Daftar Lupa kata kunci?
Wednesday, July 30, 2014 13:07

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Spektrofotometri

Kata Kunci:
Ditulis oleh Yoky Edy Saputra pada 25-08-2009

Spektrofotometri merupakan suatu metoda analisa yang didasarkan pada pengukuran serapan  sinar monokromatis oleh suatu lajur larutan berwarna pada panjang gelombamg spesifik dengan menggunakan monokromator prisma atau kisi difraksi dengan detektor fototube.

Spektrofotometer adalah alat untuk mengukur transmitan atau absorban suatu sampel sebagai fungsi panjang gelombang. Sedangkan pengukuran menggunakan spektrofotometer ini, metoda yang digunakan sering disebut dengan spektrofotometri.

Spektrofotometri dapat dianggap sebagai perluasan suatu pemeriksaan visual dengan studi yang lebih mendalam dari absorbsi energi. Absorbsi radiasi oleh suatu sampel diukur pada berbagai panjang gelombangdan dialirkan oleh suatu perkam untuk menghasilkan spektrum tertentu yang khas untuk komponen yang berbeda.

Absorbsi sinar oleh larutan mengikuti hukum Lambert-Beer, yaitu :

Hukum_Lambert_Beer

A =     log ( Io / It )         =  a b c

Keterangan  : Io = Intensitas sinar datang

It = Intensitas sinar yang diteruskan

a = Absorptivitas

b = Panjang sel/kuvet

c = konsentrasi (g/l)

A = Absorban

Spektrofotometri merupakan bagian dari fotometri dan dapat dibedakan dari filter fotometri sebagai berikut :

1. Daerah jangkauan spektrum

    Filter fotometr hanya dapat digunakan untuk mengukur serapan sinar tampak (400-750 nm). Sedangkan spektrofotometer dapat mengukur serapan di daerah tampak, UV (200-380 nm) maupun IR (> 750 nm).

    2. Sumber sinar

      Sesuai dengan daerah jangkauan spektrumnya maka spektrofotometer menggunakan sumber sinar yang berbeda pada masing-masing daerah (sinar tampak, UV, IR). Sedangkan sumber sinar filter fotometer hanya untuk daerah tampak.

      3. Monokromator

        Filter fotometere menggunakan filter sebagai monokrmator. Tetapi pada spektro digunakan kisi atau prisma yang daya resolusinya lebih baik.

        4. Detektor

        -   Filter fotometer menggunakan detektor fotosel

        -   Spektrofotometer menggunakan tabung penggandaan foton atau fototube.

        Komponen utama dari spektrofotometer yaitu :

        1. 1. Sumber cahaya

        Untuk radisi kontinue :

        -         Untuk daerah UV dan daerah tampak :

        -         Lampu wolfram (lampu pijar) menghasilkan spektrum kontiniu pada gelombang 320-2500 nm.

        -         Lampu hidrogen atau deutrium (160-375 nm)

        -         Lampu gas xenon (250-600 nm)

        Untuk daerah IR

        Ada tiga macam sumber sinar yang dapat digunakan :

        -         Lampu Nerst,dibuat dari campuran zirkonium oxida (38%) Itrium oxida  (38%) dan erbiumoxida (3%)

        -         Lampu globar dibuat dari silisium Carbida (SiC).

        -         Lampu Nkrom terdiri dari pita nikel krom dengan panjang gelombang 0,4 – 20 nm

        -      Spektrum radiasi garis UV atau tampak :

        -       Lampu uap (lampu Natrium, Lampu Raksa)

        -       Lampu katoda cekung/lampu katoda berongga

        -       Lampu pembawa muatan dan elektroda (elektrodeless dhischarge lamp)

        -       Laser

        1. 2. Pengatur Intensitas

        Berfungsi untuk mengatur intensitas sinar yang dihasilkan oleh sumber cahaya agar sinar yang masuk tetap konstan.

        1. 3. Monokromator

        Berfungsi untuk merubah sinar polikromatis menjadi sinar monokromatis sesuai yang dibutuhkan oleh pengukuran

        Macam-macam monokromator :

        -   Prisma

        -   kaca untuk daerah sinar tampak

        -   kuarsa untuk daerah UV

        -   Rock salt (kristal garam) untuk daerah IR

        -  Kisi difraksi

        Keuntungan menggunakan kisi :

        -   Dispersi sinar merata

        -   Dispersi lebih baik dengan ukuran pendispersi yang sama

        -   Dapat digunakan dalam seluruh jangkauan spektrum

        1. 4. Kuvet

        Pada pengukuran di daerah sinar tampak digunakan kuvet kaca dan daerah UV digunakan kuvet kuarsa serta kristal garam untuk daerah IR.

        1. 5. Detektor

        Fungsinya untuk merubah sinar menjadi energi listrik yang sebanding dengan besaran yang dapat diukur.

        Syarat-syarat ideal sebuah detektor :

        -         Kepekan yang tinggi

        -         Perbandingan isyarat atau signal dengan bising tinggi

        -         Respon konstan pada berbagai panjang gelombang.

        -         Waktu respon cepat dan signal minimum tanpa radiasi.

        -         Signal listrik yang dihasilkan harus sebanding dengan tenaga radiasi.

        Macam-macam detektor :

        -    Detektor foto (Photo detector)

        -      Photocell

        -      Phototube

        -      Hantaran foto

        -      Dioda foto

        -      Detektor panas

        1. 6. Penguat (amplifier)

        Berfungsi untuk memperbesar arus yang dihasilkan oleh detektor agar dapat dibaca oleh indikator.

        1. 7. Indikator

        Dapat berupa :

        -         Recorder

        -         Komputer

        Kata Pencarian Artikel ini:

        spektrofotometri, spektrofotometri adalah, spektofotometri, cara menggunakan spektrofotometer, Spektro, analisis spektrofotometri, komponen spektrofotometer, fungsi spektrofotometer, analisa spektrofotometri, metode spektrofotometri adalah
        Artikel ini termasuk kategori: Kimia Analisis dan memiliki 20 Komentar sejauh ini .
        Resep Makanan

        Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

        20 Komentar untuk “Spektrofotometri”

        • desie surachman says:

          wah.. keren–keren..
          thanks y wat tulisannya…

        • Oong says:

          terimakasih atas ket. ttg spektrofotometer..

          namun yg ingin aq th, bagaimana sih cr untuk menggunakan alat trsbt dlm metode utk mengetahui absorbansi suatu bahan?

        • GJP says:

          GOOD…GOOD

        • nincruut says:

          lebih keren AAS yang memakai serapan atom.
          jd g pk panjang gelombang lg.
          tp relatif lbh mahal..hehe…
          spektro jg ga kalah keyeen….

        • lingga says:

          beda nya absorbansi sama transmitan apa y..klo rhodamin B perlu operating time ga?brapa y waktu operating time nya??

        • septian ascarito says:

          masih bingung kadang… datanya sering error :( salah dmnya ya?

        • Rizal Iswandy says:

          Gimana cara menghitung % T dari hasil pengukuran absorban dari spektrofotometer…????
          Thank’s before atas infonya……….

        • Dhany says:

          Mau tanya nich…
          kalau dalam spektrofotometri..
          kalau suatu sampel di ukur nich..
          di Photometri panjang gelombang yang kita mau muncul absorbansnya, akan tetapi kalau kita spektrum justru panjang gelombang yang kita mau dia tidak muncul…
          ada yang tau kenapa yah???

        • Risko says:

          saya mau tanya bagaimana cara sederhana analisa kadar kalium dioksida di empty bunch ash

        • ester says:

          thx ya buat artikelnya
          dapat membantu saya dlm menyelesaikan skripsi

        • iLmii says:

          koq dag lengkap ka??
          z juga butuhh pejelasann perhitungannya….

        • rayi says:

          @ oong:
          yaw tinggal dimasukin ke spektrofotometernya aja towh bahan yg mau qm analisa
          ntar kan langsung ketauan absorbannya berapa.
          kalo qm ingin tau kadar nya berapa, qm mesti punya standar kandungan yg ingin qm analisa, terus mesti di bikin kurva standar dlu. baru isa dihitung kadarnya.

        • dini says:

          klo ad 3 reaktan dalam suatu reaksi, mau dianalisis perubahan konsentrasi per satuan waktu dari masing2 reaktan tersebut, bs g dianalisis pke spektro? atau ada alat lainny?? untuk tau kinetika reaksinya, mohon bantuanny y…
          mksih

        • istiqomah utaminingsih says:

          cukup membantu sy sbg bhn ajar siswa

        • noviya says:

          apa saja yang mempengaruhi penetapan kadar dlm spektrofotometri?

        • nay says:

          apa sumber sumber cahaya spektrometer….

          • Andrian says:

            Sumber cahayaNy tu lampu, ada 2…deuterium untuk panjang gelombang tak tampak atau trnsparan n walfram untuk daerah panjang gelombang visible atau tampak.

        • Nurdianti7 says:

          Apakah hasil yang tertera di layar spektoftometerny sudah berupa satuan ppm??

        • agung yulianto says:

          bagai mana perbandingan spektrum lampu pijar dibanding spektrum cahaya matahari, apakah saya sebagai peternak bisa memakai lampu pijar sebagai pengganti cahaya matahari, padahal konon burung dan unggas sebaiknya kena matahari, sedangkan rumah kami ketutup bangunan tinggi, mohon pencerahan

          . thanks

        Beri Komentar

        Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
        Belum menjadi member? Beri komentar disini:

        (wajib)

        (wajib) (tidak dipublikasi)





        Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>