Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, November 1, 2014 8:45

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Ampas kopi sebagai bahan alternatif bahan biosolar

Ditulis oleh Tomi Rustamiaji pada 15-01-2009

Para peneliti di Nevada telah melaporkan bahwa ampas kopi dapat memberikan sebuah alternatif bahan biosolar untuk mobil dan truk yang murah, berlimpah, dan ramah lingkungan.

Dalam studi terbaru, Mano Misra, Susanta Mohapatra, dan Narasimharao Kondamudi mengatakan bahwa halangan utama dari penggunaan luas dari biosolar adalah rendahnya kesediaan bahan baku yang berkualitas untuk menghasilkan energi baru ini. Ampas kopi mengandung minyak dengan 11-20% berat. Jumlah ini setara dengan bahan baku biosolar tradisional seperti kelapa sawit atau kacang kedelai.

Para petani menghasilkan lebih dari 16 milyar pon kopi diseluruh dunia tiap tahun. Ampas kopi dari produksi espresso, cappucino, dan kopi jawa seringkali berakhir di tempat sampah atau digunakan sebagai pupuk. Namun, ilmuwan memperkirakan bahwa sebenarnya ampas kopi memiliki potensial untuk menambah 340 juta galon biosolar kepada pasokan bahan bakar dunia.

Untuk memvalidasi ini, para ilmuwan ini mengumpulkan ampas kopi dari sebuah ritel penyedia kopi cepat saji dan mengekstrak minyaknya. Mereka kemudian menggunakan proses mudah nan murah untuk merubah 100 persen minyaknya menjadi biosolar.

Hasil dari bahan bakar berbasis kopi ini − yang memiliki bau kopi − memiliki keuntungan besar dalam hal kestabilan dibandingkan biosolar tradisional karena kandungan antioxidan tinggi di dalam kopi ungkap para peneliti. Limbah padat yang tersisa dari konversi ini dapat dirubah menjadi etanol atau digunakan sebagai kompos. Para peneliti memperkirakan bahwa proses ini dapat menghasilkan keuntungan lebih dari $8 juta dollar di Amerika saja. Mereka berencana untuk mengembangkan sebuah pabrik skala kecil untuk menghasilkan dan menguji bahan bakar eksperimen dalam rentang waktu enam hingga delapan bulan ke depan.

Biosolar adalah sebuah pasar yang sedang menggeliat. Para ahli memperkirakan bahwa produksi global tahunan dari biosolar akan mencapai angka tiga milyar galon di tahun 2010. Bahan bakar ini dapat dibuat dari minyak kedelai, minyak kelapa sawit, minyak kacang, dan minyak sayuran lainnya; lemak hewani dan bahkan minyak bekas menggoreng dari restoran cepat saji. Biosolar juga dapat ditambahkan ke dalam solar biasa. Selain itu produk ini dapat dijadikan produk tersendiri dan digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk mesin-mesin diesel.

Kata Pencarian Artikel ini:

biosolar dari ampas kopi, contoh biosolar, biosolar dalam kimia, cara mendapatkan energi dari ampas kelapa sawit, cara menjual ampas sawit, Contoh eksperimen dari biji jarak, potensi limbah ampas kopi
Artikel ini termasuk kategori: Biokimia dan memiliki 10 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

10 Komentar untuk “Ampas kopi sebagai bahan alternatif bahan biosolar”

  • indra maulana says:

    saya punya usaha kedai kopi 24 jam.banyak ampas kopi dari hasil produksi esspresso, cappucinno dan sebagainya itu saya buang. jika dapat sperti ini, saya jadi berminat buat menjual kembali ampas kopi ini untuk menambah margin saya. bagaimana atau kemana saya pasarkan ampas kopi ini?

  • faishal says:

    asss.wr.wb
    klo biji jarak termasuk bahan baku biosolar gaa…. mohon balasannya

  • Mietha says:

    Faishal> menurut dr sebuah artikel yang saya baca, biji jarak trmasuk contoh tanaman yg bisa dijadikan biodiesel. Sdgkan tebu dan singkong termasuk bioetanol

  • Edwin says:

    lg nyari yg mau jual ampas kopi. klo ada kirim k email saya y edwinperdana@yahoo.com

    tulis harga & jenis ampas kopi’y dari arabica,robusta, atau ampas dr kopi luwak

    makasih

  • Agung HM says:

    Saya pengusaha limbah salah satu nya ampas kopi,
    Perhari saya memiliki ampas kopi +/- 3 ton

    Bagi yang berminat Hub. PT. Indometal Perkasa Lokasi CIkarang – Jawa Barat

    Hp. 085289965627, 021 70769137

    Harga Murah dan dapat disesuaikan

  • Dayat says:

    Salam kenal… sy ada ampas kopi lgsg dr pbrk di Tangerang, sehari mencapai 1 ton, bila minat hub sy Dayat 081210217999 / 085881112999.

  • irfan nasrullah says:

    saya seorang mahasiswa di bandung tertarik untuk melakukan pengolahan limbah ampas kopi, dalam waktu dekat saya membutuhkan 50-100kg limbah ampas kopi, bagi yang memiliki stok limbah dalam jumlah besar dapat menghubungi saya di 085691398514

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>