Daftar Lupa kata kunci?
Thursday, April 27, 2017 15:02

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Tiga ilmuwan perintis reaksi kopling silang katalis paladium meraih Nobel kimia 2010

Ditulis oleh Soetrisno Misawa pada 08-10-2010

Nobel kimia tahun 2010 diberikan kepada tiga ilmuwan perintis kimia organik sintetis yang menciptakan suatu reaksi yang sangat berguna dan digunakan dalam kehidupan kita saat ini.

Ilmuwan tersebut adalah Prof. Richard Heck dari University of Delaware di Newark, Amerika, Prof. Ei-ichi Negishi dari Purdue University, AS, dan Prof. Akira Suzuki dari Hokkaido University di Jepang. Mereka mengembangkan suatu reaksi kopling silang (cross-coupling) dengan menggunakan katalis paladium sebagai cara untuk membentuk ikatan baru karbon-karbon dengan tingkat keselektifan tinggi dan dapat direaksikan dalam kondisi mudah. Reaksi Heck, Reaksi Negishi dan Reaksi Suzuki sekarang digunakan secara universal dalam setiap laboratorium sintesis organik di seluruh dunia, serta dalam proses industri utama.

Ketiga kimiawan ini telah mendedikasikan dirinya selama beberapa dekade untuk meningkatkan kemampuan ikatan baru karbon-karbon, dan bukanlah suatu kejutan nobel kimia diberikan kepada mereka atas jasa-jasanya.

Heck menerbitkan serangkaian makalah pada tahun 1968 melaporkan penambahan metil halida dan phenylpalladium pada olefin dalam suhu kamar. Langkah ini memungkinkan alkilasi olefin yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada tahun 1976, Negishi menyelidiki lintas reaksi kopling dengan katalis paladium dengan organohalida, akhirnya menunjukkan bahwa senyawa organozinc memampukan reaksi yang sangat selektif dalam kondisi ringan dan mampu diaplikasikan dalam berbagai fungsional. Sementara, Suzuki fokus pada senyawa organoboron, pada tahun 1979 menunjukkan bahwa senyawa tersebut dalam keadaan basa dapat menyilang antara vinil halida dan aril dengan katalis paladium.

Dalam tahun-tahun berikutnya reaksi ini diperbaiki dan dimodifikasi untuk menjadi metoda reaksi yang sangat diperlukan bagi ahli kimia organik dan telah digunakan untuk mensintesis berbagai produk alami kompleks yang sangat sulit jika reaksi ini tidak ditemukan.

Berbicara dari rumahnya di Amerika Serikat pada jam 06 pagi, yang telah terbangun satu jam lebih awal karena datangnya berita tentang hadiah Nobel, Negishi menyebut dirinya ‘sangat senang – ini berarti banyak. ” Ia mengakui bahwa ia tahu penghargaan dari Hadiah Nobel adalah kemungkinan, dan memang telah menjadi ambisi lamanya. ‘Ada beberapa gosip dan aku mulai berpikir tentang ini dan itu, ” katanya sambil tertawa. “Saya telah bermimpi tentang ini hadiah selama setengah abad, karena saya datang ke Amerika dan berjumpa dengan beberapa pemenang Hadiah Nobel, ketika saya menyadari itu bukan cerita – itu adalah realitas yang pada prinsipnya bisa terjadi pada siapa saja, termasuk saya.”

Negishi menambahkan, ‘Saya telah mencapai setengah tujuan saya. Saya ingin terus bekerja selama sedikitnya beberapa tahun lagi. ”

Guy Lloyd-Jones, seorang ahli kimia organik sintetik di University of Bristol di Inggris, mengatakan bahwa tiga ilmuwan ini adalah ‘sangat layak’ untuk menjadi pemenang. “Sulit sekarang untuk mengambil masalah dari setiap jurnal kimia utama yang memiliki fitur sintesis organik yang tidak mengandung sejumlah makalah di mana reaksi-reaksi ini telah digunakan. Reaksi ini telah merevolusi kemampuan kita untuk membuat penyatuan selektif rantai karbon-karbon. Hadiah Nobel Kimia 2010 ini benar-benar layak dan satu-satunya pertanyaan yang masih tertinggal adalah mengapa begitu lama mendapatkannya. “

Artikel ini termasuk kategori: Berita dan memiliki 1 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

1 Komentar untuk “Tiga ilmuwan perintis reaksi kopling silang katalis paladium meraih Nobel kimia 2010”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>