) dan yang dianggap paling berbahaya adalah tembakaunya. jika kita cermati maka bhn tambahan (sintetis) sering diistilahkan dengan saus merupakan yang paling berbahaya. tidak percaya ? coba tanyakan pada perokok untuk mencoba merek tertentu yang beraroma khas dengan yang lain yang juga beraroma khas, kemudian bandingkan dengan yang murni tembakau. maka akan muncul komentar rokok yang beraroma akan muncul komentar merek satunya bikin pusing atau mual atau mungkin gemetar dibanding satunya. rokok murni tembakau dengan perbedaaan kualitas tembakau paling-paling muncul komentar yang satu lebih nyegrak di mulut dibanding lainnya atau yang satu lebih terasa di mulut dibanding lainnya.

  • raka says:

    memang kadang kita terpaku pada nikotin dan tembakau, rokok tanpa tembakau/herbal yang di klaim produsen aman masih menyisakan 3900 zat berbahaya yang bersifat karsinogen, selain CO, formaldehid.. dan ribuan lainnya.

  • iin tania says:

    apakah kebiasaan merokok sejak dini bisa di stop tdk n g5n caranya….?

  • iin tania says:

    g5n cr yg mudah un2k menstop merokok…?

  • giok says:

    MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN

    itu peringatan kalo untuk rokok yang dapat (dapat dari tanah, ato rokok yang dapat di jalanan lah..ato apalah…) tapi klo rokok beli tidak menyebabkan kanker serangan jantung bla bla bla…hehehehe

    jadi lebih baik di ganti…
    MEROKOK YANG DI BELI MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN

    SEMOGA SEMUA TERHIBUR…PISSSSS…..

  • ricky says:

    SEHARUSNYA ROKOK ITU DIHARAMKAN KARENA DAPAT MENGGAGU KESEHATAN SELAIN ITU DAPAT KECANDUAN YANG LUAR BIASA

  • annisa putri says:

    ..ada yel.yel untuk itu ?

  • giok says:

    walaupun sy jg perokok tp sy blm yakin bhw rokok itu penyebab berbagai mcm penyakit termasuk kangker spt yg banyk di dengung2 kan, padahal bukti bahw seseorang mati karena rokok secara pasti sy belm pernah tahu. tapi kalau orang mati karena asap kendaraan sy sering tahu dan ini bisa di coba pada hewan, tangkap beberapa ekor lalat hidup masukkan dlm gelas atau botol kemudian tiupkan asap rorkok ke dalamnya dan tutup agar asap tdk keluar dan lalat jga tdk keluar perhatikan kira2 5menit, matikah lalat tsb? kemudian tangkap lalat dengan jumlah yg sama masukkan asap kendaraan dan tutup agar asap tdk keluar dan lalat jg tdk keleluar, tunggu 5menit matikah lalat tsb? kemudian bahaya manakah asap kendaraan dengan asap rokok ?????

  • Hudzaifah says:

    Mari kita dukung gerakan bebas rokok! Dengan niat ikhlas. Mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Sadar akan bahaya rokok yang dapat menyebabkan berbagai kerugian diri sendiri dan orang lain. Smangat!!! Salam sehat! Bebas rokok!

  • Icha says:

    Ya mank bnr tueh mrkok tue hram,
    tp’ klo hram
    nva msh d’konsumsi….
    Hayoo…?
    Nva sech suka bgt ngroko tue,
    k’n udc tau klo itu bsa mrusak jntung dln….
    Bljarlh syge jntung n dri anda,
    Ayolah…kurange za mrkokx??
    Ya mulae skrg d’STOP yeach ngroko’x n
    ngtUng2 ngurange polusi udara jg..he..he

  • riko says:

    ya tapi kenapa indnesia menjadi 3 negara terbesar pengkonsumsi roko di dunia seperti yang saya tulis di artkel saya

  • anti rokok says:

    memang perokok itu tolol semua yach, udah ada buktinya masih tutup mata tutup telinga :) )

    dasar manusia bodoh buang2 duit buat keluarga, tar di akhirat lu diminta pertanggung jawaban apa yg lo lakuin kpd organ2 tubuh ciptaan tuhan .
    dan buat giok, sumpah komentar yang tolol abis =))

  • rokok….

    yuk kunjungi blog yang punya tulisan ini

    di

    evanputra.wordpress.com

    anda bertanya, nanti langsung saya jawab…

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>