Daftar Lupa kata kunci?
Monday, May 22, 2017 22:18

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Semprotan sensing ganda untuk membersihkan cat

Ditulis oleh Awan Ukaya pada 18-09-2012

Para peneliti di Jerman telah mengembangkan air berbasis cat fluorescent yang dapat digunakan untuk mencitrakan secara simultan pendistribusian tekanan dan suhu pada pesawat terbang dan mobil. Cat ini ramah lingkungan dan mudah untuk dibersihkan.

Dengan memvisualisasikan pendistribusian tekanan dan suhu pada pesawat terbang yang menggunakan uji terowongan angin merupakan bagian yang sangat penting pada penelitian aerodinamika. Tekanan atau cat yang sensitif terhadap suhu yang menghasilkan sinyal digunakan, namun mereka berdasar pada kemudahan menguapnya dan larutan organis beracun yang membutuhkan pembersihan ekstensif dan pakaian pelindung khusus. Sekarang ini, Otto Wolfbeis pada University of Regensberg, Jerman, dan para koleganya telah mengembagkan air luminescent yang dapat melarutkan cat dimana memperhitungkan tekanan dan suhu secara simultan.

Wolfbeis melakukan penyelidikan terhadap fluorescent platinum(II)porphyrin, yang mendeteksi tekana oksigen parsial dan kemudian tekanan barometric, serta membuat mereka dapat terlarut di air dengan mengimpregnasi mereka terlarut dalam air, inti kerangka nanopartikel polymer yang dapat menyerap oksigen. Beberapa nanopartikel tersebut bertindak sebagai pengikat mikropartikel polymer yang tidak dapat menyerap suhu dan sensitifitas oksigen  temperature-sensitive oxygen impermeable polymer microparticles dicelupkan dengan kompleks luminescent iridium(II) yang bertindak sebagai penyelidikan bagi suhunya, tetapi ini tidak dipengaruhi oleh tekanan saat oksigen tidak mencapainya melalui polymer.

Dengan menyemprotkan lapisan polymer luminescent diatas permukaan aluminium menciptakan lapisan datar dengan adhesi bermekanisme tinggi dan tingkat stabilitas yang bagus. Kekuatan adhesi yang mengejutkan ini berarti bahwa tidak adanya penambahan pengikat polymer dan larutan beracun diperlukan, jelas Wolfbeis.

Kedua penyelidikan mengenai pengikat pada cat tersebut dapat dibangkitkan denagn menggunakan LEDs atau memancarkan laser dioda pada panjang gelombang sekitar 405 nm dan dua sinyal bebas diperoleh yang memungkinkan pencitraan tekanan barometric dan suhu. Sensor cat yang dihasilkan bersifat ramah lingkungan, aman untuk dikerjakan dan mudah dicuci sama baiknya memiliki jangkauan sensing dan tanggapan yang luar biasa, tambah Wolfbeis.

Robert Crutchley, seorang ahli pada lapisan tipis sensing oksigen pada Carleton University di Ottawa, Kanada, mengatakan bahwa, ‘teknolohi sensing ganda sudah ada sebelumnya, namun belum seorang pun yang menyelesaikan seperti ini sebelumnya ¬†- ini merupakan cara yang sangat inovatif dalam pembuatan tekanan cat sensitif.’

Di masa mendatang Wolfbeis merencanakan untuk mengembangkan penyelidikan yang merespon terhadap waktunya, yang akhir-akhir ini dibatasi oleh tingkat difusi oksigen melalui lapisan polymer terhadap penyelidikannya. ‘Industri permobilan menginginkan sensor dengan respon waktu sepermilidetik,’ katanya, ‘baru-abru ini kita dapat memperoleh respon waktu hanya dibawah satu detik saja.’

Catherine Bacon

Artikel ini termasuk kategori: Berita dan memiliki 0 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>