Daftar Lupa kata kunci?
Friday, May 26, 2017 11:25

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Tahun 2011 dinobatkan sebagai Tahun Internasional Kimia 2011

Ditulis oleh Soetrisno Misawa pada 19-03-2009

International Year of Chemistry 2011Kabar gembira buat semua pecinta kimia, karena dua tahun mendatang tepatnya tahun 2011 dinobatkan sebagai Tahun Internasional Kimia 2011 (International Year of Chemistry – IYC 2011 – Our Life , Our Future). Gagasan Tahun Internasional Kimia 2011 ini pertama kali dicanangkan pada bulan Agustus 2007 pada pertemuan umum The International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) di Turin Italia. Gagasan ini ternyata disambut baik oleh dewan PBB dan pada pertemuan PBB bulan Desember 2008, IUPAC dan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menyetujui untuk merayakan tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia. Tahun 2011 juga bertepatan dengan peringatan 100 tahun penghargaan Nobel Prize Kimia untuk Mme Maria Sklodowska Curie, yang berarti juga peringatan akan kontribusi wanita ke ilmu sains.

Peranan kimia dalam kehidupan manusia begitu penting, seluruh materi baik padat, larutan dan gas tersusun dari berbagai unsur-unsur kimia dan bahkan seluruh proses kehidupan ditentukan oleh berbagai reaksi kimia.  IUPAC dan UNESCO menyadari sudah saatnya untuk memperingati keberhasilan kimia dan sumbangannya bagi kehidupan manusia.

“Tahun Internasional Kimia akan meningkatkan apresiasi global terhadap perkembangan ilmu kimia dalam kehidupan kita dan masa depan kita. Saya berharap peringatan ini dapat meningkatkan kepedulian publik terhadap kimia dan meningkatkan ketertarikan kaum muda akan ilmu sains serta memberikan masa depan yang cerah bagi masa depan kimia”, sambutan dari Ketua the International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC), Professor Jung-Il Jin pada pertemuan PBB.

“Saya menyambut kesempatan untuk memperingati kimia sebagai salah satu dasar dari ilmu sains,” ujar Koichiro Matsuura, Direktur Umum UNESCO, “Meningkatkan kepedulian publik terhadap kimia adalah suatu hal yang sangat penting dalam rangka menjawab tantangan pembangunan yang berkesinambungan. Adalah hal yang mutlak bahwa kimia berperan penting dalam membangun sumber alternatif energi dan menghidupi populasi dunia yang terus berkembang” tambahnya.

Dalam memperingati Tahun Internasional Kimia 2011 akan direncanakan berbagai aktivitas dan event baik regional, nasional dan internasional yang didukung baik dari asosiasi kimia nasional, institusi edukasi, industri, pemerintahan dan organisasi non-pemerintahan. Aktivitas dan event ini berusaha memperkenalkan kepada publik luas tentang peranan kimia, memberikan solusi terhadap tantangan global, dan membangun generasi muda yang peduli terhadap sains.

Situs chem-is-try.org juga akan turut aktif menyukseskan Tahun Internasional Kimia 2011 dengan berusaha bekerjasama dengan beberapa instansi yang peduli dengan sains. Jika kamu punya ide atau masukan untuk menyukseskan Tahun Internasional Kimia 2011, silahkan tulis pada bagian komentar artikel ini. Kami tunggu ide dan masukannya.

Artikel ini termasuk kategori: Berita dan memiliki 121 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

121 Komentar untuk “Tahun 2011 dinobatkan sebagai Tahun Internasional Kimia 2011”

  • Berianto Ahmad Pakaya says:

    Alhamdulillah…
    Dunia menyadari pentingx ILMU KIMIA, dg mengadakan Tahun 2011 ini sebagai tahun kimia sekaligus memperingati 100 tahun penghargaan Nobel Prize Kimia untuk Mme Maria Sklodowska Curie, yang berarti juga peringatan akan kontribusi wanita ke ilmu sains. Apakah harus ada lg bencana besar seperti Kebocoran Nuklir Fukhusima Daichi agar menyadari pentingx ILMU KIMIA. Saya sebagai guru mengharapkan adanya Kurikulum Kimia di tingkat SMP (terlepas dr sains) agar para pendidik kimia bisa memantapkan ILMU KIMIA mulai dr SMP dan memperluas lapangan kerja guru kimia serta perlu pengadaan alat-bahan LAB tuk melakukan percobaan. Kami Ikatan Alumni Kimia FKIP UNTAD & Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMASKI FKIP UNTAD), tahun ini akan mengadakan reuni pertama setelah +-18tahun lulusannya. Alangkah baikx para kimiawan memiliki WADAH IKATAN KIMIA NASIONAL bahkan INTERNASIONAL agar mempermudah koordinasi dan perencanaan pengembangan ILMU KIMIA tuk pembangunan Amin Ya Rabbal Alamin…^_^

    • noer rochmie says:

      saya juga stju dgn usul anda, sbgai seorg calon guru kimia yg menginginkan agar kimia dimasukkan dlm kurikulum smp..agar lap pkerjaan lbih luas..

  • Siti Rahmawati says:

    adanya situs Chem-Is-Try ini memang gagasan yang sangat jitu dan tepat karena benar2 bermanfaat dan sangat kreatif memenuhi rasa penasaran kita terhadap ilmu kimia yang penuh teka-teki ini.

  • Siti Rahmawati says:

    adanya situs chem-is-try ini sungguh sebuah gagasan yang sangat bagus karena bisa memenuhi rasa penasaran kita tentang ilmu kimia yang penuh teka-teki ini dengan cara yang kreatif !

  • Tahun ini adalah tahun kimia, Hore! Mudah-mudahan perkembangan Ilmu kimia bisa terus berlanjut dengan baik dan benar.

  • yongki rizki says:

    yupz saya sangat setuju dengan adanya acara peringatan kimia ,
    klu bs sih diadakan beberapa acara untuk menumbuhkan minat sains untuk para anak2
    itu aja coment saya thanks

  • Dinda says:

    Subhanallah,,,

    Situs chem-is-try, merupakan situs yang selalu memberikan informasi-informasi lebih, kekinian seputar kimia.

    Untuk memperingati tahun kimia 2011, saya dan teman2 mahasiswa/i dari BEMJ KIMIA UNJ mengadakan Kompetensi Kimia tingkat SMA/sederajat dan SMP/sederajat, Workshop Pendidikan, dll.
    Kegiatan tersebut dapat menggali peminatan akan ilmu kimia.

    Tapi dari saya, ingin rasanya ada kegiatan yang dapat menggali kembali semangat mempelajari kimia yang lebih, dapat share seputar kimia, dll. Menumbuhkan lebih rasa kimia cinta akan lingkungan.

  • delapan bulan sudah tahun kimia internasional berjalan dan sesuai resolusi saya tahun ini maka buku riset plus kios gruner tee ikutan meramekan kehadiran tahun ini hingga july 2011. Sebenarnya tahun kimia ini dapat di jadikan tahun nobel kimia di mana kedatangan ilmuwan german ke bandung memberikan kuliah gratisan, adalah nilai tambah tahun kelinci ini..walopun sampe kini buku riset english kimia saya tuh lum ada yang beli..murah koq cuman 49 euro.trims

  • suprihatin says:

    Saya sebagai guru kimia SMA/SMK di kota Malang, bangga dengan pencanangan 2011 sebagai tahun kimia. Kimia sebenarnya memang sudah ada dan tersedia di lingkungan kita baik di darat, laut maupun udara. Pengenalan ilmu kimia perlu secara dini ditanamkan ke siswa. Di kurikulum, kimia memang sudah dimulai di SMP dan ini ide bagus. Namun kenyataannya banyak di SMP-SMP kimia tidak serius diajarkan ke siswa sebagaimana Biologi dan Fisika. Padahal kita menggunakan produk-produk industri kimia ke berbagai bidang baik rumah tangga, pertanian, hukum, kedokteran, dll. Mari kita kenalkan kimia dengan serius dan menyenangkan, sehingga siswa bisa membawa kimia ke hal-hal yang bisa menambah kesejahteraan manusia, bukan merugikan manusia. KIMIA , YES !!!!

  • zulfiady says:

    Tuhan menciptakan alam semesta dalam bahasa kimia

  • ridwan says:

    Alhamdulillah Tahun ini menjdi tahun kimia, kimia bisa lebih kenal pada masyarakat jangan hanya bahayanya saja yang selalu diespos padahal diamana-mana ada kimia, aq butuh buku atau artikel tentang permainan kimia biar anak-anak bisa jadi suka kimia, situs chem-is -tolong dikirimkan kalau ada.

  • vivi j karaki says:

    Syalom
    ini merupakan suatu kabar yang sangat baik bagi para warga kimia. Harapan saya semoga dengan akan diadakannya even ini maka dapat meningkatkan kinerja para guru dan dapat memberi motivasi kepada para guru kimia untuk lebih mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai kimia karena mata pelajaran ini sangat menarik dan unik karena penuh teka – teki yang harus di pecahkan. Dan harapan saya dengan diadakanya kegiatan ini dapat memberikan sebuah penghargaan bagi para guru kimia.

  • Tahun Kimia akan berakhir kurang dari 2 bulang lagi. Apakah kita semua telah berkontribusi baik dalam pengembangan Ilmu Kimia?

  • ANDREAS ADII says:

    saya mau tanya bahwa sifat kimia dan sifat fisika anorganik tu apa?????

  • Cherry says:

    syalom.
    sgtlah menyenangkan menyambut thn Kimia,keren…ssst! sang putri baru tiba dan dinobatkan diperayaan hari pertamanya ditahun ini.smoga masyarakat lebih mengenal apa itu kimia dan tdk fobia lagi Seperti yg pernah dialami saudaranya di Fukhusima Daichi.thanks

  • Agustinus Herry Susilo says:

    Saya seorang electrician, tapi sangat minat hal kimia, saya sangat setuju kalau di SLTP sudah dimasukkan kurikulum kimia lebih tinggi derajatnya, sehingga dari SMP anak-anak kita dapat memahami pentingnya menjaga kelestarian Lingkungan Hidup, dapat mencegah polusi udara,air dan tanah yang mestinya bisa dicegah.

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>