Daftar Lupa kata kunci?
Monday, September 22, 2014 22:16

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Pengukuran Emisi Otomatis Untuk Emisi Otomobil

Ditulis oleh Tomi Rustamiaji pada 02-01-2008

Emisi otomotif adalah penyebab utama dari polusi udara dan kontributor dominan terhadap asbut (asap kabut). Untuk mengontrol polusi udara, banyak negara bagian di Amerika mensyaratkan tes emisi, namun tes ini mahal dan tidak selalu akurat. Donald Stedman, seorang profesor di Universitas Denver, Amerika, telah mengembangkan metode yang cepat dan relatif murah untuk mengukur emisi otomotif yang mengincar kendaraan yang memiliki tingkat polusi tinggi.

Tes emisi mengukur tiga jenis polutan : hidrokarbon, karbon monoksida, dan nitrogen oksida. Emisi hidrokarbon dihasilkan saat bahan bakar yang tidak terbakar sempurna pada mesin kendaraan. Pengubah katalitik, yang merupakan bagian dari sistem pembuangan, membantu mengkontrol emisi-emisi ini dengan mengoksidasi beberapa hidrokarbon.

Karbon monoksida (CO) diemisikan saat rasio antara udara/bahan bakar terlalu besar-dimana rasio ini lebih besar pada bahan bakar. Normalnya, ketika bahan bakar terbakar, karbon dalam bahan bakar bercampur dengan oksigen untuk menjadi CO2. Namun bila level oksigen terlalu rendah, karbon yang berlebih akan dioksidasi menjadi karbon monoksida.

Nitrogen oksida terbentuk saat oksigen berlebih memasuki ruang pembakaran. Karena temperatur yang tinggi dalam ruangan ini, maka oksigen bereaksi dengan nitrogen dari udara dalam silinder yang membentuk nitrogen dioksida.

N2 + O2 -> 2 NO

Pos pemeriksaan biasanya hanya mengukur emisi-emisi ini dengan menggunakan sebuah alat yang menghasilkan sinar inframerah dan radiasi ultraviolet di atau dekat dengan knalpot. Tiap-tiap emisi menyerap IR / UV pada frekuensi tertentu. Sebuah detektor pada instrumen pengujian mengukur berapa jumlah IR/UV yang diserap oleh emisi kendaraan.

Alasan dibalik molekul seperti hidrokarbon dapat dideteksi dengan radiasi IR adalah karena ikatan antara atom sebenarnya melakukan getaran. Sebagai contoh, ikatan C-H dalam hidrokarbon bergetar dengan frekuensi tertentu. Jika frekuensi ini cocok sama dengan radiasi IR yang dipancarkan, molekul ini akan menyerap radiasinya. Prinsipnya hampir sama dengan orang yang meloncat dari papan loncat. Ketika orang ini menenai papan tepat saat papan berada pada titik paling bawah dari momentum gerakannya,energinya kemudian akan diserap dan orang tersebut meloncat kian tinggi. Jika titik kontaknya terjadi saat papan berada di titik saat menuju keatas, maka energi tidak akan diserap.

Donald Stedman telah megadaptasikan instrumen ini ke dalam sebuah alat pengukur jarak jauh yang dapat mendeteksi emisi otomotif dalam lalu lintas sehari-hari. Secara singkat, ia memotong instrumen ini menjadi setengahnya, dengan sumber IR/UV pada satu sisi jalan dan detektor di sisi lainnya. Radiasi kemudian diarahkan pada knalpot dari kendaraan yang melintas. Detektor ini terhubung dengan komputer yang akan mengolah data, dan juga tersambung dengan sebuah video kamera yang merekam nomor polisi dari kendaraan yang melintas itu. Departemen Otomotif Amerika dapat menggunakan informasi ini untuk memberitahu pengendara yang memiliki nilai emisi melebihi batas yang ditentukan.

Satu keuntungan dari sistem ini adalah keuntungan dari segi jumlah, dimana alat ini dapat menguji puluhan ribu kendaraan dalam satu hari; sebagai perbandingan pos pemeriksan emisi hanya dapat melakukan pengujian hingga tingkat ratusan saja. Selain itu keuntungan berada pada segi biaya, pengujian emisi di pos berkisar pada harga $ 25.00 per uji, sedang sistem ini hanya berkisar pada harga 50 sen Amerika. Selain itu, ketika Stedman menguji sistem ini di Denver, Los Angeles, dan tempat lainnya, ia menemukan bahwa kurang dari 10 persen kendaraan adalah kontributor untuk polusi udara pada tingkat 50 persen. Mengenali dan memperbaiki kendaraan-kendaraan ini dapat mengurangi polusi udara tanpa menyebabkan ketidaknyamanan pada kendaraan lain yang tidak bermasalah.

Artikel ini termasuk kategori: Kimia Lingkungan dan memiliki 2 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

2 Komentar untuk “Pengukuran Emisi Otomatis Untuk Emisi Otomobil”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>